Cara Pendaftaran Online Jalur Mandiri POLBAN 2024/2025


POLBAN.ac.id - Cara Pendaftaran Online Jalur Mandiri POLBAN 2024/2025 -  Politeknik Negeri Bandung atau biasa disingkat POLBAN adalah sebuah perguruan tinggi advokasi negeri didirikan pada tahun 1982 dengan nama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Politeknik ITB awal hanya membuka program pendidikan diploma dalam bidang teknik/rekayasa, seperti D3 Teknik SIpil Jurusan Teknik SIpil, D3 Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, D3 Teknik ELektronika Jurusan Teknk Elektro.

D3 Teknik Listrik Jurusan Teknik Listrik. Pendaftaran Politeknik Negeri Bandung yang dulu namanya masih Politeknik ITB ini pertama kali dibuka pada Tahun Akademik 1982/1983. Tiga tahun setelah ajaran baru dimulai, tepatnya pada 1986, Politeknik ITB membuka program pendidikan diploma bidang Tata Niaga di bawah jurusan Tata Niaga dengan tiga prodi, yaitu D3 Akuntansi, D3 Keuangan dan Perbankan, dan D3 Kesekretariatan dan Perkantoran. 




Kemudian semakin berkembang pada tahun-tahun berikutnya. Sejak politeknik ini berpisah dari ITB dan menjadi institusi mandiri pada 1999, namanya berganti menjadi Politeknik Negeri Bandung. Mulai Tahun ini , Politeknik Negeri Bandung mulai mengambangkanprogram pendidikan sarjana terapan dengan prodi yang semakin beragam.

Sejak berdiri, Politeknik Negeri Bandung memiliki visi “menjadi institusi yang unggul dan terdepan dalam pendidikan vokasi yang inovatif dan adaptif terhadao perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan”. Sedangkan misi dari Politeknik Negeri Bandung, yaitu pertama, menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa kewirausahaan, dan berwawasan lingkungan. 

Kedua, melaksanakan penelitian terapan dan menyebarluaskan hasilnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan. Untuk mencapai visi dan menjalankan misi tersebut, Politeknik Negeri Bandung membuka 10 jurusan yang dibagi ke dalam dua prodi. Prodi Kelompok rekayasa, yang terdiri dari 
  1. Jurusan Teknik Sipil, 
  2. Jurusan Teknik Mesin, 
  3. Jurusan Teknik Konversi Energi, 
  4. Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, 
  5. Jurusan Teknik Elektro, 
  6. Jurusan Teknik Kimia, serta 
  7. Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. 

Sementara di Prodi Kelompok Tata Niaga terdiri dari 
  1. Jurusan Akuntansi, 
  2. Jurusan Administrasi Niaga, dan 
  3. Jurusan Bahasa Inggris. 
Selain 10 jurusan tersebut, Politeknik Negeri Bandung juga membuka program pendidikan D4 PPL yang merupakan program ekstensi khusus bagi alumni D3 yang telah memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun. Program D4 PPL ini berjumlah 36 SKS yang diantaranya merupakan kuliah tatap muka dan e-learning.yaitu D4 Teknik Perencanaan Jalan dan Jembatan, D4 Teknk Perancangan Konstruksi Mesin, D4 Teknik Komputer, dan D4 Teknik Kimia Produksi Bersih.

 
Jalur Mandiri

Seleksi Mahasiswa baru Mandiri adalah salah satu jalur lokal yang bisa diikuti menggunakan sistem ujian tertulis maupun CBT, proses pendaftaran dilaksanakan secara online untuk lebih jelas berikut rincian pengenai cara pendaftaran POLBAN.

Pendaftaran
  1. Melakukan pendaftaran melalui https://smbm.polban.ac.id
  2. Memilih Jalur Pendaftaran Umum UKT. 
Pembayaran
  1. Membayar biaya pendaftaran SMBM POLBAN di Bank BUMN. 
  2. Simpan Bukti pembayaran pendaftaran. 
Pendaftaran
  1. Gunakan No Pendaftaran dan PIN untuk login ke https://smbm.polban.ac.id. 
  2. Isi Biodata. 
Upload
  1. Upload soft file pasfoto, Scan rapot, scan bukti prestasi. Scan surat sehat. Scan Surat keterangan buta warna, Scan akta kelahiran, scan ijasah/skl. 
  2. Melengkapi pendaftaran sampai batas akhir. 
  3. Melakukan finalisasi pendaftaran. 
Pengumuman
  1. Pengumuman tahap 1 dapat diakses melalui https://smbm.polban.ac.id. 
Cetak Kartu
  1. Cek inbox email untuk cetak kartu peserta. 
  2. Mengikuti tes tertulis maupun CBT. 
Pengumuman
  1. Pengumuman tahap 2 dapat diakses melalui https://smbm.polban.ac.id.

Perlu calon pendaftar pahami, pembayaran biaya pendaftaran Politeknik Negeri Bandung SMB ujian tulis hanya dapat dilakukan secara TUNAI melalui teller BANK BRI di seluruh Indonesia, baik cabang, capem, maupun kantor kas. Artinya, pembayaran pendaftaran ini tidak bisa dilakukan secara transfer ATM, Internet Banking atau Mobile Banking. Setelah transaksi dilakukan dan prosesnya berhasil, maka para pendaftar akan mendapatkan bukti pembayaran beserta nomor pendaftaran dan PIN dari teller untuk mendaftar via website.