Pendaftaran Online POLITANI PAYAKUMBUH 2024/2025


Politanipyk.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online POLITANI PAYAKUMBUH 2024/2025 - Pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Informasi mengenai berbagai perguruan tinggi sangat diperlukan oleh para siswa terutama mereka yang kini duduk di kelas 3. Mencari informasi tersebut lebih awal tentunya lebih baik dan lebih memudahkan bagi mereka nantinya. Dengan mencari berbagai informasi tentang perguruan tinggi lebih awal maka akan membuat mereka lebih leluasa untuk menentukan perguruan tinggi mana yang lebih cocok dan lebih diinginkan oleh siswa.

Untuk itu, bagi Anda orangtua siswa atau guru di sekolah, hendaklah mengarahkan siswa untuk mulai mencari dan menentukan perguruan tinggi tujuan mereka. Kali ini akan dibahas tentang pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Sekolah ini bisa Anda sarankan pada anak, siswa, atau saudara Anda yang berminat meneruskan pendidikan di bidang pertanian.



Sekilas Tentang Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh sekolah teknik yang berfokus pada bidang pertanian yang berada di provinsi Sumatera. Tepatnya berada di Jalan Raya Negara KM. 7, Tanjung Pati, Harau, Koto Tuo, Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh merupakan salah satu dari lembaga pendidikan tinggi vokasional negeri yang ada di Propinsi Sumatera Barat. Sudah cukup lama berdiri yaitu sejak tahun 1989 dan mendapatkan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi pada tahun 1990. 

Perguruan Negeri ini merupakan sebuah perguruan yang menyelenggarakan pendidikan terutama di bidang ilmu pertanian. Ada 3 jurusan yang ditawarkan oleh Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yaitu Teknologi Pertanian, Budidaya Tanaman Pangan, dan Budidaya Tanaman Perkebunan. Dari ketiga jurusan tersebut, kemudian dibagi menjadi berbagai program studi yang seluruhnya berjumlah 10 program studi. Setiap tahun dibuka pendaftaran Politeknik Negeri Payakumbuh untuk berbagai program studi ini.

Lebih lengkapnya, di jurusan Teknologi Pertanian ada 3 program studi yaitu D3 Tata Air Pertanian, D3 Teknologi Pangan, dan D3 Mesin dan Peralatan Pertanian. Kemudian untuk jurusan Budidaya Tanaman Pangan ada 5 program studi yaitu D3 Budidaya Tanaman Pangan, D3 Hortukultura, D3 Peternakan, D3 Agribisnis Pertanian, dan D3 Manajemen Produksi Pertanian. Selanjutnya untuk jurusan yang ketiga yaitu Budidaya Tanaman Perkebunan ada 2 program studi yaitu D3 Budidaya Tanaman Perkebunan dan D3 Manajemen Perkebunan. 

Dengan Visi “Menjadi Perguruan Tinggi Vokasional Berkarakter yang Berdaya Saing Tinggi Untuk Memberikan Konstribusi dalam Pembangunan Pertanian Nasional yang Berkelanjutan” tentu sekolah tinggi ini memang tepat untuk dipilih oleh para siswa yang berminat untuk berkecimpung di dunia pertanian. Untuk itu info tentang pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh tentunya sangat diperlukan oleh siapapun yang berminat pada bidang pendidikan ini.


Tata Cara Pendaftaran Politeknik Negeri Payakumbuh

Tahun akademik 2018/2019 sudah mulai berjalan sekitar bulan lalu. Tentu pendaftaran Politeknik Negeri Payakumbuh untuk tahun ini sudah ditutup. Nah, selanjutnya tentu tahun depan akan dibuka pendaftaran dari sekolah tinggi ini mulai sekitar bulan Februari. Jadi, hanya kurang dari setengah tahun untuk mempersiapkan diri. Tentunya bukan hanya siswa yang kini duduk di bangku kelas 3 saja. 

Bisa jadi, siswa yang lulus tahun kemarin dan belum berkesempatan diterima di perguruan tinggi juga akan ikut dalam seleksi masuk nantinya. Nah, untuk seleksi masuk ke Polteknik Pertanian Negeri Payakumbuh, ada beberapa jalur yang bisa diikuti. Jalur atau cara pendaftaran Politeknik Negeri Payakumbuh diantaranya ada :


Jalur SNBP

jalur SNBP atau Penelurusan Minat dan Kemampuan adalah Jalur ini yaitu diperuntukan bagi siswa yang berprestasi dan memiliki nilai raport yang baik. Untuk masuk melalui jalur ini, siswa perlu untuk meminta rekomendasi pada kepala sekolah. Selanjutnya setelah mendapatkan rekomendasi siswa melakukan proses pendaftaran hingga finalisasi. 
  1. Proses pendaftaran awal dilaksanakan melalui situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Tunggu hasil pemeringkatan sekolah.
  3. Siswa/i yang dinyatakan lulus akan mendapatkan akun login.
  4. Gunakan akun yang sudah dimiliki untuk login ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  5. Isi biodata, data lainnya secara lengkap.
  6. Pilih politeknik negeri sesuai dengan jurusan sekolah. 
  7. Pastikan juga memilih prodi.
  8. Beberapa file yang dibutuhkan seperti upload foto dan persyaratan.
  9. Kirim
  10. Cetak Kartu Peserta SNBP
  11. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ 


Jalur SNBT

Jalur kedua adalah SNBT atau Ujian Masuk Politeknik Negeri. Jalur ini diselenggarakan oleh Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh sendiri dan juga oleh masing-masing politeknik negeri. Jalur SNBT ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh politeknik negeri yang ada di Indonesia. Pelaksanaan ujiannya biasanya dilakukan di gedung kampus Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh atau tempat lain yang bekerjasama dengannya. 
  1. Melakukan pendaftaran melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih menu pendaftaran.
  3. Isi identitas untuk data akun SNBT.
  4. Setelah selesai lanjutkan proses pengisian biodata.
  5. Kirim
  6. Lakukan pembayaran ke bank yang sudah bekerjasama.
  7. Login kembali 
  8. Pilih Politeknik dan Prodi
  9. Pilih jenis tes yang akan diikuti.
  10. Kirim
  11. Cetak kartu ujian
  12. Ikuti tes
  13. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/


Jalur Mandiri

Jalur ketiga adalah jalur Mandiri atau Ujian Masuk Lokal. Sama-sama merupakan jalur tes tertulis seperti SNBT, namun Mandiri ini dikhususkan untuk lingkup lokal sehingga penyelenggaraan tesnya biasanya hanya di gedung kampus Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh saja. 
  1. Melakukan pendaftaran melalui situs resmi https://pmb.ppnp.ac.id/
  2. Pilih menu daftar sekarang.
  3. isi data diri untuk pembuatan akun
  4. Kirim
  5. Lakukan pengisian biodata secara lengkap
  6. Kirim form
  7. Bayar ke bank 
  8. Login kembali untuk menyelesaikan pendaftaran 
  9. Pilih Politeknik dan prodi yang diinginkan
  10. Kirim
  11. Cetak kartu ujian
  12. Ikuti ujian
  13. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui PPNP.


Biaya Kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh

Selanjutnya untuk biaya kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh tergolong murah, pasalnya politeknik ini berstatus negeri. Biasanya memang sekolah politeknik lebih murah untuk biaya kuliahnya dibanding perguruan tinggi swasta. Sementara untuk biaya pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh biasanya berbeda untuk tiap tahun. 

Anda bisa update biaya pendaftarannya saat mendekati bulan pendaftaran di buka. Nah, untuk biaya kuliah terdiri dari SPP, Dana Kemahasiswaan, dan Uang Kuliah Tunggal. Tentunya masing-masing jurusan berbeda. SPP setiap prodi di jurusan Budidaya Tanaman Pangan adalah sebesar Rp 1.000.000,00, kecuali prodi D4 Manajemen Produksi Pertanian yaitu sebesar Rp 1.250.000,00. 

Kemudian untuk jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan di prodi D3 Budidaya Tanaman Perkebunan yaitu sebesar Rp 1.000.000,00 sementara di prodi D4 Manajemen Perkebunan yaitu sebesar Rp 1.250.000,00. Selanjutnya jurusan Teknologi Pertanian di semua prodi yaitu sebesar Rp 1.000.000,00. Kurang dari 6 bulan menuju dibukanya pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Payukumbuh. 

Jika berminat untuk mendaftar di politeknik negeri ini, Anda bisa mulai melihat seperti apa prestasi dan nilai raport apakah memungkinkan untuk mengikuti jalur SNBP. Juga jangan lupa untuk tetap belajar materi jalur masuk tulisnya. Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk bisa diterima di perguruan negeri terbaik impian Anda. Tentunya orangtua dan guru juga berkewajiban untuk mendampingi para siswa agar bisa mencapai perguruan tinggi impian mereka.