Cara Pendaftaran Online UNESA 2017-2018

UNESA - Universitas Negeri Surabaya atau yang lebih kita kenal dengan nama UNESA  tahun 2017-2018 merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Surabaya. Universitas ini resmi berdiri dengan mana UNESA pada tahun 1998. Sudah cuup lama bukan? Universitas dengan 7 fakultas ini menawarkan sebanyak 60 program studi (prodi) yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan pendidikan. "Kita bisa merancang masa depan", kitalah yang menentukan "akan menjadi apa kelak". 

Nah, dengan demikian kita harus memilih dengan teliti setiap jalan yang akan kita lalui, termasuk prodi apa yang akan kita pilih untuk mewujudkan cita-cita. Pemilihan prodi menjadi sangat krusial karena akan menentukan semakin dekat atau jauhnya mimpi yang akan kita capai. Maka pilihlah prodi yang selaras dengan tujuan, yang akan semakin mendekatan kita pada impian. Penting juga memilih prodi yang kita sukai dan sesuai bakat, alangkah nyamannya bila kesukaan, passion dan tujuan akhir terkemas dalam satu prodi, tentuya akan lebih mudah bagi kita menentukan pilihan itu. 

"Bekerjalah dengan hati", artinya kita benar-benar memusatkan energi dan rasa untuk setiap hal yang kita kerjakan. Relevannya ketiga hal tersebut akan  menjadikan kita lebih mudah untuk menyertakan hati dalam menjalani setiap prosesnya nanti (proses perkuliahan). Hingga kuliah bukan hanya rutinitas, namun menjadi "satu potongan bata yang akan menyusun pondasi masa depan yang kokoh".

Cara Pendaftaran UNESA 2017-2018

Nah, jika teman-teman telah memiliki prodi pilihan, selanjutnya tinggal mendaftar UNESA melalui beberapa jalur berikut:



SNMPTN atau SEleksi Nasional Masuk Peruran Tinggi Negeri merupakan kesempatan masuk UNESA yang diberikan kepada siswa berprestasi akademik tinggi di sekolahnya melalui seleksi administrasi secara nasional. Artinya dalam seleksi ini tidak ada ujian tertulis hanya seleksi nilai rapor semester 1-5 untuk SMA/MA dan semester 1-7 untuk SMK dan kelengkapan administrasi lainnya yang ditentukan oleh pihak UNESA. Dalam SNMPTN ini, peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran alias free. Watku pendaftaran seleksi ini biasanya paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang SNMPTN, teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan kesempatan masuk UNESA yang diberikan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sederajat melalui ujian tertulis secara nasioanal. Ujian tertulis berupa butir soal pilihan ganda dengan 3 kelompok soal, yang masing-masing harus dikerjakan dengan tepat dan cepat.

Penentuan kelulusan seleksi ini, berdasarkan prolehan nilai dari pengerjaan soal, yang akan disaring melalui standar nilai prodi dan perengkingan secara nasional. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya setelah SNMPTN, jadi bagi teman-teman yang tidak berkesempatan/tidak lulu SNMPTN masih bisa mendaftar UNESA melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN, teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan kesempatan masuk UNESA yang diberikan melalui ujian tertulis mandiri (diadakan mandiri oleh pihak UNESA dan pantia penyeleksi dari UNESA sendiri). SPMB program strata 1 ini, dibuka dalam 2 gelombang/tahapan. Bagi teman-teman yang tidak berkesempatan/ tidak lulus SNMPTN/SBMPTN masih ada kesempatan untuk masuk UNESA melalui jalur ini. atau jika tidak lulus SPMB dalam satu gelombang, masih buka gelmbang berikutnya. Pendaftaran SPMB ini biasanya setelah SNMPTN dan SBMPTN. Untuk info selengkapnya tentang SPMB UNESA, teman-teman bisa mengakses laman http://sipenmaru.unesa.ac.id/spmb




BIdikmisi merupakan kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan oleh pemerintah kepada seluruh anak Indoesia yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Bagi teman-teman yang merasa tidak punya biaya untuk kulah, jangan khawatir! pemerintah telah menyediakan pembiayaan berupa biaya kuliah dan biaya hidup hingga lulus tepat waktu. Jadi tinggal fokus kulih saja dan mengejar prestasi. Mulanya mendaftar bidikmisi terlebih dahulu, setelah mendapat ID, baru medaftar seleksi (Bisa jalur SNMPTN, SBMPTN, atau SPMB) melaui jalur Bidikmisi. Untuk info selengkapnya tentang bidikmisi, teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara masuk UNESA yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB, dan Bidikmisi. Ada banyak cara untuk bisa menjadi mhasiswa UNESA tinggal kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya. "Pandai-pandailah melihat peluang" pasang mata dan telinga, satu seleksi lewat, masih ada kesempatan melalui seleksi berukutnya. Terus berjuang higga satu tahapan memuju mimpi bisa kita tapaki.


Hari adalah kumpulan jam, jam adalah kumpulan menit, dan menit adalah kumpulan detik, begitu juga dengan kesuksesan. Seperti hurup penyusunnya, kita pun harus menyusun komponen kesusksesan kita dengan menjadikan jam demi jamnya sebagai perjuangan. Kumpulan perjuangan dan usaha keras yang akan mewujutkan tahap demi tahapan dari "tangga mimpi". Selamat berjung! Lakukan yang terbaik dan sisanya, biarkan waktu mengambil alih!
Sekolah Pramugari