Petunjuk Pendaftaran Online SNBP TA 2025/2026


Petunjuk Pendaftaran Online SNBP TA 2025/2026 - Nampaknya semua udah pada siap ya untuk mengikuti pendaftaran tinggal tunggu kabar dari sekolah kalian ya temen-temen apakah dapet login atau tidak, ada sedikit cerita dari teman-teman saya disekolah yang kebetulan bersekolah disalah satu SMA cukup ternama yang ada disalah satu provinsi bagian Sumatera Selatan tepatnya dikota Palembang, mereka memang beruntung semua siswa yang didaftarkan sekolah mendapatkan login.

Hal ini menjadi kabar gembira bagi setiap siswa karena semua siswa yang ada disekolah tersebut berkesempatan mengikuti SNBP, meski kita belum tau pasti apakah lulus atau tidak namun sebagai awal ya memang harus terdaftar terlebih dahulu, lalu bagaimana cerita dari teman-teman daerah lain, memang tidak semua sekolah sama memiliki pola tersebut.



Kuota pendaftaran SNBP akan ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah, untuk sekolah yang sangat baik tentu akan mendapatkan jatah lebih banyak sementara untuk sekolah yang memiliki akreditasi B dan C sudah pasti dibawah itu, bahkan Panitia sudah cukup adil meski belum terakreditasi sekolah bisa tetap bisa mengikuti seleksi SNBP dan masih akan mendapatkan jatah.

Pertimbangan panitia SNBP biasanya berdasarkan jejak alumni tahun sebelumnya dan mahasiswa yang sudah lulus, seperti contoh jika Sekolah A setiap tahun selalu mengirimkan lulusan terbaik yang mampu berprestasi selama kuliah tentu itu akan menjadi prioritas untuk siswa yang akan diterima tahun ini.

Sebaliknya apabila sekolah yang kurang baik maka jumlah penerimaan akan dikurangi, belum lagi ditambah dengan kecurangan karena kita tidak bisa pungkiri bahwa masih banyak sekolah atau siswa yang melakukan kecurangan dan menghalkan segala cara untuk bisa lulus SNBP, kasus kecurangan sering terjadi tetapi jika memang benar hal itu terjadi maka panitia akan menindak tegas bagi siapa saja yang melakukan pelanggaran.

Panitia akan menindak tegas siapa saja yang melakukan kecurangan dengan ancaman sekolah yang bersangkutan tidak akan bisa mengikuti SNBP lagi bahkan permanen, sementara untuk siswa yang terbutki melakukan kecurangan status kelulusan SNBP yang bersangkutan akan dibatalkan.

Jadi bagi teman-teman yang mungkin baru ingin mendaftar disarankan untuk tetap berhati-hati tidak boleh curang ya, Poin penting informasi yang akan diberikan kali ini adalah mengenai pendaftaran tentu kalian sudah membaca informasi seperti yang telah diberikan diatas bukan, nah kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai cara pendaftaran SNBP untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Pendaftaran SNBP Oleh Siswa.

Khusus untuk pendaftaran SNBP dapat dilakukan oleh siswa setelah menerima login dari sekolah kemudian kunjungi situs resmi SNBP kemudian pilih login siswa gunkan username dan password yang telah dibuat untuk login pada situs resmi :
  1. Login menggunakan akun SNBP yang sudah dibut
  2. Isi form biodata, data keuangan, data keluarga dan data pendidikan serta data prestasi.
  3. Jangan Lupa isi borang.

 

Memilih PTN dan Jurusan.


Tahap awal setelah login anda akan diminta untuk memilih dua perguruan tinggi dan 2 jurusan yang tersedia dari masing-masing PTN 
  1. Memilih PTN dan Prodi yang diminati masing-masing 2.
  2. Tidak boleh memilih Prodi berbeda jurusan sekolah.
  3. Program studi pilihan ke satu merupakan pilihan utama dan pilihan kedua sebagai alternatif. 
  4. Khusus yang memilih program studi seni atau olahraga wajib upload portopolio.


Upload

Setelah melanjutkan proses tersebut maka peserta dapat upload foto untuk ketentuan foto 400x600 tidak boleh melebihi ukuran maksimum, tampilan bebas pantas foto terlihat jelas setengah badan dan upload juga file scan persyaratan.
  1. Pastikan upload foto resmi sesuai format.
  2. Mengupload file persyaratan seperti bukti prestasi dan syarat-syarat.
  3. Ukuran file yang diupload harus sesuai dengan batas maksimum dan minimum yang ada di website.


Verifikasi Peserta Beasiswa

Setelah melakukan pengisian Formulir pendaftaran langkah selanjutnya yang harus dilakukan tidak kalah penting adalah verifikasi peserta beasiswa Kip Kuliah wajib verifikasi.
  1. Proses verifikasi peserta hanya diperuntukan peserta calon penerima KIP Kuliah
  2. Isi PIN dan KAP yang di dapat dari pendaftaran KIP Kuliah saat mendaftar
  3. Khusus peserta umum tidak perlu diisi dan lewati saja langkah ini.


Finalisasi Pendaftaran.

Jika semua data sudah terisi dengan benar mulai dari awal hingga akhir maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan Finalisasi Pendaftaran dimana ini merupakan akhir dari proses pendaftaran, namun untuk memastikan data terisi dengan benar maka yang harus dilakukan adalah cek terlebih dahulu kemudian jika sudah yakin silahkan klik Finalisasi Pendaftaran, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  1. Data yang sudah di finalisasi tidak akan bisa dirubah lagi.
  2. Pastikan periksa sebelum melakukan finalisasi.


Cetak Kartu Peserta.

Setelah melakukan cetak kartu peserta maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan cetak kartu namun setelah proses finalisasi pendaftaran selesai peserta tidak akan langsung bisa mencetak kartu peserta SNBP, sesuai jadwal.
  1. Login ke SNBP gunakan akun
  2. Masukan Username dan Password.
  3. Pilih menu donwload kartu peserta SNBP
  4. Cetak Kartu dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Lupa Password.

Bagi peserta yang ingin login kembali namun setelah beberapa hari ternyata lupa password jangan kwatir asalkan anda ingat user anda kemudian pada menu utama sebelum masuk dibagian bawah login terdapat panel untuk reset atau pemulihan karena lupa password selanjutnya pilih menu tersebut dan biasanya diminta email yang telah anda pakai untuk mendaftar maka reset password akan dikirim langsung ke email.
  1. Pada laman login ke akun terdapat menu lupa sandi dapat digunakan saat lupa.
  2. Cukup mereset masukan email terdaftar.
  3. Nantinya pemulihan password akan dikirim melalui email.
  4. Silahkan rubah, pastikan mengubah password yang mudah diingat namun memiliki keamanan tingkat tinggi.


Itulah sedikit informasi terkait dengan Pendaftran SNBP semoga dapat membantu anda berfungsi sebagai petunjuk, mekanisme pendaftaran ini kami kumpulkan dan kami ringkas dari situs resmi SNBP, apabila terdapat pertanyaan seputar pendaftaran dapat mendiskusikannya melalui komentar dibawah ini harapannya apa yang telah admin bagikan dapat bermanfaat untuk kita semua terutama bagi para peserta.

Dari beberapa informasi yang telah diberikan ada beberapa poin penting yang bisa disimak melalui informasi ini jika semua ketentuan yang berkaitan dengan Pendaftaran SNBP akan segera dilakukan tentu hal itu harus berdasarkan mekanisme Pendaftaran SNBP semoga bermanfaat terima kasih.