Cara Pendaftaran Online UNTIDAR 2018/2019

Untidar.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNTIDAR 2018/2019 simak Cara Pendaftaran UNTIDAR, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Review Pendaftaran untuk kampus UNTIDAR untuk lebih jelas simak beberapa informasi yang akan dijelaskan secara rinci, dalam beberapa kesempatan yang sama untuk kesekian kalinnya pendaftaran kampus UNTIDAR akan dibahas mengenai bagaimana Cara Pendaftaran UNTIDAR.

Sebagai salah satu Perguruan TInggi Negeri Universitas Tidar memiliki daya tarik sendiri terutama bagi mahasiswa yang ada dilingkungan kampus rayon wilayah kampus, bagi yang berminat mengikuti seleksi kampus ini dapat mengikuti dari beberapa jalur masuk yang tersedia diataranya adalah pendaftaran melalui beberapa jalur seperti undangan dan Tertulis.

Terkadang jalur masuk bukan sebuah pilihan sebab tidak semua jalur masuk diperuntukan untuk mahasiswa umum, karena seperti jalur Undangan diprioritaskan kepada mereka yang memiliki prestasi selama sekolah dan mekanisme pendaftarannya juga diatur berdasarkan sekolah asal karena yang berperan dalam proses pendaftaran disini adalah sekolah.

Cara Pendaftaran UNTIDAR

Tidak hanya jalur undangan saja yang bisa menjadi salah satu priortas bagi para peserta, bagi yang tidak memiliki kesempatan untuk mendaftar jalur khusus jangan berkecil hati, UNTIDAR tidak hanya menyiapkan jalur masuk khusus saja melainkan beberapa informasi mengenai jalur seleksi umum, seperti Tertulis, Peserta dapat mendaftar secara sendiri melalui jalur ini diharapkan bagi yang belum berkesempatan mengikuti jalur seleksi Undangan bisa terlunaskan dengan mengikuti jalur masuk ini.

Nah Jalur tertulis juga dibagi dalam beberapa seleksi masuk seperti Tertulis Mandiri adan SBMPTN tidak membuthkan rekomendasi sekolah agar bisa mendaftar, hanya saja kelemahan jalur masuk ini dikenakan biaya pendaftaran tetapi apalah artinya biaya jika berkesempatan mengikuti seleksi syukur-syukur bisa langsung bisa lulus seleksi amin. Berikut kami rincikan infromasi yang telah dijelaskan uraian seperti dibawah ini.


1. Jalur Masuk Mandiri UNTIDAR.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jalur Mandiri UNTIDAR merupakan seleksi untuk mahasiswa jalur tertulis secara lokal, peluang untuk bisa lulus seleksi ini lebih besar jika dibandingkan dengan penerimaan seleksi lainnya, untuk itu sebagai salah satu peserta yang ingin mendaftar tentu harus memperhatikan ketentuan pendaftaran berikut juga kami berikan beberapa cara pendaftaran jalur Mandiri UNTIDAR. melalui situs resmi http://sm.untidar.ac.id/ kalian dapat memenuhi terlebih dahulu Persyaratan yang ada.

Persyaratan Pendaftaran UNTIDAR Jalur Mandir.
  1. Persyaratan Peserta Seleksi, Memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau yang setara tahun 2016, 2017, dan 2018.
  2. Bagi lulusan tahun 2018 yang belum memiliki Ijazah, memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas photo yang bersangkutan dan dicap.
  3. Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotokopi raport tiga tahun terakhir).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di Universitas Tidar.
Cara Pendaftaran Jalur Mandir UNTIDAR
  • Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran pada laman http://sm.untidar.ac.id 
  • Peserta mencetak kartu pembayaran
  • Peserta membayar biaya pendaftaran pada bank Bank Jateng atau Bank BNI, kemudian mendapatkan PIN pendaftaran dari Bank Jateng dan email balasan untuk Bank BNI
  • Peserta akan mendapat bukti pembayaran dari Bank Jateng atau email balasan untuk Bank BNI yang dilengkapi dengan PIN pendaftaran. PIN tersebut bersifat rahasia, dan hanya dapat digunakan untuk pendaftaran online satu kali saja, sesuai identitas calon peserta sewaktu melakukan pembayaran. Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  • Setelah mendapatkan PIN Pendaftaran, peserta login pada laman SM-UNTIDAR
  • Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan terlebih dahulu: Bukti pembayaran, Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran, File upload pasfoto resmi (terbaru), berwarna.
  • Peserta mengisi biodata pribadi, dan program studi yang dipilih, secara lengkap pada laman http://sm.untidar.ac.id atau website: www.untidar.ac.id. Semua informasi yang diisikan dalam borang/formulir ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang/formulir ini berakibat pembatalan penerimaan peserta. Kesalahan dalam pengisian borang/formulir dapat berakibat calon peserta membayar biaya pendaftaran lagi.
  • Bila isian sudah lengkap, peserta harus menyimpan file kartu tanda peserta ujian dan mencetak sebanyak 1 lembar.
  • Pada kartu tanda peserta ujian tercantum nomor pendaftaran, nama peserta, program studi yang dipilih, dan jadwal ujian.
  • Lokasi dan ruang ujian peserta akan diumumkan pada tanggal yang telah ditentukan
  • Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SM-UNTIDAR Tahun 2016. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian.
  • Peserta harus membawa identitas diri lain (KTP/SIM/Kartu Pelajar), ijazah atau SKL bagi Peserta Lulusan Paket C pada saat ujian tulis.
  • Biaya Pendaftaran Seleksi, Biaya pendaftaran ditetapkan sebesar Rp.200.000,00 (dua ratus ribu rupiah), Uang yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun

2. Jalur Masuk SNMPTN UNTIDAR.

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau lebih dikenal dengan SNMPTN merupakan jalur masuk untuk siswa berprestasi, ketentuan pendaftaran diataru sepenuhnya oleh PTN dan Sekolah jadi yang berhak menentukan apakah seorang siswa layak atau tidak mengikuti seleksi adalah pihak sekolah, setelah siswa mendapatkan login baru proses selanjutnya bisa dilakukan mendaftaran melalui http://www.snmptn.ac.id kemudian login siswa tanpa dikenakan biaya pendaftaran.


3. Jalur Masuk SBMPTN UNTIDAR.

Seperti yang telah saya sampaikan diatas jangan berkecil hati jika hanya kalian tidak terjaring dalam pendaftaran jalur undangan karena masih banyak jalur lain yang bisa diikuti seperti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dimana kampus UNTIDAR juga salah satu peserta, jalur ini adalah jalur tertulis yang bisa dilakukan secara mandiri, Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi www.sbmptn.ac.id harus membayar uang pendaftaran.


4. Jalur Masuk Beasiswa Bidik Misi UNTIDAR.

Jika boleh dibilang bahwa sebenarnya Bidik Misi tidak bisa dikelompokan sebagai jalur masuk sendiri karena sistem seleksi yang mengikuti seleksi yang ada hanya saja yang menjadi pembeda adalah pada saat verifikasi pendaftaran Bidik Misi pada saat memilih baik itu SNMPTN ataupun SBMPTN sedangkan untuk peserta umum tidak perlu verifikasi. Jika ingin mendaftaran silahkan melalui situs resmi http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan mengenai jalur masuk UNTIDAR, ada 3 jenis jalur seleksi seperti Undangan, Tertulis dan Beasiwa semua itu bisa kalian ikuti berdasarkan beberapa ketentuan yang sudah dijelaksan apabila terdapat beberapa informasi mengenai pendaftaran update akan kami sampaikan segera.

Kalian tidak hanya bisa memilih salah satu saja karena sifat dari seleksi akan dilakasanakan secara bertahap dimulai dari SNMPTN kemudian berlanjut setelah selesai dilanjutkan dengan SBMPTN dan jika sudah selesai baru Mandiri sedangkan untuk mengikuti pendaftaran Bidik Misi serantak, demikian semoga bermanfaat selamat mencoba.
GET IT ON Google Play