Pendaftaran Online Beasiswa Kip-kuliah.kemdikbud.go.id 2023-2024

Info Penting CPNS

Kip-kuliah.kemdikbud.go.id - Pendaftaran Online Beasiswa KIP Kuliah 2023-2024 - Beasiswa Keluarga Miskin dan Berprestasi secara akademik terus mengalami perubahan beasiswa terbesar yang diberikan pemerintah melalui program KIP Kuliah memberikan harapan bagi masyarakat yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk tetap kuliah dimana semua biaya ditanggung oleh pemerintah, dan tidak hanya itu saja akan dijamin biaya hidup perbulan sebesar 800 rb - 1,3 Juta.

Program ini sudah beberapa kali berganti nama sampai saat ini, namun ketentuannya tetap sama yaitu beasiswa pemerintah untuk keluarga kurang mampu yang memiliki prestasi. Secara rinci pendaftaran KIP Kuliah tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya dilaksanakan secara online dan program ini merupakan lanjutan program dari sekolah seperti pemegang kartu KIP, pemiliki kartu Bansos dan kartu Sejahtera lainnya.

 



Sebelum mendaftar silahkan siapkan beberapa persyaratan seperti KTP, KK, Surat keterangan lulus atau ijasah, surat keterangan dari pemerintah setempat dan beberapa file yang wajib diupload, untuk lebih jelas berikut rincian lengkap alur pendaftaran KIP Kuliah

 

Persyaratan.

  1. Penerima KIP kuliah adalah siswa SMA/SMK atau sederjat lulusan tahun ini dan dua tahun sebelumnya. 
  2. Memiliki potensi akademik baik dan berasal dari keluarga kurang mampu (keterbatasan ekonomi) di dukung bukti dokumen sah. 
  3. Lulus salah satu jalur seleksi mahasiswa baru baik dari PTN PTS dengan pertimbangan akreditasi A/B/C. 
  4. Penghasilan orang tua dengan pendapan gabungan 4 juta atau 750 rb orang tua/wali.

 

Jangka Waktu KIP Kuliah 

  1. Sarjana Maksimal 8 Semester. 
  2. Diploma 2 Semester - 8 Semester.

 

Program Profesi. 

  1. Dokter 4 Semester. 
  2. Dokter Gigi 4 Semester. 
  3. Dokter Hewan 4 Semester. 
  4. Ners 2 Semester. 
  5. Apoteker 2 Semester. 
  6. Guru 2 Semester.

 

Keungulan KIP Kuliah

  1. Bebas dari uang pendaftaran jalur tertulis.
  2. Bebas biaya UKT Biaya kuliah perguruan tinggi selama masa studi.
  3. Mendapatkan biaya hidup sebesar 700 rb perbulan.

 

Biaya Yang Perlu di Siapkan Oleh Orang Tua Penerima KIP Kuliah

Berdasarkan pengalaman pribadi admin, setiap pelamar KIP Kuliah harus mempersiapkan biaya meski gratis 100 persen, tetapi bantuan biaya hidup KIP Kuliah baru cair setelah 6 bulan kuliah (1 Semester) berikut rincian biaya yang harus disiapkan penerima KIP Kuliah :

  1. Biaya hidup selama 6 bulan (Semester 1) rata-rata jika irit 600 rb - 700 rb perbulan cukup
  2. Jika tidak ada keluarga yang di daerah tempat kuliah harus sewa atau kost, rata-rata perbulan 150 rb - 500 rb.
  3. Jika kampus menyediakan asrama jauh lebih murah karena cukup dengan 150 rb perbulan bersih sudah internet, air, dan listrik.
  4. Untuk mengurangi biaya sebaiknya harus ada dukungan keluarga yang cukup mampu membantu biaya hidup dan biaya makan.
  5. Pengeluaran hanya di semester 1 karena uang KIP Kuliah cair pada akhir semester, sisa semester selanjutnya bisa menggunakan uang tersebut untuk biaya hidup kuliah.
  6. Biaya transportasi selama kuliah harus juga disiapkan apabila lokasi tempat sewa dengan kampus jauh.
  7. Biaya keberangkatan pertama kuliah tidak termasuk dalam biaya hidup.
  8. Hanya ada biaya hidup, tidak ada biaya sewa.
  9. Untuk menghemat biaya sebelum mendaftar sebaiknya survei terlebih dahulu, cari kampus yang memiliki asrama agar biaya sewa tidak terlalu besar. Jika tidak ada asrama bisa jadi biaya hidup akan habis hanya untuk bayar kontrakan atau kost saja.

Dukungan keluarga sangat dibutuhkan bagi penerima KIP Kuliah, seperti contoh sepupu admin yang mendapatkan beasiswa KIP Kuliah harus bertahan hidup dengan biaya 600 rb perbulan, belum dipotong biaya asrama 150 rb perbulan, ditambah dengan biaya baju lab dan biaya lainnya. Apabila sudah tanggal 20 setiap bulan pasti sepupu sudah pulang kerumah admin karena uang bulanan tidak cukup.

Belum dipotong biaya buat tugas, penting bagi orang tua untuk mencari dukungan keluarga yang berada di wilayah sama dengan kampus karena jika tidak akan sangat sulit untuk memenuhi biaya selama semester pertama. Biasanya mahasiswa baru masuk pada pertengahan bulan tanggal Agustus dan KIP Kuliah cair pada bulan Desemeber akhir. 

Dipastikan jika tidak ada admin keponakan yang mendapatkan KIP Kuliah akan sangat berat untuk memenuhi kebutuhan tersebut, karena biasanya penerima KIP Kuliah berasal dari kelaurga kurang mampu, jangankan untuk mengirim uang untuk anak kuliah, untuk makan saja pas-pasan. Alternatif lain harus rela berhutang untuk memenuhi kebutuhan semester 1 atau jual aset yang ada.

Semoga pengalaman tersebut bisa membantu, karena tidak semua orang memberi tahu proses pencairan, diharapkan dengan informasi tersebut orang tua mempersiapkan biaya semester 1 dan tidak bingung karena sudah siap dari awal. Jika sudah semester 2 - semester 8 sudah aman karena biaya hidup KIP Kuliah rutin cair. Untuk persiapan pendaftaran seperti dibawah.

 
Alur Pendaftaran KIP Kuliah
 
Proses pendaftaran KIP Kuliah dilaksanakan secara online melalui website resmi maupun melalui aplikasi bisa di download melalui playstore atau app store.
  1. Memiliki Kartu KIP, Kartu Bansos, ataupun Kartu bantuan lainnya dari pemerintah selama sekolah.
  2. Siswa/i pemegang KIP dapat mendaftar melalui situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Klik menu Daftar. 
  3. Isi Form Biodata secara lengkap. 
  4. Upload file lengkap sesuai ukuran yang sudah ditetapkan. 
  5. Jangan lupa inpun NIK, NISN, NPSN dan alamat email.  
  6. Validasi NISN dan NPSN melalui sistem Dapodik Kemdikbud. 
  7. Untuk yang mendaftar menggunakan kartu Bansos proses validasi NIK nantinya akan dilakukan Kemensos akan memproses kita wajib melakukan input. 
  8. Siswa/i peserta KIP Kuliah menunggu hasil validasi NISN, NPSN dan KIP valid. 
  9. Siswa mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses. 
  10. Siswa Menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dengan melengkapi biodata. 
  11. Mendaftar dan Mengikuti seleksi (SNBP, SNBT, SNMPN, SBMPN, Jalur Mandiri).  
  12. Setiap peserta wajib menentukan salah satu seleksi yang diikuti seperti yang tertera.
  13. Nantinya akan mendapatkan kode untuk melakukan verifikasi.
  14. Simpan Bukti pendaftaran
 
Alur Pendaftaran Seleksi KIP Kuliah
  1. Seperti yang sudah dijelaskan diatas setelah melakukan pendaftaran KIP Kuliah dan menerima kode verifikasi silahkan untuk mendaftar ke situs resmi seleksi.
  2. Pastikan memilih sesuai dengan jalur seleksi pada saat mendaftar KIP Kuliah.
  3. Setelah melakukan pendaftaran sama seperti calon mahasiswa umum pada form Verifikasi sebagai pemerima KIP Kuliah jika ada, namun jika sistem sudah diperbarui verifikasi akan dilakukan secara otomatis.
  4. Link Jalur Masuk yang tersedia dan Tercover KIP Kuliah seperti SNBP | SNBT | Snmpn.Politeknik.or.id | Sbmpn.Politeknik.or.id | Jalur Mandiri PTN | Jalur Mandiri PTS.
  5. Dilaksanakan sesuai jadwal yang tertera pada situs KIP Kuliah. 
  6. Jika dinyatakan lulus salah satu seleksi maka akan otomatis menerima KIP Kuliah.
  7. Jika dibutuhkan lakukan Validasi ke perguruan tinggi tempan lulus.

 
Demikian informasi mengenai Pendaftaran KIP Kuliah semoga bisa bermanfaat, untuk lebih jelas silahkan langsung menuju situs KIP Kuliah dan langsung praktek daftar.