3 Cara Pendaftaran Online UNCEN 2021-2022

UNCEN.ac.id - 3 Cara Pendaftaran Online UNCEN 2021-2022. Info sebagai pembukaan kita akan membahas sedikit mengenai kampus ini, berdasarkan jenis dan pendaftaran yang tersedia dikampus ini. UNCEN merupakan singkatan dari Universitas Cendrawasih dimana ada banyak sekali keunggulan kampus ini seperti UNIPA kampus ini memiliki fakultas kedokteran yang diunggulkan dan dibanggakan, seperti kita ketahuai peserta kedokteran cukup tinggi setiap tahunnya untuk itu kita akan membahas apa yang dibutuhkan sebagai pelengkap pendaftaran.

Sebagai salah satu kampus negeri yang ada di wilayah Timur Indonesia UNCEN memiliki kebijakan tersediri dan menaati aturan yang ada sebagai salah satu kampus terbaik yang ada di WIlayah Timur khususnya Papua UNCEN banyak menjadi percontohan bagi kampus-kampus yang ada diwilayah tersebut, tidak menutup kemungkian juga peserta diluar Papua ingin mengikuti pendaftaran di kampus ini.

Karena sudah banyak bukti bahwa UNCEN tidak hanya membuka jalur masuk untuk lokal saja tetapi juga secara Nasional siapa saja yang dianggap mampu dapat melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan yang ada, maka dari itu untuk bisa melakukan pendaftaran tentu kita harus mengikuti cara mendaftar agar bisa melakukan dengan benar, hal inilah yang menjadi pertanyaan dari semua orang mengenai Cara pendaftaran.



Karena Pendaftaran adalah modal utama agar bisa kuliah dikampus ini, Kedokteran salah satu fakutlas yang paling banyak diminati di UNCEN, tentu tidak heran kalau yang diprioritaskan adalah kampus ini, UNCEN juga memperhatikan beberapa hal terkait degan masyarakat sekitar karena penduduk asli disana diprioritaskan untuk dapat menempuh pendidikan perguruan tinggi. Nah secara keseluruhan ada beberapa jalur masuk yang bisa diikuti oleh peserta.

Seperti kita ketahui setiap perguruan tinggi negeri memiliki ketentuan pendaftaran yang sesuai seperti seleksi undangan nasional dan bersama tertulis serta beberapa seleksi lainnya untuk itu kita akan bahas secara rinci mengenai hal tersebut apa saja dan untuk siapa seleksi itu ditujukan bagi kalian yang ingin mendaftar dapat melakukan melalui berbagai metode pendaftaran hanya saja bagi yang belum tahu kami akan memberikan infomarsi secara singkat padat dan jelas.


1. Jalur Masuk SNMPTN UNCEN.

Meski sudah sering dibahas dan cukup terkenal, rasanya belum lengkap apabila kita tidak membahas secara keseluruhan dari apa yang ada setidaknya ini adalah SNMPTN veris UNCEN dimana seleksi ini memiliki kesamaan dengan seleksi Nasional pada umumnya, karena persyaratan juga sama harus mendapatkan rekomendasi sekolah asal kemudian baru bisa mendaftar, untuk informasi pendaftaran dapat diakses melaluis itu resmi http://web.snmptn.ac.id tanpa harus membayar uang pendaftaran alias gratis.
 
Registrasi Akun LTMPT
  1. Buat akun LTMPT SNMPTN melalui Portal.Ltmpt.ac.id 
  2. klik menu daftar disini untuk memulai.
  3. Lakukan pengisian form online sesuai identitas asli.
  4. Validasi dan Finalisasi
Pemeringkatan
  1. Proses ini akan dilakukan setelah semua data peserta diinput, dan akan ditetapkan oleh sekolah siapa saja yang layak dan memenuhi syarat.
  2. Login ke situs SNMPTN.ac.id untuk cek hasil pemeringkatan.
  3. Bagi yang lulus bisa lanjut mendaftar.
Pendaftaran
  1. Setelah dinyatakan lulus pemeringkatan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah login ke situs resmi SNMPTN.ac.id menggunakan akun LTMPT.
  2. Lakukan pengisian data diri, data keluarga, data penghasilan hingga data prestasi.
  3. Pastikan semua data benar sesuai dengan dokumen asli.
  4. Upload foto, file persyaratan, dan bukti prestasi.
  5. Pilih PTN dan prodi
  6. Khusus yang memilih jurusan seni atau olahraga wajib upload portopolio.
  7. Bagi yang terdaftar peserta beasiswa kurang mampu dari pemerintah silahkan lakukan validasi dengan memasukan PIN dan KAP yang sudah didapat.
  8. Khusus peserta biasa tidak perlu mengisi atau dilewatkan saja langkah ini.
  9. Kirim
  10. Review Resume Pendaftaran 
  11. Finalisasi.
Cetak dan Pengumuman
  1. Untuk cetak kartu peserta dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  2. Hasil akhir akan diumumkan melalui Pengumuman.SNMPTN.ac.id

 

2. Jalur Masuk SBMPTN UNCEN.

SBMPTN merupakan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dimana kampus ini memiliki berbagai keunggulan yang ada dari beberapa informasi yang telah dirangkum seleksi ini bisa diikuti oleh siapa saja lulusan 3 tahun terakhir terhitung dari tahun ini, kemudian seleksi yang digunakan melalui tertulis. Untuk cara pendaftaran silahkan akses situs resmi pendaftaran.SBMPTN.ac.id kemudian anda hurus melakukan login 1 membayar biaya pendaftaran login 2 dan selesaikan. 
 
Pembuatan Akun LTMPT UTBK
  1. Kunjungi situs resmi Portal.Ltmpt.ac.id
  2. klik daftar disini untuk mendaftar.
  3. Isi form online sesuai identitas.
  4. Khusus yang sudah pernah ikut jalur SNMPTN dan berencana ikut jalur ini kembali silahkan lakukan validasi ulang dan finalisasi.
  5. Pilih menu akun UTBk.
  6. Setelah akun siap digunakan silahkan mendaftar. 
Pendaftaran
  1. Proses pendaftaran diawali dengan login ke SBMPTN.ac.id isi user dan password yang sudah dibuat.
  2. Lakukan pemilihan menu UTBK, isi identitas, data keluarga, data keuangan dan data pendidikan lengkap.
  3. Upload file yang dibutuhkan seperti foto, persyaratan dan lainnya.
  4. Ceklist borang.
  5. Kirim
Pembayaran
  1. Setelah itu akan muncul kode bayar bawa ke bank BUMN terdekat melakukan pembayaran.
  2. Khusus yang berencana mau memilih jurusan olaharaga atau seni wajib membayar uang tambahan tes keterampilan.
  3. Simpan Bukti Bayar.
Login Kembali
  1. Login ke situs SBMPTN.ac.id kembali untuk menyelesaikan proses pendaftaran UTBK.
  2. Pilih PTN dan prodi yang diminati sesuai keinginan rata-rata bisa memilih 2-3 pilihan.
  3. Pilih jenis tes, kelompok dan sesi tes yang akan diikuti
  4. Ceklist syarat dan ketentuan.
  5. Kirim
  6. Review Resume Pendaftaran UTBK.
  7. Finalisasi
Cetak Dan Ujain
  1. Cetak kartu ujian UTBK sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  2. Ikuti tes, jangan lupa untuk melakukan pengecekan lokasi minimal H-1 atau 1 jam sebelum pelaksanaan tes berlangsung.
Pengumuman
  1. Hasil kelulusan Ujian SBMPTN akan diumumkan melalui Pengumuman.SBMPTN.ac.id 
  2. Sementara untuk mendownload nilai UTBK dapat dilakukan satu hari setelah pengumuman.
  3. Nantinya nilai UTBK dapat digunakan juga untuk syarat mendaftar jalur Mandiri PTN. 


3. Jalur Masuk Mandiri Seleksi UNCEN.

Setiap perguruan tinggi negeri memiliki kebijakan seleksi untuk mandiri yang diatur untuk memberikan peluang bagi yang belum mencoba dan tidak lulus agar masih bisa kuliah dikampus hanya saja persentase kelulusan memang lebih kecil dari segi kuota, setidaknya hanya beberapa peresen saja tetapi lumayan menjadi peluang yang tidak boleh dilewatkan untuk seleksi ini menggunakan tertulis. Cara Pendaftaran Mandiri Seleksi dapat diakses melalui situs resmi www.uncen.ac.id kemudian ikuti pendaftaran sampai selesai.

Selain jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Bidikmisi, Anda juga bisa mencoba Jalur Mandiri Seleksi Bersama (JMSB) untuk menjadi mahasiswa baru Universitas Cenderawasih (UNCEN). Apa saja syarat dan tata cara pendaftarannya? Informasi selengkapnya dijelaskan di bawah ini.

Pendaftaran

  1. Masuk ke laman resmi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Cenderawasih secara daring atau online di https://pmb.uncen.ac.id 
  2. Buat akun pendaftaran Anda dengan klik tulisan kecil “Daftar” yang terletak pada bagian kanan di bawah tombol “Login” 
  3. Anda akan diarahkan ke formulir atau borang pendaftaran yang kolomnya harus diisi. Beberapa hal yang harus diisi adalah Nama Lengkap sesuai dengan ijazah terakhir, Nomor Handphone/ Telepon, Alamat Email yang masih aktif, Jalur Masuk Anda, Gelombang, dan Kelompok Ujian
  4. Ketik Kode Verifikasi yang tampil pada laman, lalu centang pada kotak Konfirmasi yang menyatakan bahwa semua data yang Anda masukkan benar adanya. Ingat bahwa data yang Anda isi haruslah tepat dan sesuai dengan aslinya karena apabila data sudah dimasukkan maka tidak akan bisa diedit lagi dikemudian hari 
  5. Klik tombol “Daftar” untuk mulai membuat akun pendaftaran Anda
  6. Laman akan menampilkan Kartu Pendaftaran Anda. Cetak Kartu Pendaftaran tersebut
Pembayaran
  1. Simpan baik-baik kartu pendaftaran Anda. Ada beberapa informasi penting di dalamnya yang Anda perlukan nantinya misalnya saja Kode Booking, Password, dan Nomor Virtual Account Anda. 
  2. Jikalau tidak memungkinkan bagi Anda untuk mencetak kartu pendaftaran tersebut, maka setidaknya catat informasi-informasi yang tertera di dalamnya pada buku Anda secara manual karena akan sangat diperlukan untuk proses pendaftaran selanjutnya 
  3. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran. 
  4. Anda bisa membayarnya ke Bank BNI yang menjadi Bank Mitra Universitas Cenderawasih. Bila Anda ingin mengetahui petunjuk lebih jelas terkait bagaimana cara membayarnya, Anda bisa mendownload Panduan Pembayaran di laman https://pmb.uncen.ac.id lalu klik “Download File”pada kanan bawah laman dalam menu “Panduan Pembayaran Virtual Account BNI 46 
  5. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran dari pihak Bank. Simpan baik-baik bukti tersebut

Lanjut Mendaftar

  1. Sekarang Anda harus masuk kembali ke laman https://pmb.uncen.ac.id 
  2. Login menggunakan informasi-informasi yang sudah Anda dapatkan sebelumnya misalnya Kode Booking, Nomor Pendaftaran, serta Password 
  3. Isi kolom-kolom tersebut dengan tepat dan benar
  4. Segera setelah laman tampilan pendaftaran terbuka, Anda wajib mengisi data-data Anda di sana dengan lengkap dan benar
  5. Data-data yang dimaksud adalah informasi data diri misalnya nama lengkap, jenis kelamin, alamat, tempat tanggal lahir, NIK, dan lain-lain, lalu data orang tua, data wali (jika ada), serta data penting lainnya misalnya informasi pendidikan Anda sebelumnya.
  6. Setelah semua kolom diisi dengan benar dan lengkap, verifikasi data pendaftaran online Anda 
  7. Laman portal pendaftaran akan menampilkan Kartu Peserta Ujian Anda. Cetak kartu tersebut dan simpan baik-baik sambil menunggu ujian seleksi jalur mandiri dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Cenderawasih
  8. Sering-seringlah melihat laman website resmi Universitas di https://www.uncen.ac.id agar Anda tidak ketinggalan informasi penting terkait seleksi ini

Pengumuman

  1. Cek pengumuman kelulusan Anda pada laman website resmi Universitas di https://www.uncen.ac.id atau langsung saja ke laman portal pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Cenderawasih (UNCEN) di https://pmb.uncen.ac.id
  2. Klik menu “Pengumuman” yang ada pada bagian atas laman maka Anda akan diarahkan pada tampilan laman yang menunjukkan tiap jalur masuk ke UNCEN. 
  3. Pada kolom Nomor Tes, masukkan nomor tes Anda dan klik tombol “Lihat Hasil


Dari beberapa jalur yang tersedia setahu kami sebagai penyedia review pendaftaran hanya ada jalur masuk ini jika kalian menginginkan informasi mengenai jalur lainnya yang belum tertulis dapat langsung menyakan jalur kepada pihak kampus, atau bisa mengeceknya melalui situs resmi www.uncen.ac.id secara online, apa yang telah diberikan semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran.

Untuk mengingnkan lulus kalian harus ikuti semua ketentuan dari jalur masuk yang tersedia sebut saja seperti Undangan melalui tahapan verifikasi, kemudian tertulis melalui tahapan seleksi dan masih banyak lain, siapa saja bisa mendaftar asal memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang ada untuk itu sekian dulu dari saya semoga dapat memberikan manfaat terima kasih salam suskes untuk kita semua selamat mencoba.