Kriteria Hasil Akhir Kelulusan SNMPTN 2021-2022

Kriteria Hasil Akhir Kelulusan SNMPTN 2021-2022 - Jika semua prosedur pendaftaran sudah dilaksanakan dengan benar maka setelah proses cetak kartu peserta SNMPTN tiba saat yang dinanti yaitu proses Seleksi SNMPTN pada tahapan ini peserta harus menuggu hasil verifikasi oleh panitia yang akan menentukan apakah siswa yang dimaksud memenuhi semua persyaratan dan dinyatakan lulus atau belum beruntung karna tidak lulus.

Melalui informasi ini admin akan memberikan uraian secara rinci mengenai prosedur seleksi yang akan dilalui peserta SNMPTN, itulah keuntungan dari mereka yang berprestasi tidak perlu lagi melaksanakan kegiatan berupa tes tertulis, namun kekurangan dari sistem ini sekolah yang memiliki akreditasi lebih rendah dari sekolah lain akan kalah dalam seleksi seperti contoh jika siswa yang sekolah di akreditasi A memiliki nilai sama persis dengan siswa yang sekolah diakreditasi B.




Maka kemungkinan besar yang akan lulus adalah siswa dari sekolah yang berakreditasi A, begitu juga seterusnya jika terdapat siswa yang bersekolah dengan akreditasi B kebetulan memiliki nilai sedikit lebih kecil hanya berbeda angka koma saja, namun siswa dari sekolah yang akreditasi C ternyata nilainya lebih besar beberapa digit saja, kemungkinan yang akan lulus mereka yang berasal dari akreditasi sekolah B.

Sistem seleksi ini memprioritaskan siswa yang berprestasi dari sekolah yang memiliki mutu pendidikan lebih baik jadi jangan heran jika ada banyak sekali siswa disuatu sekolah seperti contoh sekolah unggulan dibandingkan dengan sekolah non unggulan yang akan lulus SNMPTN.
 
Namun hal itu dianggap cukup adil sekolah biasa tetap akan mendapatkan kuota kelulusan sesuai dengan mutu pendidikan sementara yang sekolahnya bagus akan lebih banyak mendapatkan siswa dari sekolah tersebut, oleh karena itu hal ini penting untuk diperhatikan bagi kita semua, jangan sampai berkecil hati apabila setelah proses seleksi dilaksanakan ternyata tidak lulus.

Proses seleksi SNMPTN tidak menggunakan sistem ujian tertulis tetapi berdasarkan pemeringkatan nilai rapot yang dilaksanakan secara nasional, untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :


Kriteria Kelulusan SNMPTN 

Pemeringkatan Awal Penentu Pendaftaran
  1. Pemeringkatan awal akan menentukan siapa saja siswa yang bisa mengikuti pendaftaran SNMPTN.
  2. Setelah melakukan pendaftaran siswa mengecek hasil pemeringkatan
  3. Kunjungi situs resmi Pengumuman.Snmptn.ac.id
  4. Masukan NISN dan Password
  5. Lihat Hasil Pemeringkatan.
  6. Bagi yang dinyatakan lulus bisa lanjut mendaftar.

 

Pemeringakan Akhir Penentu Kelulusan

  1. Pemeringkatan ini akan ditentukan berdasarkan pemeringkatan nilai rapot siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.
  2. Pemeringkatan akan dikelompokan berdasarkan nilai rapot disusun dari nilai rapot tertinggi sampai terendah.
  3. Pemeringkatan akhir penentu kelulusan ini dikelompokan berdasarkan akreditasi sekolah asal sesuai dengan kuota penerimaan dari mulai akreditasi A,B atau C bahkan yang tidak terakreditasi masih mendapatkan kuota.
  4. Pemeringkatan akan ditentukan berdasarkan pilihan PTN dan Prodi.
  5. Untuk cek pengumuman akhir silahkan kunjungi situs Pengumuman.SNMPTN.ac.id
  6. Masukan NISN dan Tanggal Lahir
  7. Klik Lihat Hasil.
 
Kelulusan SNMPTN akan ditentukan berdasarkan nilai rapot dan di lakukan pemeringkatan untuk menentukan apakah lulusa atau tidak, selain dari pada yang sudah dibahas semua kriteria kelulusan SNMPTN diatur sepenuhnya oleh LTMPT.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka padat disimpulkan proses seleksi merupakan tahap terakhir harus ditunggu sebelum hasil seleksi diumumkan, pengumuman tentu dipengaruhi besar dari hasil seleksi yang telah dilakukan, ada banyak ekspresi yang akan didapat seperti senang karena lulus, sedih karena tidak lulus apapun hasilnya semua itu pasti keputusan terbaik dari tuhan untuk anda.