3 Jalur Pendaftaran Online UNSIL 2021/2022

UNSIL.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online UNSIL 2021/2022 - Melalui informasi mengenai pendaftaran kampus UNSIL berikut kami berikan informasi lengkapnya. berdasarkan informasi yang telah kami kumpulkan setiap tahun UNSIL menerima mahasiswa baru dari beberapa jalur masuk yang disediakan, maka dari itu kami akan menguraikan secara rinci mengenai review cara pendaftaran UNSIL.

Universitas Siliwangi merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di siliwangi sekaligus menjadi tujuan belajar calon mahasiswa baru di beberapa wilayah indonesia agar dapat kuliah di kampus UNSIL peserta harus melakukan pendaftaran. sebelum mendaftar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan fakultas berikut kalian bisa lihat terdapat beberapa fakultas favorit yang menjadi pilihan seperti fakultas keguguran dan ilmu pendidikan, fakultas ekonomi, fakultas pertanian, fakultas teknik, fakultas agama islam, fakultas ilmu kesehatan sosial dan ilmu politik pascasarjana.

Sebelum melanjutkan informasi mengenai pendaftaran UNSIL kita sedikiit akan membahas mengenai sejarah singkat UNSIL. unsil merupakan universitas terbesar di pringan timur. universitas ini berkomitmen mengembangkan dan meningkatkan kualitas lulusannya, diantaranya melalaui pengiriman untuk studi ke jenjang S2 dan S3 atau kursus pendek.



Berikut seperti pembahasan utama kita kali ini akan membahas mengenai jalur masuk UNSIL. terdapat dua jenis jalur masuk yang bisa diikuti, pertama jalur masuk undangan, kemudian yang kedua jalur masuk trtulis untuk lebih jelas kami akan berikan informasi lengkap seputar jalur sleksi UNSIL seperti dibawah ini.



Terdapat beberapa jalur masuk yang bisa kalian ikuti diantaranya adalah jalur masuk Mandiri semua informasi terkait dengan pendaftaran jalur mandiri akan kita bahas secara lengkap, Mandiri Seleksi UNSIL merupakan sistem seleksi untuk mahasiswa baru dimana melalui ujian tertulis dan bisa dilakukan secara mandiri. Untuk pendaftaran peserta cukup membuka situs resmi pmb.unsil.ac.id kemudian melakukan pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran ikuti seleksi sampai dengan selesai.

Bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas Siliwangi, baik itu program diploma atau sarjana, bisa mencoba jalur Seleksi Mandiri yang sudah dibuka. Tata cara pendaftarannya adalah sebagai berikut.

Buat Akun

  1. Buatlah akun Anda terlebih dahulu dengan masuk ke laman resmi registrasi Universitas Siliwangi yaitu pada https://pmb.unsil.ac.id 
  2. Setelah masuk ke laman, klik tombol “Daftar” untuk memulai pendaftaran Anda
  3. Anda akan diarahkan kepada sebuah form berisi kolom-kolom yang harus Anda isi. Hal-hal yang harus Anda isi adalah nama lengkap, tanggal lahir, nomor handphone atau telepon yang aktif, alamat email, program studi yang akan Anda pilih, tahun lulus dan password. Semua kolom ini wajib untuk Anda isi jadi pastikan seluruhnya terisi lengkap.
  4.  Untuk pilihan prodi, Anda bisa memilih maksimal dua pilihan program studi. Sebagai catatan, Anda juga bebas memilih dua buah program studi pilihan meski itu masih dalam rumpun prodi yang sama. Pastikan untuk berpikir dalam sebelum Anda memilih prodi-prodi tersebut karena pilihan Anda tidak akan bisa diubah lagi segera setelah akun dibuat
  5. Bila sudah yakin dengan isian form Anda, klik tombol “Buat Akun” 
  6. Masuk ke email Anda dan klik link yang sudah dikirimkan untuk verifiasiVerifikasi email Anda. Dalam laman yang dikirimkan akan tertera Nomor Peserta dan Nama Peserta
Pembayaran
  1.  Pada laman pemberitahuan tersebut, Anda juga akan diberikan Kode Tagihan, Besar Biaya Pendaftaran, dan Jangka Waktu Pembayaran. Di sana juga akan ada ketentuan persyaratan untuk peserta yang ingin mendaftar melalui jalur KIP Kuliah dan Tahfidz. Lakukan transaksi pembayaran sesuai dengan petunjuk dalam Panduan Pembayaran. Caranya adalah klik tombol berwarna hijau bernama “Panduan Pembayaran.”
Login & Pengisian Data
  1. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, login ke akun yang sudah Anda buat dan verifikasi sebelumnya
  2. Upload foto terbaru Anda
  3. Isi data pribadi pada form yang telah disediakan. Kolom pada data pribadi yang wajib diisi adalah NIK, Nama Lengkap, dan Tempat Tanggal Lahir, yang harus sesuai dengan yang tertera pada Kartu Keluarga. Selain itu, Anda juga harus mengisi nomor handphone aktif, nomor whatsapp aktif bila beda dengan nomor handphone yang digunakan, alamat rumah, jenis kelamin, agama, hingga golongan darah. Pastikan semua kolom terisi hingga taka da lagi form yang berwarna merah.
  4. Bila yakin sudah lengkap dan benar seluruhnya, klik tombol hijau “Simpan Data” 
  5. Begitu juga dengan isi data keluarga, Anda diwajibkan mengisi semua kolom yang ada pada form hingga tidak berwarna merah. Hal-hal yang harus diisi adalah status pernikahan Ayah Ibu, jumlah tanggungan Ayah Ibu, jumlah saudara, nama Ayah Ibu, pekerjaan Ayah Ibu, penghasilan Ayah Ibu, dan pendidikan Ayah Ibu. 
  6. Apabila Ayah/ Ibu sudah meninggal, maka kolom isian tidak harus diisi. Namun meski Ibu sudah meninggal, kolom nama Ibu tetap harus diisi. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah jumlah tanggungan yang masuk ke dalam tanggungan orang tua yakni hanya anak yang berusia maksimal 21 tahun yang statusnya belum menikah.
  7. Klik tombol “Simpan Data” bila Anda sudah yakin tidak ada yang terlewatkan dalam pengisian form Data Keluarga
  8. Berikutnya, Anda harus mengisi atau mengupload dokumen pendukung hingga taka da warna merah pada form. Dokumen-dokumen yang harus diupload diantaranya adalah rapor, scan ijazah asli, SKCK dari sekolah/kepolisian, kartu keluarga, surat keterangan sehat dari dokter, surat keterangan penghasilan orang tua, foto rumah tampak depan dan ruang keluarga, foto MCK, bukti pembayaran PBB, langganan listrik, dan langganan penggunaan air serta bukti kepesertaan asuransi kesehatan calon mahasiswa baru.
  9. Klik tombol “Simpan Data” 
  10. Klik tombol “Finalisasi Data”untuk menyelesaikan proses pendaftaran Anda

Ujian & Cetak Kartu Ujian

  1. Klik tombol “Pilih Ujian”untuk memilih ujian secara otomatis
  2. Pada laman selanjutnya akan tertera Nomor Peserta dan Nama Peserta, Nomor Kursi saat ujian, Sesi Ujian serta Lokasi. Klik tombol “Cetak Kartu Peserta” yang ada di bawahnya
  3. Akhirnya kartu peserta Anda sudah siap untuk dicetak. Pada kartu peserta, selain nama, nomor kursi, nomor peserta dan nomor ujian serta jadwal ujian, juga akan tertera pilihan program studi yang sudah Anda pilih, perlengkapan yang harus Anda bawa saat ujian misalnya KTP, Kartu Tanda Peserta yang akan dicetak ini, fotokopi ijazah atau surat keterangan lulus, serta tak lupa juga pernyataan bahwa biodata yangs udah Anda isi itu sebenar-benarnya.
  4. Cetak kartu peserta Anda dan tanda tangan. Jangan lupa simpan dan bawa saat ujian.



Untuk kalian yang tertarik mengikuti seleksi dan pendaftaran jalur SNMPTN dapat membaca beberapa informasi berikut terkait dengan penerimaan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mendaftar, mereka yang bisa mendaftar hanya mereka orang-orang pilihan saja yang bisa ikut mendaftar. Tahap awal pendaftaran dilakukan sekolah kemudian setelah selesai barulah siswa bersangkutan akan mendapatkan login untuk melakukan pendaftaran pada situs www.snmptn.ac.id bagi yang tidak mendapatkan rekomendasi sangat disayangkan tidak bisa ikut pendaftar jalur ini diperuntukan utnuk yang berprestasi saja.
 
Buat Akun 
  1. Registrasi akun melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Klik menu Daftar Akun
  3. Isi Biodata secara lengkap
  4. Validasi dan Finalisasi Akun
  5. Akun siap digunakan
Pemeringkatan
  1. Pemeringkatan SNMPTN dilakukan oleh sekolah setelah data PDSS terisi semua
  2. Siswa/i yang dinyatakan lulus dapat login ke situs SNMPTN.ac.id
  3. Gunakan akun LTMPT yang sudah dibuat.
Pendaftaran 
  1. Login ke SNMPTN.ac.id atau Portal.Ltmpt.ac.id 
  2. Pilihan menu yang harus diisi adalah SNMPTN
  3. Lakukan pengisian form online seperti biodata, data keuangan, data pendidikan, dan keluarga secara lengkap.
  4. Beberapa file harus di upload seperti foto, bukti prestasi, file persyaratan.
  5. Jangan lupa Pilih PTN UNSIL dan salah satu prodi yang ada.
  6. Ceklist borang.
  7. Untuk jurusan Seni dan Olahraga wajib upload portopolio secara lengkap.
  8. Kirim Form
  9. Review Resume Pendaftaran
  10. Lakukan finalisasi.
  11. Data yang sudah di finalisasi tidak akan bisa dirubah lagi.
  12. Cetak kartu peserta SNMPTN.
Pengumuman
  1. Hasil seleksi akan diumumkan melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id
  2. Untuk akses pengumuman silahkan masukan nomor peserta dan tanggal lahir.
  3. kemudian Klik Cek Hasil.



Bagi siapa saja yang belum memiliki keberuntungan ikut dan lulus seleksi undangan jangan berkecil hati karena masih ada jalur masuk yang tidak kalah hebat seperti jalur seleksi khusus SBMPTN untuk bisa mengikuti seleksi ini kalian tidak perlu sampai harus mendapatkan rekomendasi cukup dengan melakukan pendaftaran melalui online situs resmi www.sbmptn.ac.id kemudina lakukan pendaftaran sampai dengen dengan selesai jangan lupa peserta SBMPTN akan dikenakan biaya pendaftaran sesuai ketentuan jalur seleksi ini.

Buat Akun 
  1. Pastikan mengakses Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Klik Menu Daftar
  3. Untuk yang sudah pernah ikut SNMPTN tinggal lakukan finalisasi karena data lama masih tersingkronisasi.
  4. Pilih Pembuatan Akun UTBK LTMPT
  5. Isi form online seperti nama, email. password tempat dan tanggal lahir.
  6. Kirim dan Validasi.
  7. Terakhir Finalisasi
Pendaftaran
  1. Login ke situs Portal.Ltmpt.ac.id atau SBMPTN.ac.id menggunakan akun UTBK yang sudah ada.
  2. Lakukan pengisian biodata, data keluarga, data keuangan dan data pendidikan secara lengkap.
  3. Bagi yang sudah pernah ikut jalur SNMPTN namun belum lulus dan berencana ikut jalur SBMPTN tidak perlu mengisi data dari awal, karena sebagian data sudah ada tersingkronisasi dari jalur sebelumnya, yang dibutuhkan hanya mengisi data yang masih kosong.
  4. Upload file foto sesuai dengan ukuran yang di tetapkan.
  5. Kirim form online 
Pembayaran
  1. Setelah itu akan muncul kode bayar, segera bawa ke bank BUMN terdekat untuk melakukan pembayaran.
  2. Apabila belum paham pastikan kalian membayar melalui teller bank.
  3. Simpan bukti bayar dan login kembali.
Lanjut Daftar
  1. Login kembali ke portal yang sama untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  2. Pilih PTN UNSIL dan Prodi
  3. Apabila dibutuhkan silahkan upload file persyaratan, file lainnya
  4. Pilih Jenis tes dan kelompok tes sesuai pilihan Prodi dan Fakultas.
  5. Kirim
  6. Review Resume Pendaftaran.
  7. Finalisasi
  8. Cetak Kartu Ujian UTBK
Ujian
  1. Ikuti Ujian 
  2. Cek Lokasi tes satu hari sebelum pelaksanaan.
Pengumuman
  1. Hasil Kelulusan dapat diakses melalui link Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  2. Cara cek pengumuman silahkan masukan nomor ujian UTBK dan Tanggal lahir, cek hasil.
  3. Bagi yang sudah lulus dapat melanjutkan daftar ulang
Sertifikat UTBK
  1. Sertifikat nilai UTBK dapat di download melalui portal yang sama satu hari setelah pengumuman dilaksanakan.
  2. Serfitifkat nilai UTBK ini dapat digunakan untuk mendaftar Jalur Mandiri PTN tanpa tes.
     
Semoga apa yang telah admin share dapat memberikan manfaat untuk kita semua jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran beserta cara pendaftaran UNSIL, sesuai dengan apa yang telah dibahas seoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua untuk mahasiswa baru yang berminat mengikuti seleksi UNSIL bisa melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan jalur masuk yang tersedia.

Diataranya ada 4 jalur seleksi tidak hanya seleksi biasa kalian sebagai salah satu peserta bisa mengikuti seleksi, jika semua hal ini sudah terpenuhi pendaftaran bisa dilaksanakan. Selain itu setiap jalur masuk memiliki ketentuan persyaratan masing-masing. Terima Kasih selamat mencoba.