3 Jalur Pendaftaran Online UNMUS 2021/2022

Info Penting CPNS

UNMUS.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online UNMUS 2021-2022 Pada kesempatan kali ini untuk kesekian kalinya pula kita akan mereview mengenai cara pendaftaran dan penerimaan kampus UNMUS seperti apa dan bagaimana cara melakukan pendaftaran secara keseluruhan penerimaan kampus ini memang menggunakan sistem pendaftaran secara online hal ini dinilai lebih efektif jika dibandingkan dengan pendaftaran biasa untuk itu sebagai salah satu kampus PTN yang ada wilayah Timur Indonesia kita akan membahasnya.

Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan dunia kampus terus berkembang dan mengalami peningkatan cukup pesat bahkan di Timur sendiri mengalami perkembangan yang menjadi perhatian hal ini menjadikan peluang baru bagi pendidikan yang lebih baik untuk Papua seiring dengan perkembanga tersebut kita akan menguraikan secara rinci mengenai hal tersebut tentang dunia kampus.

Untuk kali ini yang menjadi target kita adalah kampus UNMUS sebagai perguruan tinggi negeri yang memiliki beberapa fakultas seperti teknik, pendidikan dan lainnya  tentu memiliki keunggulan tersendiri bagi kalian yang berada dan dekat dengan kampus ini bisa menjadi alternatif untuk bisa kuliah dikampus ini, karena mengingat kwalitas dari perguruan tinggi negeri dan mutu pendidikan baik tidak berlebihan jika ada banyak sekali peserta ingin kuliah dikampus ini.


Secara terbuka dan berkelanjutan kampus UNMUS membuka penerimaan mahasiswa baru yang sudah kita ketahui seperti tahun sebelumnya hanya saja bagi negeri penerimaan tidak begitu gencar di promosikan karena PTN tidak mencari murid seperti swasta pada umumnya, karena perkuliahan akan tetap berjalan meski hanya dua atau tiga orang saja yang mendaftar, tetapi melihat peluang ini peserta juga tidak menyia-nyikannya.

Untuk masuk Negeri bukan perkara mudah perlu proses panjang dan seleksi ketat maka dari itu peserta harus mampu bersaing secara sehat dalam setiap seleksi, untuk itu sebelum melakukan seleksi ada beberapa tahap awal yang sangat penting dilakukan seperti pendaftaran hanya saja muncul pertanyaan baru apakah pendaftaran yang dilakukan akan sesuai dengan petunjuk, peserta juga masih banyak kebingungan maka dari itu kami disini akan menjelaskan secara singkat mengenai pendaftaran UNMUS.



Hampir setiap perguruan tinggi ternama di Indonesia mengikuti program seleksi Nasional dengan ketentuan seleksi ini hanya bisa diikuti bagi mereka yang mendapatkan rekomendasi, pengulusan siswa sepenuhnya dikembalikan pada sekolah asal peserta dimana apabila peserta yang diusulkan proses pendaftaran sudah selesai maka barulah bisa peserta yang bersangkutan pendaftar secara online. 
 
Selain itu pendaftaran ini menggunakan seleksi verifikasi nilai rapot tanpa tes tertulis beruntunglah yang berprestasi. Cara Pendaftaran dilaksanakan melalui online https://web.snmptn.ac.id sesuai ketentuan yang ada. Keuntungan dari jalur masuk ini adalah gratis biaya pendaftaran.
 
Buat Akun LTMPT
  1. lakukan pendaftaran akun LTMPT untuk mendaftar SNMPTN melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Kik daftar untuk mulai
  3. Isi form online sesuai identitas.
  4. Lakukan validasi dan finalisasi
Pemeringkatan
  1. Hasil pemeringkatan akan diumumkan melalui situs SNMPTN.ac.id
  2. Apabila dinyatakan lulus dapat melanjutkan proses pendaftaran.
  3. Sementara yang tidak lulus harus mencari jalur lain.
Pendaftaran
  1. Pendaftaran dimulai apabila calon peserta SNMPTN dinyatakan lulus pemeringkatan dan sudah memiliki akun LTMPT.
  2. Login ke SNMPTN.ac.id menggunakan user dan password yang sudah dibuat.
  3. Pilih SNMPTN, isi identitas, data keluarga, data penghasilan hingga pendidikan yang ada pada form online.
  4. Upload file foto, persyaratan, dan file bukti prestasi.
  5. Pilih PTN dan prodi yang diinginkan sesuai dengan jurusan saat sekolah.
  6. Bagi yang memilih jurusan seni atau olahraga wajib untuk upload portopolio.
  7. Setelah proses tersebut selesai bagi yang terdaftar sebagai peserta beassiwa kurang mampu SNMPTN wajib melakukan varifikasi PIN dan KAP, sedangkan bagi peserta SNMPTN biasa tidak perlu diisi.
  8. Ceklis syarat dan ketentuan.
  9. Kirim
  10. Review Resume Pendaftaran 
  11. Finalisasi
Cetak dan Pengumuman
  1. Pastikan melakukan cetak kartu peserta SNMPTN sesuai tanggal yang sudah ditentukan.
  2. Pengumuman hasil kelulusan akan dimuat melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id
  3. Bagi yang dinyatakan lulus dapat melakukan validasi berkas dan pendaftaran ulang.



SBMPTN meruakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dimana sistem seleksi ini bisa diikuti secara umum dengan menggunakan sistem seleksi tertulis para peserta yang telah mendaftar diharuskan untuk mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan sesuai jadwal, keuntungan jalur masuk ini dibuka untuk umum tanpa mempersyaratkan seperti jalur 1, peserta juga bisa melakukan pendaftaran melalui online dengan link www.sbmptn.ac.id 
 
Buat Akun
  1. Buat akun LTMPT UTBK melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Pastikan mengisi form pendaftaran sesuai identitas asli.
  3. Verifikasi dan Fianalisasi.
  4. Khusus yang sudah pernah ikut jalur SNMPTN silahkan lakukan verifikasi ulang kembali untuk ikut jalur SBMPTN.
Pendaftaran
  1. Pertama yang harus dilakukan mengujungi situs resmi SBMPTN.ac.id 
  2. Login dengan akun yang sudah ada.
  3. Isi form identitas, data keluarga, data penghasilan orang tua, hingga pendidikan.
  4. Upload foto, file persyaratan dan data pendukung lainnya.
  5. Kirim
Pembayaran
  1. Cetak Kode Bayar, dan bawa ke Bank BUMN terdekat.
  2. Khusus yang berencana memilih jurusan/prodi seni atau olahraga wajib membayar uang ujian keterampilan.
  3. Simpan Bukti Pembayaran
Login Kembali
  1. Kunjungi situs resmi SBMPTN.ac.id 
  2. Pilih PTN dan prodi bebas tidak terikat dengan jurusan waktu sekolah.
  3. Pilih kelompok, jenis tes, sesi tes.
  4. Kirim Form
  5. Review Resume Pendaftaran
  6. Finalisasi
Cetak dan Ujian
  1. Cetak Kartu ujian sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 
  2. Ikuti ujian, dan jangan lupa cek lokasi tes satu hari sebelum pelaksanaan.
Pengumuman
  1. Hasil akhir akan diumumkan melalui situs resmi Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  2. Untuk cek silahkan masukan nomor peserta dan tanggal lahir, klik lihat hasil.
  3. Jadwal Download Nilai UTBK akan diumumkan melalui web pengumuman.
  4. Nilai UTBK dapat digunakan untuk mendaftar jalur Mandiri PTN.



Jika kita mengakses situs resmi UNMUS kita sangat susah menemukan panel untuk jalur masuk Mandiri dimana yang menyelenggarakan adalah UNMUS pendaftaran ini biasanya bisa dilakukan dua cara datang ke kampus atau menunggu berita mengenai pembukaan pendaftaran secara online maka dari itu kalian harus sermat mengamati untuk pendaftaran secara online biasanya melalui situs resmi http://pmb.unmus.ac.id kemudian membuat login pendaftaran sesuai dengan ketentuan pendaftaran  yang ada sampai dengan selesai.

Bagi Anda yang berencana melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi setelah menempuh bangku SMA/ MA/ SMK/ MAK/ Sederajat, Universitas Musamus Merauke sedang membuka Seleksi Jalur Mandiri selain SNMPTN dan SBMPTN. Cara-cara serta tahap-tahap pendaftarannya adalah sebagai berikut.

Persyaratan

  1. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri Universitas Musamus Merauke terbagi menjadi dua jenis yaitu seleksi melalui prestasi akademik seperti nilai rapor serta seleksi lewat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 
  2. Peserta lulusan bisa mendaftar salah satu seleksi jalur mandiri tersebut atau bahkan kedua-duanya di Universitas Musamus (UNMUS) Merauke
  3. Peserta lulusan SMA/ MA/ SMK/ MAK/ Sederajat bisa mendaftar kuliah di Universitas Musamus Merauke dengan syarat menyiapkan scan asli Ijazah  (bagi yang sudah memiliki Ijazah) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) Sementara atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKUN) sebanyak satu lembar bagi yang baru lulus dan belum mendapatkan Ijazah. 
  4. Perlu diketahui bahwa dalam SKL atau SKHUN tersebut harus tercantum data diri, pasfoto, tanda tangan Kepala Sekolah serta cap stempel yang sah. SKL atau SKHUN ini diupload nantinya dalam format pdf
  5. Peserta yang mendaftar harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) serta Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) 
  6. Bagi yang memilih seleksi lewat prestasi akademik berdasarkan pada nilai rapor, langkah pertama yang harus dilakukan adalah registrasi akun pendaftaran terlebih dahulu. 

 

Jalur Mandiri Seleksi Rapot

Pembayaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara daring atau online melalui laman resmi portal pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri di https://pmb.unmus.ac.id
  2. Pada tampilan laman yang terbuka, klik tombol “Registrasi Akun (Seleksi Rapor)” untuk memulai proses registrasi Anda
  3. Selanjutnya, melakukan pembayaran pada Bank Mitra UNMUS Merauke yaitu Bank BNI dengan nominal sesuai yang harus di bayar ke bankPendaftaran 
Login Kembali
  1. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, masuk kembali ke laman portal pendaftaran PMB UNMUS Merauke di https://pmb.unmus.ac.id  
  2. Pada laman portal pendaftaran yang sudah terbuka tersebut, klik menu “Login Calon Mahasiswa Seleksi Rapor” yang tertera pada bagian atas samping menu “Beranda”
  3. Anda akan diarahkan masuk ke laman akun https://seleksirapor.unmus.ac.id  
  4. Lengkapi daftar identitas diri Unggah dokumen-dokumen penting Anda seperti scan fotokopi Kartu Keluarga (KK), pasfoto berwarna dengan format jpg ukuran 3 x 4 cm, dan file scan nilai rapor Anda mulai dari Semester 1 hingga Semester 5 dan Semester 6 (jikalau sudah ada) selama menempuh bangku sekolah
  5. Unggah juga Surat Keterangan Peringkat dari Sekolah Anda
  6. Pilih jurusan atau program studi yang Anda inginkan di Universitas Musamus Merauke
  7. Setelah semua data tersimpan dengan benar, laman akan menampilkan bukti pendaftaran
Cetak Kartu dan Pengumuman
  1. Cetak bukti pendaftaran tersebut
  2. Cek pengumuman kelulusan Anda pada laman web resmi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Jalur Mandiri Universitas Musamus Merauke di https://www.pmb.unmus.ac.id atau login ke akun pendaftaran Anda di https://seleksirapor.unmus.ac.id atau dapat juga di https://seleksirapor.unmus.ac.id/hasilseleksi  
 
Jalur Mandiri Tertulis
  1. Sedangkan bagi Anda yang ingin mendaftar Jalur Mandiri lewat Seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. 
  2. Masuk ke laman PMB Jalur Mandiri UNMUS Merauke di https://pmb.unmus.ac.id lalu klik tombol “Registrasi Akun (Seleksi UTBK)” 
Pembayaran
  1. Login-lah menggunakan akun pendaftaran Anda untuk mengetahui nominal tagihan biaya seleksi yang harus dibayar
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran pada Bank Mitra Universitas
  3. Dapatkan bukti pembayaran setelah melakukan pembayaran
  4. Simpan bukti pembayaran tersebut dan scan
Login Kembali
  1. Masuk kembali ke laman portal pendaftaran di https://pmb.unmus.ac.id 
  2. Klik menu “Login Calon Mahasiswa Seleksi UTBK”
  3. Anda akan diarahkan masuk ke laman akun pendaftaran di https://seleksiutbk.unmus.ac.id dan klik “Login” 
  4. Unggah bukti pembayaran Anda tersebut
  5. Masukkan informasi data diri Anda dengan benar dan tepat sesuai dengan aslinya
  6. Pilih jurusan atau program studi yang Anda inginkan di UNMUS Merauke maksimal dua buah. Namun, ingat bahwa prodi yang Anda pilih harus sesuai dengan bidang ilmu Anda saat menempuh bangku sekolah
  7. Tempatkan urutan pilihan prodi atau jurusan Anda dengan benar karena urutan akan menentukan prioritas. Artinya, pilihan prodi pertama Anda akan lebih dulu diprioritaskan daripada pilihan prodi kedua Anda oleh Universitas
  8. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen-dokumen penting yang diminta sistem, diantaranya fotokopi Kartu Keluarga (KK) dalam bentuk soft-file, pasfoto berwarna, serta berkas-berkas penting lainnya
  9. Sekarang laman akan menampilkan kartu ujian Anda

Cetak Kartu dan Pengumuman

  1. Cetak Kartu Ujian Tulis Berbasis Komputer Anda tersebut
  2. Bawa saat Anda akan mengikuti Seleksi Mandiri Jalur UTBK. Informasi terkait waktu dan tempat akan tercantum pada kartu
  3. Cek pengumuman kelulusan Anda pada laman https://pmb.unmus.ac.id atau di website https://www.unmus.ac.id

Semua informasi pendaftaran sudah kami rangkum apabila ada masukan kritik dan saran kepada kami sekiranya dapat disampaikan melalui beberapa informasi seperti kolom saran dan lain sebagainya untuk itu kita harus mendukung dan mengikuti semua kebijakan pendaftaran, tahun ini pendaftaran unmus dibuka sesuai dengan fakultas yang ada dikampus ini.

Nah admin harapan penjelasan singkat mengenai Review pendaftaran diatas dapat membantu anda dalam melakukan pendaftaran demikian apa yang telah kami berikan, dari uraian yang telah dijelaskan mengenai pendaftaran diatas tentu kita dapat menyimpulkan cara cepat dalam mendaftar kini tiba yang ditunggu praktek dalam pendaftaran dan selamat mencoba.