Pengumuman Hasil Asesmen Nasional 2021-2022

Info Penting CPNS

Pengumuman Hasil Asesmen Nasional 2021-2022 - Asesmen Nasional merupakan salah satu metode pemetaan mutu pendidikan secara nasional dengan mengukur sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil. Assmen Nasional terdiri dari 3 insturmen, Kopetensi Minimum (AKM), Survei dan Survei Lingkungan Belajar. Ada beberapa persiapan khusus yang harus dilakukan baik oleh pemerintah provinsi, tim pengawas, dinas pendidikan kota dan kabupaten, sekolah maupun siswa seperti melakukan sosialiasi dan pengawasan.

Hasil Asesmen Nasional tidak menuntut hasil akhir tetapi lebih kepada input, proses dan hasil. Asesmen Kemendikabud bertujuan untuk mengukur dan melaui efektifitas ketercapaian kurikulum dan dirancang untuk tidak menghakimi sekolah untuk tidak melakukan pemeringkatan.

 


 

Adapun ragam soal yang akan dikerjakan seperti pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan urain. Untuk waktu pelaksanaan tingkat SD/MI dilaksanakan dua hari dengan waktu masing-masing tes 75 menit sedangkan untuk tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK 90 menit untuk setiap tes.

Tidak perlu kwatir sistem Asesmen Nasional ini berbeda dengan sistem sebelumnya dan tidak bersifat menghakimi, selain itu tidak semua siswa wajib mengikuti asesmen nasional ini hanya perwakilan siswa ditentukan secara acak oleh pemerintah pusat, nantinya hasil tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi mutu pendidikan dari sekolah tersebut.

Untuk tes yang wajib dikuti sudah disinggung sedikit diatas untuk lebih jelas berikut rincian asesmen untuk lebh jelas seperti berikut :

 

Tes Asesmen Nasinal

1. Asesmen Kopetensi Minimum (AKM)

Komponen AKM Kemdikbud diperlukan untuk menilai efektivitas ketercapaian kopetensi yang ditentukan dalam 2 aspek seperti literasi dan numerasi.

  1. Literasi membaca kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks dalam penyelesain masalah.
  2. Numerasi merupakan berfikir berdasarkan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan kontes masalah sehari-hari.

2. Survei Karaketer 

Survei karaker untuk mendapatkan hasil belajar sosial-emosional terdiri dari 6 aspek.

  1. Bermain dan Bertakwa kepada Tuhan YSE berhaklak mulia. 
  2. Berkebinekaan Global.
  3. Bergotong royong
  4. Bernalar kritis 
  5. Kreatif
  6. Mandiri

3. Survei Lingkungan Belajar

Untuk mengumpulkan informasi tentang kwalitas proses  pembelajaran dan iklim penunjang pembayaran dikerjakan oleh :

  1. Dikerjakan Murid
  2. Guru
  3. Kepala Sekolah

 

Pengumuman Hasil Asesmen Nasional

Asesmen Nasional akan berbais tes komputer dimana sekolah akan menyiapkan fasilitasnya sesuai dari arahan dari dinas pendidikan. Jika ada tes tentu pasti akan ada hasil muncul pertanyaan bagaimana mengetahui hasil dari Asesmen Nasional yang telah dilakukan. Terdapat beberapa cara mengecek hasil tersebut diantaranya seperti dibawah ini :

  1. Melalui Situs resmi Kemdikbud Pusat Asesmen Pembelajaran https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/
  2. Melalui situs resmi Dinas Pendidikan Provinsi domisili sekolah
  3. Melalui situs resmi Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten Sekolah.
  4. Nantinya sekolah akan mengumumkan baik secara langsung maupun dari website sekolah hasil asesmen nasional yang telah dlaksanakan.

 

Tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti asesmen nasional, hanya saja sekolah maupun siswa wajib mengikuti sosialisasi dan arahan langkah-langkah asesment nasional. Itulah beberapa informasi mengenai Pengumuman Asesmen Nasional semoga informasi ini bermanfaat.