Cara Pendaftaran Online PPNS 2018/2019

Pmb.ppns.ac.id - Cara Pendaftaran Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) 2018/2019. Info Cara khusus Pendaftaran kampus PPNS. Selalu ada hal yang menarik untuk dibahas apabila kita sudah mengarah pada Politeknik Negeri, melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran khusus kampus PPNS. Politeknik Negeri Perkapalan Surabaya merupakan salah satu Politeknik yang ada di Surabaya sekaligus menjadi Politeknik Khusus Perkapalan hal ini menjadi peluang tersendiri untuk lulusan dari kampus ini agar bisa bekerja bagian perkapalan.

Politeknik selalu menjadi alternatif pilihan pendaftaran dengan berbagai alasan yang mungkin jarang tersedia pada kampus umum, Apalagi Politeknik yang dimaksud merupakan Poltek Negeri dimana menjadi nilai tambah, perlu diketahui jenjang diploma lebih diunggulkan apabila mahasiswa tidak ingin berlama-lama kuliah dan langsung ingin bekerja karena lama studi relatif singkat.

Melalui informasi ini kita akan membahas secara rinci mengenai kampus PPNS sebelum melanjutkan pendaftaran disini kita akan membahas mengenai Sejarah dan perihal lainnya mengenai kampus tersebut. PPNS merupakan singkatan dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Letak kampus ini berada di Surabaya wilayah Timur Pulau Jawa.

Cara Pendaftaran Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Sejak tahun 1987 Politeknik ini sudah berdiri berbasi Pendidikan Vokasi Perkapalan menjadi salah satu tujuan belajar mahasiswa yang ada di Indonesia bahkan khusus Perkapalan PPNS menjadi yang terbaik selain perguruan tinggi kedinasan sejenis, hanya untuk masuk PPNS tidak begitu sulit jika dibandingkan dengan Politeknik Kedinasan.

Setiap tahun jumlah peserta yang mengikuti pendaftaran PPNS terus meningkat, hal ini dikarenakan Politeknik Khusus Perkapalan tidak banyak ada di Indonesia jadi wajar saja apabila PPNS menjadi salah satu tujuan belajar mahasiswa baik dalam kota maupun luar kota, mungkin dari ratusan orang yang mendaftar kampus PPNS anda salah satu yang berminat mengikuti seleksi.

Jika memang iya maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah Jalur masuk untuk menentukan mana yang akan diikuti maka dari itu bagi peserta yang berminat harus membaca beberapa ketentuan mengenai jalur masuk dan link pendaftaran untuk lebih jelas berikut informasi lengkap dikutip dari situs resmi PPNS.


Jalur Masuk PMDK PPNS

PMDK PPNS merupakan jalur masuk mandiri khusus Undangan yang dilaksanakan melalui lokal dengan sistem seleksi Penelusuran Minat dan Bakat bagi siswa berprestasi selain dari pada siswa berprestasi tidak akan bisa mengikuti seleksi ini, perbedaan dengan jalur undangan nasional adalah seleksi ini dilakukan secara lokal oleh PPNS, berdasarkan data pendaftaran dilaksanakan pada bulan Novermber 2017 ke Januari 2018, pendaftaran dilaksanakan melalui online http://pmb.ppns.ac.id/pmdk.html untuk lebih jelas berikut cara pendaftaran PPNS.

Cara Pendaftaran PMDK PPNS.
  1. Buka laman https://pmb.ppns.ac.id/
  2. Bila anda sudah pernah mendaftar di seleksi PMDK anda dapat menggunakan user login lama anda, namun tetap diminta mengisi data baru.
  3. Untuk membuat login user baru klik alamat web yang disediakan berikut https://pmb.ppns.ac.id/user/register
  4. Lakukan pendaftaran dengan mengisi user name/nama lengkap anda, dan alamat email (diharapkan menggunakan email dari Gmail). Pastikan email gmail anda aktif dan dapat dibuka
  5. Buka email anda, anda akan menerima email untuk aktivasi account (cek di folder SPAM bila tidak ada di inbox). Klik link yang disediakan
  6. Masukkan password yang akan anda buat, ketik kembali di konfirmasi password. Pastikan anda mengingat password anda. Avatar tidak wajib diunggah
  7. Setelah simpan password, login kembali ke pmb.ppns.ac.id. Dan melengkapi semua tab yang disediakan. Tanda * berarti harus terisi, bila terpaksa tidak diisi tuliskan angka 0 atau (-) . Bila data tidak terisi lengkap anda tidak dapat nomor pendaftaran.
  8. Pastikan semua tab telah tercentang dan tidak ada tanda silang. jangan lupa untuk selalu klik tombol simpan di setiap tab
  9. Anda akan menerima email otomatis bahwa proses telah lengkap, dan pada email terlampir kartu pendaftaran.
  10. Anda juga dapat mengirim sendiri kartu pendaftaran bila ada data yang harus direvisi, setelah dilengkapi, klik “kirim dokumen ke email” dengan catatan seluruh tanda silang merah telah berubah menjadi centang hijau.
  11. Siapkan Kartu pendaftaran dan perlengkapan lain untuk dibawa saat Wawancara / tes skolastikl.


PMDK PN merupakan singkatan dari penelusuran minat dan kemampuan khusus Politeknik Negeri dilakukan melalui ujian undangan hanya mereka yang mendapatkan rekomendasi sekolah saja yang bisa mengikuti pendaftaran jalur PMDK PN ini, karena sekolah akan memilih siapa saja yang berhak mengikuti Pendaftaran PMDK PN, selanjutnya setelah siswa diberikan password dari sekolah maka barulah Siswa bisa melakukan Pendaftaran PMDK PN, info Pendaftaran dilaksanakan melalui online http://pmb.ppns.ac.id/pmdkpn.html.



UMPN merupakan salah satu jalur seleksi untuk Ujian Masuk Politeknik Negeri dimana seleksi ini sesuai dengan ketentuan pendaftaran pada dasarnya semua Politeknik Negeri yang ada di Indonesia terdaftar dalam seleksi masuk UMPN, untuk bisa mendaftar melalui jalur ini peserta cukup melakukan pendaftaran online secara mandiri tanpa membutuhkan rekomendasi sekolah, pendaftaran dilaksanakan melalui http://pmb.ppns.ac.id/umpn.html meski begitu dikenakan biaya pendaftaran.


Jalur Masuk Mandiri 

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang dilaksanakan melalui online sesuai dengan seleksi tertulis berdasarkan seleksi Lokal Panitia PPNS untuk bisa mendaftaran peserta cukup melakukan registrasi melalui situs resmi http://pmb.ppns.ac.id/mandiri.html dan bisa diikuti secara umum tidak seperti jalur undangan. Hanya saja bagi yang berminat mengikuti seleksi jalur ini harus dikenakan biaya pendaftaran. Berikut rincian Pendaftaran Jalur Mandiri PPNS.




Jalur Masuk Alih Jenjang.

Jalur masuk ini diperuntukan untuk mahasiswa yang sudah lulus D2/D3 ingin melanjutkan jenjang D3/D4 dan seterusnya bagi yang berminat dapat mengikuti pendaftaran dan seleksi tertulis berdasarkan ketentuan yang berlaku, untuk pendaftaran dilaksanakan melalui online situs http://pmb.ppns.ac.id/lintasjalur.html serta dikenakan biaya pendaftaran saat mendaftaran untuk lebih jelas berikut informasi cara pendaftaran PPNS.

Cara Pendaftaran Jalur Masuk Alih Jenjang.

Mengisi data online pada laman pmb.ppns.ac.id (Lihat Petunjuk Cara Pendaftaran). Adapun data atau berkas yang disiapkan untuk melaksanakan pendaftaran online sebagai berikut :
  1. Data pribadi
  2. Data asal Perguruan Tinggi Sebelumnya
  3. Data Orang Tua/Wali (Pekerjaan, penghasilan)
  4. File Pasfoto berpakaian rapi dan sopan dengan ukuran file maksimal 2 MB untuk diupload
  5. Fotocopy transkrip nilai, sertifikat kompetensi/kejuaraan dan surat pengalaman kerja (jika ada) untuk dibawa pada waktu tes wawancara
Dari beberapa informasi mengenai pendaftaran diatas maka dapat disimpulkan pendaftaran khusus PPNS dilaksanakan melalui beberapa jalur seperti undangan, tertulis dan alih jenjang untuk bisa mendaftar peserta harus mengakses situs resmi tersebut dan memenuhi semua persyaratan pendaftaran yang ada, lakukan pembayaran dan pendaftaran secara online. 

Semoga apa yang telah diberikan dapat memberikan manfaat apabila terdapat beberapa informasi yang kurang berkenan atau tidak tepat mohon dimaafkan dan kami akan segera memperbaiki kesalahan tersebut, hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi pendaftaran PPNS karena Panitia tidak pernah meminta uang apapun kecuali yang telah disampaikan melalui situs resmi PPNS.

Demikianlah informasi yang telah dijelaskan semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran peserta yang dapat mengikuti seleksi adalah peserta yang memenuhi persyaratan dan mengikuti tata cara pendaftaran dari masing-masing jalur masuk, demikianlah informasi yang telah dijelaskan semoga dapat memberikan manfaat terutama bagi peserta yang ingin melakukan pendaftaran PPNS.
GET IT ON Google Play