Cara Pendaftaran Online PPDB Temanggung 2024/2025


https://ppdb.temanggungkab.go.id/ - Cara Pendaftaran Online PPDB Temanggung 2024/2025 - Bagi Anda para orang tua/wali yang sebentar lagi putera dan puterinya akan segera melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Anda dapat memanfaatkan sistem pendaftaran siswa baru secara online yang sudah disediakan oleh Dinas Pendidikan. 

Sistem pendaftaran siswa baru dengan sistem online ini disebut dengan pendaftaran PPDB Online Temanggung. Sistem pendaftaran siswa baru online ini dibuat dengan mengelompokkan sistem pendaftaran beradasarkan daerah kota maupun kabupaten di seluruh Indonesia, termasuk Temanggung. Melalui pendafataran PPDb Online Temanggung ini, orang tua/wali dan siswa dapat mengakses beberapa informasi seputar pendaftaran siswa baru, antara lain:



  1. Orang tua siswa/wali dan siswa yang bersangkutan dapat mengetahui informasi mengenai profil sekolah-sekolah yang ada di seluruh Temanggung baik negeri maupun swasta, sehingga orang tua/wali dan siswa dapat menyesuaikan dengan minat siswa.
  2. Orang tua/wali dan siswa dapat mengetahui secara menyeluruh informasi mengenai syarat pendaftaran, alur pendaftaran, proses seleksi dan hasil seleksi.
  3. Proses dan hasil seleksi dapat diketahui secara transparan oleh orang tua/wali dan siswa.
  4. Orang tua/wali dan siswa dapat memperoleh informasi tambahan mengenai berbagai komunitas, pengetahuan umum, berita dan lain-lain melalui situs pendaftaran PPDB Online Temanggung.

Dengan adanya sistem pendafataran PPDB Online ini, tentu saja ada banyak keuntungan yang diperoleh baik oleh orang tua/wali, siswa maupun pihak sekolah. Dahulu, ketika pendaftaran siswa baru masih menggunakan sistem manual, sekolah begitu kerepotan dan kewalahan dalam menangani proses pendafataran. Hal ini karena sumber daya manusia yang dimiliki sekolah sering kali tidak sebanding dengan banyaknya calon siswa baru yang mendaftar. 

Selain itu, banyaknya berkas yang menumpuk menjadikan proses pendaftaran menjadi tidak efektif dan efisien. Saat ini dengan penggunaan teknologi dalam proses pendaftaran siswa baru, maka proses pendaftaran dan seleksi dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh baik oleh pihak orang tua/wali, siswa dan pihak sekolah dalam menggunakan sistem pendaftaran PPDB Online.

Jalur PPDB Temanggung
  1. Jalur Reguler, 
  2. Jalur Bina Lingkungan, 
  3. Jalur Anak PTK, 
  4. Jalur Siswa Miskin
Semua peserta yang mendaftar dapat mengikuti ketentuan PPDB sesuai dengan jalur masuk yang disiapkan untuk itu kami akan memberikan rangkaian beberapa informasi menegnai ketentuan lanjutan apabila peserta sudah memilih salah satu jalur masuk yang sudah disiapkan melalui PPDB Online adapun rangkaian keuntungan yang bisa diperoleh sebagai berikut :

1. Keuntungan yang diperoleh oleh orang tua/wali :
  1. Orang tua/wali dapat memperoleh berbagai informasi mengenai sekolah-sekolah yang ingin dituju seperti profil sekolah, prestasi, tenaga pengajar, ekstrakurikuler, fasilitas, dan lain-lain melalui website sekolah yang sudah terdapat pada situs pendaftaran PPDB Online.
  2. Orang tua/wali dapat memperoleh informasi seputar pendaftaran seperti syarat-syarat pendaftaran.
  3. Orang tua/wali dapat melngetahui proses seleksi yang sedang berlangsung.
  4. Orang tua/wali dapat memperoleh informasi yang transparan dan meminimalisir praktik KKN.
  5. Orang tua/wali dapat mengakses bebagai informasi tersebut melalui gadget dimana saja dan kapan saja selama 24 jam.
  6. Sistem ini dapat digunakan dengan mudah tanpa proses instal.
  7. Sistem ini dapat memperbaharui dirinya sendiri secara mandiri menyesuaikan dengan teknologi terbaru.
  8. Sistem ini memungkinkan orang tua/wali dan siswa untuk melek teknologi dan menikmati pemanfaatn teknologi.

2. Keuntungan yang diperoleh oleh pihak sekolah :
  1. Pihak sekolah tidak perlu merasa kewalahan dengan keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki untuk mengelola semua berkas, karena berkas yang masuk dapat dikelola melalui komputer.
  2. Pihak sekolah tidak memerlukan ruangan yang luas untuk mengelola berkas pendaftaran, karena semua berkas pendaftaran telah tersimpan secara online.
  3. Proses seleksi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih efisien serta mengurangi terjadinya kesalahan karena dilakukan dengan menggunakan sistem komputer.
  4. Pihak sekolah dapat mempromosikan sekolah melalui website yang sudah diberikan secara Cuma-Cuma yang dapat diakses melalui situs pendaftran PPDB Online dengan mencantumkan berbagai informasi mengenai sekolah seperti profil sekolah, tenaga pengajar, prestasi, fasilitas, dan lain-lain.
  5. Data para calon siswa dapat disinergikan antara pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan.
  6. Pihak sekolah dapat meminimalisir praktik KKN karena proses dan hasil seleksi dilakukan dengan sistem komputer yang akurat dan transparan.

Sementara itu, bagi Anda para orang tua di Temanggung yang akan mendaftarkan putera puterinya dengan sistem online ini, ada berbagai konten yang dapat Anda lihat di website pendaftaran PPDN Online Temanggung, antara lain :
  1. Dalam situs PPDB Online Temanggung ini menggunakan sistem real time online yang memungkinkan sistem seleksi dilakukan dengan sistem otomasi yang meliputi tahap pendaftaran, seleksi, dan pengumuman selekse yang dapat diakses dan dilihat secara online.
  2. Tedapat konten web sekolah-sekolah sehingga profil seputar sekolah dapat diketahui.
  3. Situs ini menyediakan aplikasi SIAP Online yang memudahkan pihak sekolah, orang tua/wali dan siswa untuk mengakses informasi dengan efektif dan efisien.
Untuk dapat mengakses situs pendaftaran PPDB Online Temanggung, maka orang tua/wali, siswa dan pihak sekolah dapat menggunakan id dan password yang sudah dimiliki. Dengan penggunaan password dan id ini, maka kemanan informasi lebih terjamin. Sistem pendaftaran siswa baru secara online ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan pendidikan bagi semua rakyat tanpa melihat kelas sosial dan jabatan karena pihak sekolah dan orang tua/wali tidak diberikan akses bertemu secara langsung dalam hal pendaftaran. 

Keputusan penerimaan seleksi telah diatur dengan ketat dan meminimalisir campur tangan dari pihak luar karena menggunakan sistem komputer yang transparan. Selain itu, persaingan antara orang tua/wali akan lebih sehat dengan mengandalkan semata-mata pada kemampuan siswa dan pencapaian siswa yang sudah diperoleh selama menempuh pendidikan sebelumnya.

Pendaftaran PPDB Online Temanggung ini juga memungkinkan pada semua sekolah untuk dapat terekspos di media sehingga penerimaan siswa baru dapat berlangsung secara merata. Info Pendaftaran PPDB Temanggung silahkan kunjungi situs resmi https://ppdb.temanggungkab.go.id kemudian untuk laporan hasil kelulusan dapat diakses melalui pengumuman hasil kelulusan PPDB Temanggung.