2 Jalur Pendaftaran Online POLNEP 2024/2025


Pmb.polnep.ac.id - 2 Jalur Pendaftaran Online POLNEP 2024/2025. Tanpa terasa waktu terus berjalan dengan cepat, rasa yang sama masih melekat dalam pikiran saat baru masuk sekolah dengan seragam Putih Abu-abu, perasaan baru kemarin semua sudah berlalu begitu saja, memang seperti itulah perjalanan waktu yang hanya akan dilewati hanya satu kali saja, jika bertemu hari yang sama pastinya itu adalah harus yang berbeda dan baru, tiba dimana baju yang sangat diinginkan dicotet-coret.

Tradisi kelulusan tanpa terasa waktu yang sudah dilalui oleh Siswa akan berubah menjadi Alumni, memang seperti itulah sekolah, kini tiba tanggung jawab hidup perlahan mulai sedikit demi sedikit dipikul sendiri, dulu yang tidak mau tahu kini setelah lulus SMA mulai mencoba mencari pekerjaan, harapan sederhana setelah lulus SMA bisa langsung bekerja tetapi untuk mencari pekerjaan bukan masalah gampang.

Apalagi dengan tamatan yang dimiliki hanya SMA, bahkan diluar sana ada banyak sarjana yang menggangur belum bekerja mesi sudah Sarjana, terkadang dengan masalah seperti itulah kita mulai berfikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lanjut namun jika membaca berita mengenai informasi jumlah pengguran Sarjana semakin banyak tetap menjadi sebuah dilema untuk kuliah. 




Setiap orang tidak akan menginginkan jika sudah selesai masih tetap menggur, nah dari berbagai alasan seperti inilah terkadang Siswa berfikir untuk bisa kuliah namun bukan S1, hal hasil Diploma menjadi salah satu pilihan, jika kita ingin kuliah Diploma sudah pasti berusuran dengan Politeknik Negeri sebagai salah satu tempat pendidikan Diploma terbaik.

Apalagi jauh dari Pulau Jawa kita akan sulit untuk mendapatkan Politeknik Negeri ternama karena hampir semua PN yang ada di Indonesia berstasus sangat baik berada di pulau Jawa, namun jangan berkecil hati karena selain Pulau Jawa terdapat Politeknik Negeri yang ada di Indonesia seperti contohnya di Ponianak juga memilih PN yang tidak kalah hebat dengan Pulau Jawa.

Seperti Politeknik Negeri Pontianak yang memiliki kwalitas terbaik maka dari itu bagi kalian yang berada dekat dengan Pontianak bisa mengikuti seleksi melalui jalur masuk ini selain berada dikota dan tidak begitu jauh bisa terjangkau pendidikan untuk kampus ini berbasis diploma jadi sangat pas apabila peserta menginginkan kuliah dikampus ini.

Adapun informasi yang akan admin sampaikan terkait dengan Cara Pendaftaran POLNEP untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika dilihat secara rinci pendaftaran akan dibagi menjadi beberapa jalur masuk, bagi yang belum mengetahui disini kami akan berikan informasi lengkap untuk lebih jelas berikut info lengkapnya.


#1 Jalur SNMPN POLNEP

SNMPN merupakan salah satu jalur seleksi khusus undangan yang diikuti oleh Politeknik Negeri Se Indonesia termasuk didalamnya adalah POLNEP meski terbuka secar luas tetapi jalur ini hanya diperuntukan bagi siswa yang mendapatkan rekomendasi sekolah sedangkan yang tidak mendapatkan rekomendasi harus gigit jari, setelah siswa mendapatkan login dari sekolah barulah bisa mendaftar sendiri melalui situs resmi Snmpn.Politeknik.or.id.
  1. Mendapatkan rekomendasi sekolah
  2. Lulus pemeringkatan 
  3. Mendapatkan username dan password akun pendaftaran
  4. Melakukan login melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  5. Mengisi form online sesuai dengan identitas.
  6. Isi biodata, data diri, data keluarga, data keuangan data prestasi.
  7. Upload dokumen persyaratan dan foto.
  8. Pilih Politeknik dan Prodi yang diminati sesuai dengan jurusan saat sekolah.
  9. Kirim
  10. Cetak Bukti Pendaftaran
  11. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs resmi https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/


#2 Jalur SNBT POLNEP.

Hampir mirip dengan pola jalur undangan hanya saja Ujian Masuk politeknik Negeri meski diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri tetapi jalur ini tidak mempersyaratkan harus mendapat rekomendasi karena siswa bisa melakukan pendaftaran secara mandiri melalui situs resmi Sbmpn.politeknik.or.id kemudian membayar uang pendaftaran dan menyelesaikan proses pendaftaran.

  1. Melakukan pendaftaran melalui situs politeknik negeri https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Mengakses menu Pendaftaran.
  3. Melakukan pembuatan akun sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Isi form secara oline mengenai biodata, data keluarga data keuangan dan data prestasi.
  5. Persiapkan pilih Politeknik dan prodi sesuai yang diminati.
  6. Kirim
  7. Cetak Bukti Pembayarna
  8. Lakukan pembayaran dan simpan bukti.
  9. Tunggu maksimal 1x24 jam untuk aktivasi akun secara otomatis.
  10. Login kembali ke politeknik negeri
  11. Lengkapi data yang masih kosong.
  12. Pilih Prodi yang diminati
  13. Upload dokumen Persyaratan dan pasfoto.
  14. Cetak Kartu Peserta 
  15. Ikuti Ujian
  16. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs politeknik negeri


Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan pendaftaran POLNEP rata-rata dilakukan melalui online, cara ini dinilai sebagai salah satu cara yang paling mudah karena cukup duduk dirumah peserta dapat melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan yang ada pada situs resmi.

Sebagian kecil jalur masuk tidak dikenakan biaya pendaftaran tetapi sebagian besar dikenakan biaya untuk pembiayaan pendaftaran dapat dilihat pada situs resmi dan langsung membayar melalui bank yang telah ditunjuk, kalian tidak hanya bisa memilih satu jalur masuk PN saja melainkan dapat memilih beberapa karena pelaksanaan pendaftaran berbeda hari.

Seperti contoh SNBP menjadi yang paling dulu dilaksanakan sekitar bulan Februari sedangkan untuk SNBT setelahnya dan berlanjut menjut jalur berikutnya maka dari itu manfaatkan kesempatan yang baik ini agar bisa lulus Politeknik Negeri, dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulan pendaftaran jalur mausk POLNEP hampir sama dengan jalur masuk pada umumnya Politeknik Negeri perbedaan hanya sedikit tentang ketetap kampus. Semoga bermanfaat selamat mencoba.