Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Kota Semarang 2024/2025


PPDB Semarang - Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Kota Semarang 2024/2025 - Tidak lama lagi dunia pendidikan Indonesia sudah akan memasuki tahun ajaran baru yaitu tahun ajaran sekarang. Dengan demikian sudah tentu setiap kabupaten dan kota mempersiapkan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru, salah satunya adalah Kabupaten Semarang. 

Saat ini Semarang telah menerapkan sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru berbasis online. Hanya saja opsi pendaftaran online menjadi salah satu pilihan beberapa sekolah di wilayah Semarang masih bisa mendaftara secara offline dengan mendatangi sekolah secara langsung, tetapi jika ingin praktis melalui online.



Salah satu program nya adalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran baru ini. Dengan adanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru berbasis online di kota maupun kabupeten Semarang terbukti dapat terjadi peningkatan mutu serta kualitas pelayanan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun-tahun ajaran sebelumnya. 

Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru berbasis online mampu membuat masyarakat dalam melakukan pendaftaran menjadi lebih cepat, lebih mudah, transparan, lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat terjadi karena segala hal yang berhubungan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran baru akan dapat diakses dengan mudah dimana saja dan kapan saja.

Selanjutnya pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun baru Semarang ini  hanya membuka satu jalur masuk untuk setiap jenjang pendidikan saja yaitu:

1. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SD
  • Jalur Reguler
2. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMP
  • Jalur Reguler
3. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA
  • Jalur Reguler
4. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMK
  • Jalur Reguler

 

Jadwal Pembukaan Pendafaran

Pendaftaran tingkat TK, SD, SMP, SMA dilaksanakan mulai awal Juni hingga akhir bulan setiap tahunnya diharapkan orang tua tidak telat mendaftar. Pastikan melengkapi persyaratan pendaftaran seperti memiliki Akte, KK, Bagi yang sudah lulus memiliki ijasah terakhir.


Pendaftaran PPDB Kota Semarang

Alur dan Tata Cara Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun Ajaran baru di Semarang. Sistem pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran baru di Semarang ini tidak jauh berbeda dengan sistem pendftaaran di kabupaten lainnya. Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran ini Semarang ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Setiap calon peserta didik baru diwajibkan untuk melakukan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran sekarang secara mandiri di laman https://ppd.semarangkota.go.id
  2. Selanjutnya setiap calon peserta didik baru diwajibkan untuk mencetak tanda bukti pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran saat ini.
  3. Selanjutnya setiap calon peserta didik baru diharapkan untuk datang ke sekolah yang menjadi tujuan untuk kemudian menyerahkan tanda bukti pendaftaran beserta berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan kepada panitia untuk dilakukan proses verifikasi.
  4. Selanjutnya akan dilakukan proses verivikasi berkas dan tanda bukti pendaftaran oleh panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran saat ini.
  5. Selanjutnya setiap calon peserta didik baru akan menerima tanda bukti verivikasi yang telah dicetak dan di berikan oleh panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran sekarang.
  6. Terakhir setiap calon peserta didik dapat melihat perkembangan dan hasil seleksi di laman resmi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tahun ajaran baru Kabupaten Semarang yang beralamat di https://ppd.semarangkota.go.id

Pendaftaran PPDB Kabupaten Semarang

Selain kota, tingkat kabupaten semarang juga membuka pendaftaran PPDB secara daring melalui https://ppdb.disdikbudpora.semarangkab.go.id/ Untuk proses pendaftaran diawali membuat akun, kemudian memilih jenjang pendidikan, selanjutnya mengisi data siswa/i yang bersangkutan hingga selesai. Tunggu sampai proses selesai.

Adapun beberapa persyaratan verifikasi dapat dikirim langsung ke sekolah, atau bisa menanyakan langsung proses pendaftaran ke sekolah tujuan, Kemudian berikut ini merupakan daftar nama sekolah yang di Semarang yang secara resmi membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini secara online, yaitu :


No
Lokasi
Alamat
1
SD NEGERI UNGARAN 01
JL. DIPONEGORO NO 04
2
SD NEGERI UNGARAN 02
JL. MT. HARYONO NO 16
3
SD NEGERI SIDOMULYO 04
JL.LETJEN SUPRAPTO 39
4
SD NEGERI SIDOMULYO 03
JL. MAYJEND SUTOYO NO.52
5
SD NEGERI PANJANG 03
PANJANG
6
SD NEGERI SUDIRMAN
JL. KARTINI 34
7
SD NEGERI BANDUNGAN 01
JL.SUKORINI NO 4
8
SD NEGERI TENGARAN
JL. MASJID BESAR NO 15B

No
Lokasi
Alamat
1
SMP NEGERI 1 UNGARAN
JL. DIPONEGORO 197 UNGARAN
2
SMP NEGERI 2 UNGARAN
JL.LETJEND SUPRAPTO NO 65
3
SMP NEGERI 3 UNGARAN
JL. PATIMURA I-A
4
SMP NEGERI 4 UNGARAN
JL. ERLANGGA
5
SMP NEGERI 5 UNGARAN
JL.NAKULA
6
SMP NEGERI 1 BERGAS
KARANGJATI
7
SMP NEGERI 1 AMBARAWA
JL. BANDUNGAN 42
8
SMP NEGERI 2 AMBARAWA
JL. KARTINI 1A
9
SMP NEGERI 1 GETASAN
JAMPELAN
10
SMP NEGERI 1 BANYUBIRU
JLN. MELATI NO. 19
11
SMP NEGERI 2 TUNTANG
JL. MERTOKUSUMO
12
SMP NEGERI 1 TENGARAN
JL. MASJID BESAR TENGARAN
13
SMP NEGERI 2 TENGARAN
JL. SALATIGA-SOLO KM. 7
14
SMP NEGERI 1 PABELAN
JL.RAYA SALATIGA-BRINGIN KM.08
15
SMP NEGERI 1 SURUH
JL. DADAPAYAM-SURUH
16
SMP NEGERI 1 JAMBU
DUSUN NGASEMSARI
17
SMP NEGERI 1 BANDUNGAN
JIMBARAN
18
SMP NEGERI 1 BRINGIN
JL. RAYA BRINGIN KM. 04
19
SMP NEGERI 1 BAWEN
JL SOEKARNO-HATTA 54 BAWEN

No
Lokasi
Alamat
1
SMA NEGERI 1 UNGARAN
JL. DIPONEGORO NO. 42 UNGARAN
2
SMA NEGERI 2 UNGARAN
JL. DIPONEGORO 277 UNGARAN
3
SMA NEGERI 1 BRINGIN
JL. WIBISONO II/3
4
SMA NEGERI 1 AMBARAWA
JL. YOS SUDARSO NO.46
5
SMA NEGERI 1 TUNTANG
DESA DELIK TUNTANG
6
SMA NEGERI 1 TENGARAN
KEMBANGSARI KARANGDUREN TENGARAN
7
SMA NEGERI 1 BERGAS
JL. SOEKARNO HATTA KEC. BERGAS

No
Lokasi
Alamat
1
SMK NEGERI 1 TENGARAN
JL. DARUN NAIM, KARANGDUREN TENGARAN KAB. SEMARANG
2
SMK NEGERI 1 JAMBU
DS. SETRO, JAMBU
3
SMK NEGERI 1 BAWEN
JL. KARTINI 119 BAWEN KAB. SEMARANG
4
SMK NEGERI 1 PRINGAPUS
JATIRUNGGO, PRINGAPUS
5
SMK NEGERI 1 BANCAK
JL. KH. WAHID HASYIM KM. 1
6
SMK NEGERI 1 KALIWUNGU
JL. AMPEL - SIMO KM.8