Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Batu 2017/2018

Batu.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Batu 2017/2018 berita Cara Pendaftaran PPDB Batu 2017/2018. Tips Pendaftaran PPDB Online Kota Batu. Informasi penting bagi seluruh masyarakat dan siswa yang berdomisili di kota Batu, Malang bahwa pendaftaran PPDB Online kota batu akan segera dibuka secara serentak pada bulan juli mendatang, karena menggunakan sistem pendaftaran online maka diperkirakan bahwa animo pendaftar akan mengalami pembludakan dan dikhawatirkan akan terjadi error pada sistem pusat. 

Mengantisipasi hal ini beberapa pihak sekolah yang ada di kota batu membuka dua jalur pendaftaran yakni secara online dan secara offline atau yang biasa disebut dengan cara manual, jika seorang pendaftar sudah melakukan pendaftaran secara online dan masih merasa ragu apakah seluruh data sudah diterima pihak sekolah atau belum maka dapat melakukan pendaftaran secara offline dengan cara mendatangi langsung lokasi sekolah yang bersangkutan.

Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Batu 2017/2018

Begitupun sebaliknya bagi para pendaftar yang tidak paham dan belum terlalu mengerti dengan prosedur pendaftaran PPDB Online kota batu mereka dapat melakukan pendaftaran hanya menggunakan jalur offline. Pihak sekolah yang ada di kota batu inipun sudah mengerti dan akan mengumpulkan serta memisahkan dokumen-dokumen persyaratan pendaftar yang melakukan pendaftaran secara offline.

Jika ada kekurangan data atau ada beberapa data dan berkas yang kurang lengkap bagi siswa yang mendaftar online dapat mengirimkannya dalam bentuk scan atau menggunakan email saja, namun bagi para peserta pendaftar online jika ada berkas yang kurang mereka mau tidak mau harus datang ke sekolah bersangkutan dan tidak dapat dilakukan secara online karena akan membingungkan dan menghambat proses penyeleksian pada tahap selanjutnya, hal ini juga untuk menghindari tercecer nya data-data para calon peserta didik.


Informasi terbaru yang didapatkan dari proses pendaftaran PPDB online kota batu ini adalah bahwa seorang peserta didik dipersilahkan untuk mendaftar lebih dari satu sekolah tentu dengan ketentuan pilihan satu, dua dan tiga. Adapun mekanismenya sendiri adalah apabila peserta didik tersebut diterima pada sekolah pilihan pertama maka kedua pilihan sekolah lainnya akan gugur dengan sendirinya. 

Namun apabila peserta didik tidak diterima di sekolah pertama akan dilempar pada pilihan kedua dan ketiga sekolah yang peserta didik tersebut pilih. Namun perlu diperhatikan pula bahwa penempatan posisi pilihan sekolah pertama kedua dan ketiga juga harus menggunakan beberapa strategi. Strategi yang harus diperhatikan oleh para calon peserta didik adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah yang akan dituju, sebab ada beberapa sekolah yang tidak ingin dijadikan pilihan kedua apalagi ketiga. 

Jika peserta didik menempatkan sekolah-sekolah tersebut di posisi kedua dan ketiga kemudian peserta didik tidak diterima oleh sekolah pilihan pertama maka secara otomatis peserta didik tersebut tidak akan masuk ketiga sekolah yang ia pilih. Pemilihan seperti itu berlaku untuk seluruh calon pendaftar baik itu pendaftaran PPDB Online kota batu maupun calon pendaftar PPDB secara offline atau manual.


Jauh-jauh hari sebelum pendaftaran PPDB online kota batu dibuka beberapa pihak sekolah sudah mulai melakukan sosialisasi kepada para orang tua dan siswa serta melibatkan beberapa masyarakat tentang kebijakan-kebijakan pemilihan sekolah ini. diharapkan para siswa dan orang tua memikirkan secara matang-matang pilihan sekolah yang akan dipilih jangan sampai salah menggunakan strategi hingga akhirnya peserta didik tidak diterima di sekolah manapun yang ia jadikan pilihan.

Tips yang diberikan pihak sekolah-sekolah adalah jangan menempatkan ketiga pilihan tersebut dengan sekolah-sekolah yang tergolong favorit di kota batu, pilih satu atau dua saja yang termasuk sekolah favorit kemudian sisanya pilihlah sekolah yang terbilang biasa-biasa saja. Mengapa demikian? Sebab selama ini kita tahu bahwa yang namanya sekolah favorit selalu mendapatkan jumlah animo pendaftar yang sangat banyak dan semakin banyak pendaftar maka semakin ketat pula penyeleksiannya itu berarti perarti persaingan akan semakin sulit.

Hal tersebut kembali lagi kepada diri peserta didik apabila berdasarkan nilai-nilai peserta didik tersebut tergolong anak yang pandai dan memiliki nilai kumulatif dan nilai ujian nasional yang tinggi maka tidak akan emnjadi masalah mereka dapat memilih sekolah manapun yang mereka mau. Sebab kini pendaftaran PPDB Online kota batu untuk sekolah-sekolah favorit.

Mereka lebih mengutamakan peserta didik yang memiliki nilai kumulatif dan nilai ujian nasional tinggi bahkan ada beberapa sekolah tertentu yang terkenal dengan passing gradenya sangat tinggi, biasanya sekolah seperti itu merupakan sekolah-sekolah yang berisikan siswa-siswi pandai dan sudah didik secara khusus untuk persiapan menuju perguruan tinggi atau universitas.

Tak perlu berkecil hati, bagi para peserta didik yang memiliki nilai kumulatif dan nilai ujian nasional biasa saja mereka dapat mendaftar melalui pendaftaran PPDB online kota batu skeolah-sekolah menengah lainnya, sebab sekolah favorit bukanlah menjadi alasan satu-satunya untuk meudahkan peserta didik menuju perguruan tinggi sama seperti seleksi sebelumnya. 

Untuk menuju perguruan tinggi pun seorang peserta didik harus melakukan beberapa tes kembali dan menggunakan nilai-nilai raport selama ia bersekolah di sekolah menengah atas. Berdasarkan berita dari beberapa mahasiswa yang berasal dari sekolah favorit mereka mengaku bahwa pihak universitas tidak begitu memperhatikan asal sekolah peserta didik mereka hanya memperhatikan nilai kemampuan ujian dan nilai kumulatif.

Berdasarkan beberapa pemaparan tersebut maka tidak perlu ditakutkan lagi untuk melakukan pendaftaran PPDB online kota batu dengan memilih sekolah yang tidak termasuk dalam list sekolah favorit. Asalkan peserta didik tersebut rajin belajar dan memiliki nilai yang bagus maka tetap saja mereka akan mudah menuju sekolah favorite dan universitas terbaik. Cara Pendaftaran PPDB Online Kota Batu dapat diakses melalui situs resmi https://batu.siap-ppdb.com.