3 Jalur Pendaftaran Online UNEJ 2021/2022

UNEJ.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online UNEJ 2021/2022 - Universitas Jember merupakan perguruan tinggi negeri yang ada di Jember salah satu daerah yang terus berkembang, kampus ini juga banyak memiliki fakultas sesuai dengan apa yang telah dijelaskan, paling populer dan menjadi tujuan belajar siswa adalah Fakultas Kedoketeran dan Kedokteran Gigi dalam dua fakultas ini sangat disayangkan jika kalian tidak mengikuti seleksinya.

Sesuai dengan ketentuan yang ada jika kampus ini memang memiliki berbagai ragam informasi terkait dengan penerimaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku jika melihat dari senis penerimaan yang sudah ada terdapat jalur masuk yang diprioritaskan untuk siswa baik berprestasi maupun jalur umum, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagai salah satu kampus negeri UNEJ menjadi tujuan belajar mahasiswa yang ada dilingkungan kampus ini jika kalian perhatikan beberapa hal terkait dengan penerimaan ini maka setidaknya ada dua jenis jalur masuk yang bisa diikuti seperti jalur umum dan jalur khusus, perguruan tinggi negeri memiliki jalur masuk wajib seperti SNMPTN dan SBMPTN.



Jika kita rincikan penerimaan pendaftaran yang bisa diikuti seperti kita ketahui bahwa penerimaan jalur masuk akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru, setiap tahun setiap perguruan tinggi membuka jalur masuk, mulai dari Nasional, Bersama, Sampai dengan Mandiri serta jalur masuk lainnya. Untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini secara rinci.




Mandiri seleksi merupakan salah satu jalur wajib lokal yang dilaksanakan oleh kampus secara Mandiri tanpa melibatkan pihak luar seperti jalur umum, keuntungan jalur masuk mandiri adalah memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk bisa lulus seleksi selain itu peluang untuk lulus jalur ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan penerimaan jalur umum. Pendaftaran dilaksanakan melalui www.unej.ac.id kemudian untuk melakukan pendaftaran bisa melalui situs resmi tersebut hanya saja ada biaya pendaftaran yang harus dibayar oleh peserta.
 

Bagi Anda yang ingin masuk Universitas Jember, Anda dapat mencoba mendaftar melalui Jalur Mandiri atau yang lebih dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) 2020. seleksi ini akan bekerjasama dengan beberapa PTS lain yang ada di wilayah Besuki Raya. Jadi, siapapun pendaftar SBMPTBR dapat memilih prodi-prodi di Universitas Jember sekaligus prodi di PTS yang ikut serta. Bagi Anda yang tertarik, bisa langsung menyimak tahap-tahap pendaftarannya seperti berikut ini.

  1. Pendaftaran online (daring) SBMPTBR dibuka pada laman https://sbmptbr.unej.ac.id/. Syarat peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat atau Paket C 3 tahun terakhir, kecuali pelamar beasiswa KIP-K
  2. Pada laman SBMPTBR tersebut, pilih menu “Pendaftaran”
  3. Isikan data Anda secara lengkap mulai dari Nama Lengkap (sesuai ijazah), Nomor Induk Kependudukan (NIK), Jenis Kelamin, Kabupaten/Kota tempat tinggal, Jurusan yang diambil saat di SMA/MA/SMK, Kelompok Ujian atau Prodi Pilihan (Saintek atau Soshum), serta Tanggal Lahir (sesuai KTP)
  4. Klik tombol “Pendaftaran” 
  5. Setelah pengisian data lengkap, Anda akan mendapatkan Lembar Informasi Pembayaran SBMPTBR  yang mencantumkan Nama Anda, NIK, Tanggal Lahir, Jurusan saat di SMA/MA/SMK, Kelompok Ujian Anda, hingga yang paling penting Kode Akses Pendaftaran (KAP) serta Nomor PIN. Pada lembar informasi tersebut juga akan tertera nominal biaya pendaftaran yang harus Anda bayarkan di bank yang telah ditentukan yaitu Bank Mandiri dengan tipe/ kode pembayaran “3”
  6. Cetak Lembar Informasi Pembayaran yang mencantumkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Nomor PIN Anda sebanyak 2 lembar. Lembar pertama disimpan untuk Anda, dan lembar kedua untuk Bank. 

Pembayaran 

  1. Lakukan transaksi pembayaran SBMPTBR ke bank Mandiri dengan membawa nominal biaya pendaftaran seperti yang sudah disebutkan dalam Lembar Informasi Pembayaran dengan menyebutkan KAP dan kode pembayaran “3”

 Login & Lengkapi Form

  1. Setelah menyelesaikan pembayaran, klik menu “Login”pada laman https://sbmptbr.unej.ac.id dengan memasukkan KAP sebagai username Anda dan PIN sebagai password Anda
  2. Siapkan pasfoto terbaru dan berwarna Anda (dalam format *jpg atau *png) dengan ukuran resolusi hingga 600 x 400 dan maksimal ukuran file 100Kb
  3. Langkah pertama yang harus Anda isi pada laman pendaftaran adalah biodata diri Anda yang benar (sesuai aslinya) dan lengkap mulai dari Nama Lengkap, Jenis Kelamin, NIK, Tanggal Lahir, Kelompok Uji/ Prodi Pilihan, Nomor Peserta UTBK SBMPTN (jika ada), Pilihan Jenis Ujian Anda apakah Anda akan mengikuti ujian SBMPTBR atau tidak mengikuti ujian SBMPTBR namun memakai nilai UTBK SBMPTN yang sudah didapatkan, Lokasi Ujian (bagi yang memilih mengikuti ujian SBMPTBR), Sesi Ujian Anda (bagi yang memilih mengikuti ujian SBMPTBR), Alamat Tinggal, Nomor Handphone, Nomor Handphone Orang Tua, dan Foto Diri (Pasfoto)
  4. Klik centang pada pernyataan bahwa data yang sudah Anda isi itu benar
  5. Klik tombol “Simpan & Lanjutkan” 
  6. Langkah kedua pada menu “Asal Sekolah”, isilah data pendidikan Anda dengan lengkap dan menyeluruh diantaranya Provinsi dan Kota tempat sekolah berada, Nama Sekolah, Tahun Lulus, dan Sumber Biaya saat sekolah apakah dari Orang Tua, Beasiswa atau Lain-lain
  7. Klik tombol “Simpan & Lanjutkan”jika Anda sudah yakin mengisi data sekolah Anda dengan benar dan lengkap
  8. Langkah ketiga pada menu “Prestasi dan Talenta”, Anda akan dihadapkan dengan pernyataan “Apakah Anda Mempunyai Prestasi”. Bila ada, klik Ya. Begitu pula sebaliknya. Bila ada, isilah tingkat prestasi/ lomba yang pernah Anda ikuti apakah itu tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional. Tulis deskripsinya pada kolom isian dibawahnya misalnya lomba apa yang Anda ikuti dan menangkan itu. Prestasi yang dimaksud dalam hal ini bisa apa saja baik itu prestasi bidang akademik, seni, olahraga hingga keagamaan. Upload piagam/ sertifikat bukti lomba/ kejuaraan Anda dalam bentuk pindaian (scanan) dengan ukuran maksimal 500Kb. Klik “ya” bila Anda memiliki talenta. Lalu “Simpan & Lanjutkan” 
  9. Pada langkah keempat dalam menu “Pilihan Program Studi”, pilih universitas, prodi, serta SPI Anda. Pilihan ini bisa sampai lima pilihan. Klik “Simpan & Lanjutkan” bila Anda sudah selesai memilih
  10. Kini pada laman pendaftaran, akan tampil preview semua data Anda mulai dari isian langkah pertama hingga keempat. Setelah Anda yakin bahwa semua data sudah tertera lengkap, klik “Cetak Kartu” pada menu Cetak Kartu Peserta
  11. Kartu Peserta Anda pun sudah siap cetak. Simpan, unduh file Kartu Peserta atau Anda juga bisa langsung mencetak jikalau misalnya sudah terhubung dengan mesin pencetak (printer)
 Ujian
  1. Simpan baik-baik Kartu Peserta yang sudah tercetak tersebut dan bawa saat ujian berlangsung
  2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTBR  dalam dua sesi setiap harinya
Pengumuman
  1. Pengumuman hasil seleksi SBMPTBR dapat langsung dicek pada laman https://sbmptbr.unej.ac.id//




Untuk jalur seleksi satu ini sebenarnya tidak perlu dipertanyakan lagi karena seleksi yang bisa diikuti melalui jalur masuk ini sudah sangat populer hanya saja untuk melengkapi review kali ini ada baiknya kita juga membahas jalur SNMPTN dimana merupakan jalur undangan untuk mahasiswa baru diprioritaskan bagi yang berprestasi usulan dilakukan sepenuhnya oleh sekolah setelah mendapatkan login baru siswa bisa melakukan pendaftaran melalui www.snmptn.ac.id
  • Buat akun terlebih dahulu melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  • klik daftar, langkah selanjutnya yang harus dilakukan mengisi form online seperti Biodata, dan lainnya.
  • apabila sudah lakukan validasi dan finalisasi akun.
  • Bagi yang dinyatakan lulus pemeringkatan dapat langsung login ke situs SNMPTN.ac.id untuk mulai mendaftar.
  • Isi identitas diri, data keluarga, data penghasilan orang tua, dan data pendidikan termasuk prestasi yang pernah di dapat.
  • Jangan lupa upload pas foto, persyaratan dan bukti prestasi.
  • Pengecualian bagi yang memilih jurusan olahraga dan seni wajib upload portopolio.
  • Isi Borang dan selesaikan proses pendaftaran.
  • Pilih UNEJ dan Prodi yang diinginkan.
  • Review Resume Pendaftaran
  • Lakukan finalisasi
  • Download dan Cetak Kartu Peserta SNMPTN.
  • Pengumuman akan dimuat melalui link Pengumuman.SNMPTN.ac.id



SBMPTN merupakan jalur masuk untuk perguruan tinggi negeri terutama bagi mahasiswa yang ingin melakukan pendaftaran dapat melakukan pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka dari itu untuk bisa mendaftar siswa harus mendaftarkan diri secara perseorangan melalui situs www.sbmptn.ac.id kemudian login 1 untuk cetak pembayaran, kemudian lakukan pembayaran, selanjutnya login 2 untuk menyelesaikan pendaftaran.

  • Proses pendaftaran diawali dengan Pembuatan Portal.Ltmpt.ac.id
  • Klik menu daftar 
  • Setelah itu isi biodata lengkap
  • Validasi dan Finalisasi
  • Login ke SBMPTN.ac.id isi biodata, data pendidikan, data keuangan dan lainnya.
  • Pastikan semua terisi dengan benar, upload file dokumen persyaratan, pas foto dan dokumen penunjang lainnya.
  • Isi borang.
  • Upload portopolio (khusus yang memilih prodi olahraga dan seni)
  • Kirim
  • Cetak bukti pembayaran
  • Bawa ke Bank BUMN bayar, dan simpan bukti pembayaran.
  • Login kembali ke SBMPTN.ac.id untuk menyelesaikan proses pendaftaran.
  • Pilih PTN UNEJ dan Prodi yang diinginkan.
  • Pilih jenis kelompok tes sesuai dengan jurusan yang dipilih, lakukan entri.
  • Apabila sudah selesai akan muncul resume pendaftaran
  • Finalisasi
  • Akan muncul jadwal lengkap yang tertera pada kartu peserta ujian UTBK.
  • Download dan Cetak
  • Simpan Kartu Ujian UTBK
  • Ikuti tes
  • Hasil akhir akan diumumkan melalui link Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  • Download dan cetak sertifikat UTBK satu hari setelah pengumuman dilaksanakan. 
 
Dari beberapa jalur masuk yang telah disebutkan tadi maka dapat disimpulakn penerimaan mahasiswa baru dilaksanakn melalui 3 jalur masuk, diantara ketiga jalur tersebut terdapat dua jenis undangan dan tertulis untuk bisa memiliki dari salah satu jalur masuk yang ada para peserta hendaknya dapat memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang ada.

Silahkan ikuti pendaftaran kemudian mendaftar jalur seleksi sesuai dengan ketentuan yang ada diharapkan verifikasi pendaftaran melalui situs resmi dari jalur masuk yang dipilih sebagai peserta bidik misi untuk selebihnya mengikuti persyaratan dari jalur masuk yang ada demikianlah informasi yang dapat diberikan semoga bisa memberikan manfaat terima kasih salam sukses untuk kita semua sampai jumpa.