Cara Pendaftaran SNBP Kemdikbud TA 2025/2026


Cara Pendaftaran SNBP Kemdikbud TA 2025/2026 - Menarik sekali jika kita sudah membahas mengenai Pendaftaran SNBP, ada beberapa hal yang penting untuk kita simak secara rinci hal ini berkaitan dengan prosedur pendaftaran dan mekanisme lainnya yang ada pada situs resmi SNBP. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur undangan yang diprioritaskan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi selama sekolah.

Diharapkan siswa yang berprestasi tidak kesulitan mencari jalur masuk dan prestasi yang telah didapat dapat berguna saat masuk ke perguruan tinggi negeri, meski kenyataannya tidak semua yang akan lulus tetapi paling tidak sudah mencoba mendaftar, tahun ini Pendaftaran SNBP diklaim lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.




Hal ini sudah disampaikan pada saat peluncuran SNBP dan SNBT beberapa waktu lalu, bahkan dipublikasikan melalui situs resmi kementerian pendidikan, namun kita bukan membahas hal ini poin penting dari pembahasan kali ini adalah mekanisme pendaftaran SNBP tahun ini diharapkan proses ini dapat dilakukan dengan lebih mudah, proses singkat akan memudahkan siswa melakukan pendaftaran SNBP.

Bahkan tidak hanya Siswa saja tetapi sekolah juga akan merasakan manfaatnya poin penting dalam pelaksanaan SNBP bukan terletak pada kemudahan tetapi menjaring sebanyak-banyaknya siswa berprestasi melalui jalur ini, tahun menjadi tahun berbeda, untuk kuota pendaftaran memang sedikit menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Diharapkan antusias pendaftaran dari masing-masing sekolah tidak berkurang biasanya menurut data tahun sebelumnya pendaftaran SNBP menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan jalur lain meski sifatnya undangan, biasanya pihak sekolah akan merekomendasikan seluruh siswa yang ada disekolahnya namun tidak semua yang akan mendapatkan password terkait dengan pendaftaran tersebut.

Biasanya sekolah yang memiliki akreditasi baik lebih berani melakukan hal ini sementara sekolah yang belum begitu baik biasanya memiliki siswa agar dapat mendaftar SNBP dimana siswa yang akan didaftarkan sudah masuk kriteria terlebih dahulu, selanjutnya semua siswa yang sudah mendaftar akan mendapatkan kesempatan mengisi data pendaftaran SNBP.

Untuk lebih jelas berikut admin berikan beberapa informasi terkait dengan mekanisme pendaftaran yang bisa diikuti mulai dari awal namun sebelum sampai pada poin penting disini admin akan memberikan informasi ketentuan baik secara umum maupun secara khusus sampai dengan proses selesai untuk lebih jelas berikut informasi terkait dengan pendaftaran SNBP dikutip dari Ristek Dikti.

SNBP memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah menengah atas baik itu SMA/SMK/MA/atau MAK untuk dapat mengikuti seleksi selain itu SNBP juga memberikan kesempatan kepada SRI atau sekolah republik Indonesia yang ada di luar negeri agar bisa mengikuti seleksi SNBP melalui online, untuk sekolah yang mendaftar SNBP tidak akan dikenakan biaya pendaftaran apapun atau ditanggung pemerintah.

SNBP membuka peluang sebesar-besarnya untuk menjaring masiswa berprestasi selama agar dapat mengikuti seleksi SNBP, untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi mengenai Ketentuan umum dan ketentuan umum peserta yang bisa mengikuti seleksi untuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya.

 
Pembuatan Akun
  1. Registasi ke https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ klik menu Daftar
  2. Isi form online sesuai identitas asli.
  3. Validasi dan Finalisasi
  4. Akun Siap digunakan.
 

Pemeringkatan

  1. Pemeringkatan akan diumumkan melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Siswa/i yang dinyatakan lulus pemeringkatan dari sekolah dapat melanjutkan proses pendaftaran.
  3. Apabila tidak lulus tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran. 

Pendaftaran SNBP.

Mekanisme pendaftaran dilakukan melalui situs resmi SNBP kemudian siswa login dengan username dan password yang telah diberikan sekolah, siswa yang bisa melakukan pendaftaran hanya yang memenuhi persyaratan dan kriteria untuk lebih jelas berikut rincian mengenai Pendaftaran SNBP.
  1. Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, login menggunakan NISN dan Password untuk melakukan login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Mengisi form online berupa biodata, data keuangan, data keluarga hingga data pendidikan beserta data prestasi
  3. Memilih PTN dan Prodi yang diminati
  4. Pendaftaran pada program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti prestasi terkait yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah, menggunakan pedoman borang isian yang dapat diunduh (download) dari laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  5. Ceklist semua borang dan syarat ketentuan berlaku
  6. Verifikasi PIN dan KAP bagi peserta Beasiswa kurang mampu dari pemerintah, jika peserta biasa tidak perlu dilakukan.
  7. Kirim
  8. Review Resume pendaftaran
  9. Finalisasi
  10. Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNBP.

Pengumuman Kelulusan.
  1. Jika semua proses seleksi sudah selesai tinggal menunggu hasil dari pengumuman SNBP, melalui situs ini diharapkan dapat mengakses pengumuman SNBP, melalui situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ kemudian silahkan masukan nomor tes SNBP dan tanggal lahir setelah selesai lihat hasil. 
  2. Apapun hasilnya pasti itu yang terbaik bagi anda syukuri dan tetap sabar.

Sedikit tambahan informasi untuk sekolah yang terbukti melakukan kecurangan SNBP maka akan dikenakan sangsi berupa sekolah tersebut tidak akan bisa mengikuti pendaftaran SNBP pada tahun berikutnya, sementara bagi siswa yang terbukti melakukan kecurangan maka akan dikenakan sangsi berupa status kelulusan SNBP akan dicabut oleh panitia jadi jangan coba main-main dan melakukan kecurangan SNBP jika masih ingin sekolah tetap ikut SNBP tahun depan.

Sistem panitia SNBP setiap tahun terus bergeser ke beberapa kampus yang berbeda seperti tahun ini, maka dari itu SNBP merupakan moment yang jarang dan sangat ditunggu setiap tahun, karena seleksi ini hanya akan dilakukan satu tahun sekali apabila gagal ditahun ini siswa tidak akan memiliki kesempatan tahun berikutnya jadi manfaatkan kesempatan emas tahun ini.

Melalui seleksi ini siswa akan melakukan beberapa kompetisi terkait dengan SNBP, sekaligus menjadi yang paling bergengsi khusus jalur Undangan, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat, info yang sudah kami berikan dikutip dari situs resmi SNBP apabila terdapat seputar pertanyaan dapat menghubungi kontak yang ada pada situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/