Cara Pendaftaran Online UBB 2017-2018

UBB - Cara Pendaftaran UBB melalui Universitas Bangka Belitung atau yang lebih kita kenal dengan nama UBB tahun 2017-2018 merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. UBB resmi berdiri pada tahun 2006. Meskipun terhitung baru, universitas ini telah memiliki 5 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas pertanian, Perikanan, dan Biologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Poitik.

Universitas dengan 5 fakultas ini, menawarkan 15 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan.Kalian bisa memlih prodi sesuai keinginan. Bingung menentukan pilihan? Pilihlah prodi yang sesuai dengan minat dan merupakan pengasah keterampilan. Keselarasan Prodi dengan minat akan membuat kita lebih rileks dalam menjalani setiap presesnya. Juga akan lebih mudah menyertakan hati dalam setiap langkah (baik tahap demi tahap seleksi maupun proses perkuliahan).

Penting juga meninjau kembali prodi yang telah dipilih "apakah sesuai dengan cita-cita?". Perguruan tinggi ibaratkan jalan yang akan mengantarkan pada tujuan akhir (cita-cita). Maka dari itu kita harus memastikan bahwa jalan yang kita pilih tepat dan jalan tercepat untuk tiba di tujuan. "Caranya?" pahami lebih dalam tentang prodi yang dipilih, mulai dari mencari informasi tentang mata kuliah yang akan dipelajari, juga bisa dilakukan dengan berkonsultasi dengan orang-orang yang paham (seperti guru bimbingan konseling di sekolah, kerabat yang pernah berkuliah, atau teman-teman yang telah masuk ke UBB).

Cara Pendaftaran UUB 2017-2018


Nah, jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa menadaftar UBB melalui beberapa jalur berikut.



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UBB yang diberikan kepada siswa berprestasi akdemik tinggi di sekolahnya (si anak pintar) melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi administrasi berupa perengkingan nilai rapor semester 1-5 (SMA/MA/Sederajat) dan penyaringan portofolio kademik.

Kelulusan seleksi ini ditentukan dari perengkingan nilai rapor sesuai kuota prodi dan pemenuhan persyaratan lainnya yang ditentukan oleh pihak UBB. Pendaftaran seleksi ini biasanya buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN bisa mengakses melalui laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleki Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UBB yang diberikan kepada lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis berupa butir soal pilihan ganda yang terdiri dari 3 kelompok soal. Setiap soal benar bernilai +4, salah bernilai -1, dan tidak dikerjakan bernilai 0.

Kelulusan seeksi ini ditentukan dari perengkingan secara nasional nilai hasil pengerjaan soal sesuai kuota prodi. Pendaftraran seleksi ini biasanya diadakan setealah SNMPTN, bagi yang tidak lulus/tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN, jangan kawatir! kalian biasa mendaftar UBB melalui seleksi ini. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN bisa mengakses melalui laman http://snmptn.ac.id/



Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk UBB yang diberikan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sedrajat melalui seleksi mandiri ujian tertulis. Penitia penentu kelulusan seleksi ini berasal dari pihak UBB sendiri. Kelulusan seleksi ini ditentukan dari perengkingan hasil pengerjaan soal dan pemenuhan syarat lain yang ditentukan oleh pihak UBB.

Pendaftaran seleksi ini biasanya buka/ diadakan setelah SBMPTN, tidak lulus/ tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau SBMPTN? kesematan masuk UBB masih terbuka lebar melalui seleksi ini. Untuk info selengkapnya tentang PMB Jalur Mandiri, kalian bisa mengakses melalui laman http://si.ubb.ac.id/siak/app.pmb/index.php



Bidikmisi merupakan kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan pemerintah pusat kepada generasi muda lulusan SMA/MA/SMK/sederajat yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Melalui bidikmisi ini, pemerintah memberikan pendanaan berupa pembebasan biaya kuliah dan pemberian biaya hidup hingga lulus tepat waktu.


Untuk mendaftar UBB melalui jalur bidikmisi, kalian harus menadftar bidikmisi terlebih dahulu untuk mendapatkan ID kemudian baru mendaftar seleksi (bisa SNMPTN, SBMPTN, ataupun PMB Jalur Mandiri) dengan ID yang telah diperoleh. Info selengkapnya tentang bidikmisi bisa di akses melaui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar UBB yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, PMB jalur Mandiri, dan Bidimisi. "Just do the best", lakukan yang terbaik untuk setiap langkah yang kita lalui. Jadikan tiap waktu yang berlalu sebagai tangga-tangga menuju impian. Keseriusan dan kegigihan adalah modal utama. Serius dalam persiapan juga saat menjalani seleksiya. Biarkan yang lain terlelap, dan kita tetap terjaga dalam sebuah perjuangan.

Jadikan cinta sebagai segelas air penyejuk jiwa yang lelah akan perjuangan. Biarkan ketulusan perjuangan menjadi pendobrak titik jenuh. Agar tersirat senyum disetiap tetes kerja keras. Karena berjuang tanpa hati hanya akan memicu penat datang lebih cepat dan mengundang lelah juga putus asa. Didik diri agar mencintai setiap hal yang dilakukan dan tulus dalam going ekstra miles. "Orang sukses adalah mereka yang bekerja dengan cinta (melakukan dengan sepenuh hati)". Selamat berjuang! Fokus pada perjuangan! Semangat!!
GET IT ON Google Play