12 Tahapan Pendaftaran SNBP SNPMB 2023/2024

Info Penting CPNS

12 Tahapan Pendaftaran SNBP SNPMB 2023/2024  - Tepat pada hari ini Pendaftaran SNBP sudah dibuka namun pembukaan pertama diwarnai dengan kendala karena situs utama SNBP nampaknya error ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pendaftaran tentu kita harus masuk terlebih dahulu pada situs utama, namun jika error seperti sekarang ini menyebabkan siswa tidak bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi, beberapa permasalahan ini diharapkan bisa selesai dengan cepat.

Semua informasi terkait dengan pendaftaran SNBP bergantung pada pantia, diharapkan error seperti ini tidak lama terjadi, jika melihat tahun sebelum error situs memang seringkali terjadi hal ini biasa, namun beberapa jam kedepan nampaknya situs sudah kembali normal berdasarkan ketentuan tersebut disini kami akan memberikan informasi terkait dengan bagaiman mekanisme Pendaftatan SNBP khusus untuk Siswa.




Jika beberapa kendala ditemui oleh siswa dalam proses pendaftaran, pada dasarnya pelaksanaan SNBP memang selalu diwarnai dengan berbagai pemandangan seperti itu, namun apabila siswa mendapati hal error tidak banyak yang bisa dilakukan hanya bisa menunggu situs kembali normal seiring berjalannya waktu situs akan kembali normal.

Biasanya terjadi pendaftaran awal dan pengumuman diharapkan pelaksanaan SNBP tahun ini tidak terganggu, selain mendaftar SNBP siswa juga disibukan dengan beberapa persiapan UN yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat oleh sebab itu sebisa mungkin siswa harus melakukan pendaftaran SNBP dari awal agar tidak terjadi tabrakan dengan kegiatan lain.

Mengingat siswa akan dihadapkan beberapa kegiatan yang cukup sibuk, untuk mengikuti pendaftaran SNBP tentu caranya tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun sebelumnya, melalui informasi ini kami akan membahas bagaimana mekanisme Pendaftaran SNBP untuk lebih jelas berikut kami berikan informasinya.

Pengumuman Kuota

Penetapan kuota SNBP dari sekolah sesuai dengan akreditasi sekolah. Pembaruan pada sistem penetapan kuota akan lebih maksimal karena tidak hanya pilihan PTN saja tetapi siswa/i dapat memilih Politeknik Negeri.

Registrasi Akun SNBPMB Bagi Sekolah

  1. Wajib bagi sekolah yang belum punya akun SNPMB (Sekolah harus registrasi Melalui Laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Sekolah yang sudah memiliki akun lama dapat login seperti tahun sebelumnya.

Lihat Data

  1. SNPMB Mengonfirmasi Jumlah siswa yang eligble mendaftar SNBP berdasarkan akreditasi sekolah.
  2. Nantinya siswa/i yang sudah terkompirmasi dapat diproses pendaftaran lebih lanjut.

Pengisian PDSS

  1. Pangkalan data sekolah dan Siswa oleh sekolah
  2. Pengisian nilai rapot dari kelas 10,11 dan 12
  3. Siswa/i harus menunggu sampai proses pengisian selesai

Pendaftaran SNBP

  1. Siswa yang masuk datanya dalam PDSS melakukan Pendaftaran di laman https://poral-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Melakukan pembuatan akun bisa dilakukan secara sendiri atau kolektif dikordinir oleh sekolah.
  3. Proses pendaftaran meliputi pembuatan akun SNPMB
  4. Pengisian Biodata
  5. Pengisian Data Pendidikan dan Prestasi
  6. Pengisian Data Orang Tua

Pilihan PTN dan Program Studi

  1. Pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN
  2. 1 PTN wajib berada di provinsi yang sama dengan sekolah asal  dan satunya bebas.
  3. Pemilihan PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri dapat dipilih oleh siswa/i sesuai ketersediaan pada sistem SNPMB.

Seleksi Jalur SNBP

  1. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN
  2. Berdasarkan nilai rapot dan akrditasi sekolah dan track record alumni lulusan di PTN tujuan.

Daftar Ulang

  1. Di PTN tempat calon mahasiswa dinyatakan diterima dan mengikuti ketentuan PTN tersebut 
  2. Proses pendaftaran ulang dilakukan secara hybrid gabungan online dan offline.
  3. Tes kesehatan dan cek narkoba dilakukan offline 
  4. Sedangkan untuk upload persyaratan dan pengisian formulir pendaftaran online sebagian besar kampus menggunakan sistem online. 


Itulah beberapa hal yang harus diikuti oleh peserta SNBP terutama bagi yang ingin melakukan Pendaftaran Online SNBP yang bisa diikuti, bagi yang suda berhasil masuk pada situs resmi maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengikuti pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada sampai dengan selesai.

Bagi yang sudah berhasil melakukan pendaftaran silahkan finalisasi semoga informasi yang telah kami berikan dapat membantu anda mengetahui panel apa saja yang bisa anda gunakan dalam proses pendaftaran SNBP karena jangan sampai hal tersebut menjadi kesalahan jika tidak bisa saja proses pendaftaran SNBP tidak akan berlajan sebagaimana seharusnya.