Cara Pendaftaran Online PPDB Kota BanjarBaru 2024/2025


Banjarbaru.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Kota BanjarBaru 2024/2025 - Ngak terasa sebagai orang tua kita kembali disibukan dengan pendaftaran sekolah anak, memang akan sedikit repot apabila sudah masuk pendaftaran PPDB, terutama untuk anak yang sedang mencari sekolah cocok, tidak hanya bagus harapannya tidak jauh dari domisili sekolah.
 
Sangat membingungkan apabila mendapatkan sekolah yang bagus tetapi tidak ada yang mengantar, terkadang suami kerja, sebagai seorang istri biasanya akan mencari sekolah yang dekat dari rumah, khusus untuk sekolah tingkat SD, SMP tidak perlu mencari yang jauh sekolah yang dekat dengan domisili akan sangat membantu antar jemput tidak repot.


Terkadang sebagai orang tua kita disibukan dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya tidak jarang pendidikan anak menjadi nomor dua, pada dasarnya masa depan anak jauh lebih panjang ketimbang kehidupan yang kita jalani sebagai orang tua. Kita harus sadar bahwa pendidikan anak paling utama meski sibuk dengan pekerjaan luangkan sedikit waktu untuk mulai bersiap.

Paling basic yang harus dipersiapkan untuk anak mendaftar PPDB adalah berkas adminstrasi seperti akta kelahiran dan kartu keluarga, apabila belum selesai diurus maka sebaiknya secepatnya karena itu akan menjadi syarat utama untuk mendaftar sekolah. Bagi yang merasa bukan warga asli Banjar Baru dapat membuat surat keterangan domisili untuk mendaftar.

Ditambah dengan ijasah TK, bagi yang mau masuk SD, Persiapkan Rapot SD dan Ijasah SD untuk mendaftar SMP dan begitu juga untuk SMA rapot SD, SMP dan ijasah juga disiapkan. Secara umum terdapat beberapa jalur masuk yang bisa diikuti oleh pelamar PPDB diantaranya sebagai berikut.

 

Jalur Prestasi 

Khusus tingkat SMP, SMA orang tua wajib mengisi nilai rapot dan ijasah untuk seleksi jalur prestasi akan dimulai lebih awal, siapkan untuk mendaftar sejak awal tahun bahkan ada beberapa sekolah membuka jalur prestasi saat masih sekolah tingkat akhir masing-masing satuan pendidikan.

Jalur Zonasi

Kriteria kelulusan ditentukan jarak rumah ke sekolah semakin dekat maka akan semakin besar peluang lulus, ditambah dengan usia anak, prioritas utama anak berusia 7 tahun keatas usia SD dan jenjang lainnya mengikuti. Biasanya dibuka setelah jalur prestasi tutup

Jalur Afirmasi 

Afirmasi merupakan jalur untuk peserta didik dari keluarga kurang mampu, dan memiliki kuota berbeda jalur umum, dan dipastikan peluang lulus lebih besar dibandingkan dengan jalur lainnya.

Jalur Perpindahan orang tua

Khusus untuk jalur perpindahan kerja orang tua proses rekomendasi sekolah dipilih harus dekat dengan kantor bekerja orang tua, bukan dekat rumah ya. Biasanya orang tua yang pindah ke lain kota/kabupaten karena urusan pekerjaan bisa menggunakan dokumen yang ada melalui jalur ini.

Khusus untuk Kota Banjarbaru proses pendaftaran PPDB Online bisa langsung ke sekolah tujuan dengan menyerahkan dokumen yang sudah disebutkan, proses selanjutnya sekolah akan mengonlinekan datanya. Sedangkan bagi orang tua yang bisa mendaftar secara online sebaiknya mendaftar lewat online https://banjarbaru.siap-ppdb.com

Jangan lupa untuk membuat akun terlebih dahulu, setelah selesai input biodata anak dan orang tua, lanjut memilih jalur yang akan diikuti. Demkian informasi pendaftaran PPDB Kota Banjar Baru semoga bermanfaat.