Cara Pendaftaran Online UNMAS 2024/2025


Unmas.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNMAS 2024/2025 - Pendaftaran Universitas Mahasaraswati Denpasar dan Universitas Pelita Harapan Universitas Mahasaraswati Denpasar dan Universitas Pelita Harapan merupakan beberapa perguruan tinggi swasta yang ada di tanah air. Baik UNMAS maupun UPH sama-sama mempunyai mahasiswa yang cukup banyak dan telah menghasilkan insan-insan dengan SDM bermutu. 

UNMAS sendiri pada awalnya merupakan IKIP Saraswati yang didirikan 8 Desember 1963. Sedangkan UPH merupakan perguruan tinggi yang didirikan tahun 1994. Walaupun lebih muda dari UNMAS, nyatanya dua perguruan tinggi ini memang mempunyai kualitas pendidikan dan juga sistem mengajarnya. Tidak heran jika banyak yang mencari informasi mengenai pendaftaran di dua perguruan tinggi tersebut.


  
Daftar FakultasUNMAS


Sebelum melanjutkan ke informasi berikutnya disini admin akan memberikan beberapa pilihan fakultas yang bisa diikuti oleh para peserta adapun informasi yang kami maksud terangkum secara rinci seperti berikut ini untuk lebih jelas berikut informasi selengkapnya :
  1. Fakultas Teknik Sipil. 
  2. Fakultas Dokter Gigi, 
  3. Fakultas Hukum. 
  4. Fakultas Ekonomi, 
  5. Pertanian, 
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 
  7. Pascasarjana
 
Mekanisme dan Biaya Pendaftaran

Untuk pendaftaran mahasiswa baru, Universitas Mahasaraswati Denpasar membuka 3 jalur pendaftaran, yaitu JPPA, JPANA, dan JR dengan ketentuan sebagai berikut. Bagi yang berminat silahkan kunjungi situs resmi http://spmb.unmas.ac.id/ silahkan baca beberapa ketentuan yang ada pada situs resmi sebelum melakukan pendaftaran agar tidak terjadi kesalahan. Berikut beberapa jalur masuk yang ditawarkan oleh UNMAS.

1. Pendaftaran jalur potensi akademik

JPPA ini disediakan untuk pendaftaran semua prodi kecuali fakultas kedokteran gigi. Syaratnya adalah siswa kelas XII yang mempunyai kemampuan akademik terbaik melalui nilai rapor. Biasanya pendaftaran jalur ini dibuka pada bulan Maret. Ini merupakan salah satu jalur masuk khusus yang memiliki potensi akademik.

2. Pendaftaran jalur prestasi akademik dan non akademik

JPANA merupakan jalur pendaftaran yang ditujukan bagi siswa kelas XII yang mempunyai nilai akademik bagus dan berprestasi di luar akademik. Jalur ini dibuka sekitar bulan April, tepatnya setelah jalur JPPA ditutup.

3. Jalur reguler

Untuk pendaftaran jalur reguler tidak ada ketentuan khusus, hanya syarat lulusan SMA sederajat. Pendaftaran jalur reguler biasanya diadakan dalam dua gelombang. Gelombang I pendaftaran reguler sekitar Mei hingga Juni. Sedangkan gelombang selanjutnya dibuka bulan Juli sampai Agustus.

Mengenai tata cara pendaftaran di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Anda bisa menyimak langkah berikut.
  • Sign up di website resmi UNMAS menggunakan alamat email, akun facebook, atau pun akun google.
  • Lakukan verifikasi akun yang digunakan untuk mendaftar.
  • Buka link pendaftaran dan isi formulir pendaftaran tersebut, dengan data yang benar dan lengkap agar bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  • Membayar biaya pendaftaran dan konfirmasi pembayaran jika sudah dilakukan untuk kemudian bisa mencetak kartu peserta.
  • Mengikuti ujian tertulis sesuai jadwal dan ketentuan yang ada di kartu peserta bagi pendaftar yang mendaftar dengan jalur reguler.
  • Mengikuti tes wawancara yang wajib untuk semua jalur pendaftaran.
  • Menunggu pengumuman hasil tes pendaftaran.
  • Melakukan registrasi ulang bagi peserta yang dinyatakan lolos.

Biaya Pendaftaran

Setelah melihat secara rinci terkait dengan pendaftaran ada beberapa syarat penting yang juga perlu diperhatikan dimana untuk bisa melakukan pendaftaran akan dikenakan biaya untuk besaranya berikut rincianya yang akan di uraikan secara jelas Biaya pendaftaran untuk masuk ke UNMAS sendiri ada ketentuannya sebagai berikut.
  1. Besarnya biaya pendaftaran adalah Rp 300.000,,- dan khusus pendaftaran gelombang II jalur reguler biayanya adalah sebesar Rp 350.000,-.
  2. Biaya pendaftaran hanya bisa dibayar di BNI, baik via teller, ATM, internet atau pun SMS banking.
  3. Pembayaran harus sesuai jadwal yang ditentukan.
  4. Simpan kode pembayaran untuk konfirmasi pembayaran.

Itulah ketentuan-ketentuan untuk pendaftaran mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda yang tertarik menjadi mahasiswa UNMAS. Dari beberapa informasi yang sudah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa penerimaan mahasiswa baru khusus kampus ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yang paling populer adalah melalui online.

Perlu diingat bahwa tidak semua jalur masuk memiliki persyaratan yang sama karena beberapa kampus atau fakultas mempersyaratkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi jadi sebelum mendaftar anda disarankan untuk membaca secara teliti apa saja persyaratan umum yang harus dipenuhi kemudian ikuti pendaftaran sampai dengan selesai dan proses selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti tes hingga pengumuman, semua itu sebagian besar dilakukan melalui online kecuali tes yang akan dilaksanakan secara langsung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.