Cara Pendaftaran Online PPDB Tuban 2024/2025


Tuban.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Tuban 2024/2025 - Sistem pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan dan perbaikan. Hal ini karena pendidikan dipandang sebagai salah satu aspek paling penting dalam pembungan generasi suatu bangsa, agar dapat bersaing dengan negara-negara lain yang sudah lebih maju. 

Oleh karena itu, perbaikan sistem pendidikan di Indonesia semakin gencar dilakukan, salah satunya adalah dengan menerapkan pemanfaatan teknologi dalam beberapa aspek yang bersangkutan dengan dunia pendidikan Indonesia. Salah satu pemanfaatn teknologi dalam aspek pendidikan di Indonesia adalah penggunaan sistem online untuk pendaftaran siswa baru yang menggunakan basis pada masing-masing daerah, salah satunya adalah pendaftaran siswa baru di Kota Tuban, Jawa Timur. Sistem pendaftaran ini disebut dengan pendaftaran PPDB Online Tuban.




Pendaftaran PPDB Online ini sangat bermanfaat baik bagi siswa, orang tua/wali, maupun pihak sekolah. Dengan pendaftaran PPDB Online Tuban ini, masyarakat Tuban dapat melakukan pendaftaran siswa baru dengan sistem online. Ada beberapa informasi yang dapat diakses oleh siswa dan orang tua/wali, antara lain :
  • Di dalam situs PPDB Online ini, terdapat website dari berbagai sekolah yang ada di Kota Tuban, baik di tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Website ini berisi berbagai informasi mengenai sekolah-sekolah di Kota Tuban baik negeri maupun swasta yang meliputi informasi mengenai profil sekolah, prestasi, tenaga pengajar, hingga fasilitas sekolah. Dengan adanya website sekolah-sekolah yang ada di Kota Tuban tersebut, baik orang tua/wali maupun siswa dapat mendapatkan informasi secara lengkap dan dapat disesuaikan dengan minat siswa untuk mendaftar sekolah.
  • Orang tua/wali dapat mengetahui berbagai informasi yang bersangkutan dengan pendaftaran PPDB Online ini seperti syarat pendaftaran, alur pendaftaran, proses seleksi dan hasil seleksi.
  • Proses seleksi dan hasilnya dapat diketahui secara transparan oleh orang tua/wali maupun siswa yang bersangkutan.
  • Orang tua/wali dan siswa dapat mengetahui berbagai informasi lainnya seperti komunitas pendidikan, ilmu pengetahuan umum, dan berita-berita lain yang dapat diakses dalam website PPDB Online Tuban.

Selain informasi-informasi yang dapat diakses oleh orang tua/wali dan siswa ada berbagai keuntungan yang diperoleh baik oleh orang tua/wali, siswa maupun pihak sekolah ketika melakukan pendafataran online di pendaftaran PPDB Online Tuban ini.

Keuntungan bagi orang tua/wali :
  1. Orang tua/wali dapat memperoleh informasi mengenai sekolah-sekolah yang ada di seluruh Tuban baik negeri maupun swasta, baik tingkat dasar ataupun menengah, seperti informasi mengenai profil sekolah, prestasi, tenaga pengajar, ekstarkurikuler, fasilitas dan lain-lain yang dapat dilihat melalui website sekolah yang dapat diakses melalui situs pendaftaran PPDB Online Tuban.
  2. Orang tua/wali dapat memperoleh infromasi mengenai syarat-syarat pendaftaran secara lengkap.
  3. Orang tua/wali dapat mengetahui proses seleksi secara terbuka dan transparan.
  4. Orang tua/wali dapat memperoleh infromasi secara transparan dan meminimalisir terjadinya KKN.
  5. Orang tua/wali dapat mengakses informasi dimana saja dan kapan saja selama 24 jam melalui gadget.
  6. Sistem dapat digunakan tanpa melalui proses instal.
  7. Sistem dapat diperbaharui secara mandiri dengan menyesuaikan teknologi terbaru.
  8. Memberikan kesempatan kepada orang tua/wali untuk memanfaatkan teknologi yang ada.

Keuntungan yang diperoleh oleh pihak sekolah :
  • Pihak sekolah dapat mengelola semua data yang ada tanpa khawatir kekurangan sumber daya manusia karena semua berkas yang masuk akan dikelola oleh sistem komputer.
  • Pihak sekolah tidak memerlukan ruangan yang luas untuk mengelola berkas, karena berkas pendaftaran akan disimpan dalam komputer secara online.
  • Proses seleksi dilakukan dengan lebih mudah dan lebih efisien karena menggunakan sistem komputer.
  • Karena menggunakan sistem komputer, maka praktik KKN sulit dilakukan.
  • Pihak sekolah dapat mempromosikan sekolah melalui website yang sudah ada di situs pendaftaran PPDN Online Tuban dengan mencantumkan berbagai informasi mengenai sekolah seperti profil sekolah, prestasi, tenaga pengajar, fasilitas, dan lain-lain.
  • Data calon siswa dapat disinergikan antara pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan sehingga akan lebih akurat dan terjamin.
  • Kesalahan dalam proses seleksi minim terjadi karena menggunakan sistem komputer yang canggih dengan penghitungan yang cermat.

Sementara itu, para orang tua/wali di Tuban yang akan mendaftarkan putera puterinya masuk ke sekolah baik dasar maupun menengah, ada berbagai konten yang dapat dilihat di website pendafataran PPDB Online Tuban ini, antara lain :
  1. Situs PPDB Online Tuban ini menggunakan sistem real time online yang memungkinkan sistem seleksi dilakukan dengan sistem otomatis yang meliputi berbagai tahap pendaftara, seperti pendaftaran, seleksi, dan pegumuman seleksi yang dapat diakses secara online.
  2. Terdapat konten web sekolah sehingga profil dan segala informasi mengenai sekolah-sekolah di seluruh Tuban dapat diketahui dengan lengkap.
  3. Situs ini menyediakan aplikasi SIAP Online yang memudahkan pihak sekolah, orang tuawali dan siswa untuk mengakses informasi dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk dapat mengakses situs pendaftaran PPDB Online Tuban ini, Orang tua/wali, siswa maupun pihak sekolah dapat menggunakan id dan passsword yang sudah dimiliki. Dengan penggunaan id dan password, maka kemanan informasi akan lebih terjamin. Sistem pendidikan dengan menggunakan teknologi ini memungkinkan peneimaan siswa dapat berjalan secara adil karena tidak melihat dari status maupun jabatan orang tua karena interkasi antara pihak sekolah dengan orang tua/wali sangat kecil kemungkinannya. 

Hal ini dapat membuat pendidikan dapat berlangsung sama rata untuk masyarakat. Persaingan yang terjadi pun lebih sehat karena campur tangan manusia sangat kecil karea sistem yang digunakan adalah sistem komputer. Untuk proses pendaftaran silahkan kunjung situs resmi https://tuban.siap-ppdb.com begitu juga sampai dengan pengumuman dilaksanakan melalui online apabila belum tau cara cek pengumuman lansung ke link Pengumuman Hasil Kelulusan PPDB Tuban.