Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation 2024/2025


Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation 2024/2025 - Banyak yang masih penasaran sebenarnya apa itu Tonoto Foundation seperti namanya ada seperti bahasa jepang, ternyata merupakan salah satu yayasan atau perusahaan non profit fokus pada dunia pendidikan, bahkan banyak sekali informasi yang berseliweran terutama di Instagram, Tonoto Foundation memang cukup aktif di beberapa media sosial.
 
Salah satu misi utama mereka adalah memberikan transformasi pada bidang pendidikan melalui program kepemimpinan, serta bantuan biaya pendidikan atau lebih populer disebut beasiswa, salah satu alasan banyak orang berpartisipasi beasiswa ini adalah tidak hanya diberikan beasiswa tetapi akan mendapatkan banyak pendampingan untuk program kepimpinan.
 
Lantas apa manfaat program kepimpinan untuk karir maupun prospek masa depan, tentu hal ini sangat penting sekali, meski kita sudah kuliah 3,5 tahun lebih di kampus tidak diajarkan untuk menjadi seorang pemimpin, rata-rata pendidikan hanya akan membangun SDM yang siap kerja bukan untuk disiapkan menjadi pemimpin.

Istilah lebih kasaranya kampus tidak membentuk orang menjadi pemimpin hanya mencetak calon karyawan yang dapat memenuhi standar kerja, jika kita mengikuti perkuliahan saja maka yang akan kita dapatkan selama kuliah hanya dipacu untuk mempersiapkan diri menjadi pekerja, berbeda dengan salah satu beasiswa yang diberikan oleh Tonoto Foundation yang akan mempersiapkan para penerima beasiswa untuk dapat mejadi pemimpin masa depan.
 
Tidak hanya sebagai pemimpin tetapi leader semua aspek, ini akan sangat berdampak positif bagi karir seseorang terlebih saat ini tidak semua orang siap untuk menjadi pemimpin setelah lulus kuliah. Biasanya perusahaan akan mempersiapkan pemimpin dari jenjang karir yang cukup lama, baru kemudian mejadi seorang pemimpin.
 
Sejak awal beasiswa Tonoto Foundation atau yang lebih terkenal dengan sebutan Beasiswa Teladan Tonoto merupakan singkatan dari transformasi untuk melahirkan pemimpin masa depan. Jika kebakayan penyedia beasiswa berfokus pada riset dan pengembangan yang berkaitan dengan produk tertentu sedikit agak berbeda dengan beasiswa satu ini.
 
Apabila ditanya apakah hal semacam itu penting bagi kehiudapan kita, tinggal dipikir saja sendiri mana yang lebih baik menjadi seorang karyawan biasa atau pemimpin seandainya bekerja. Beberapa alasan itulah yang membuat sebagian besar masyarakat mengincar beasiswa satu ini. Secara umum kita sudah jelaskan satu persatu adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa ini sebagai berikut :
 
Persyaratan Pendaftaran
  1. WNI
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama disalah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia diantaranya IPB, ITB, UNAND, UB, UNDIP, UGM, UI,UNRI, USU.
  3. Berprestasi dibuktikan dengan minimal nilai XII SMA/SMK/MA adalah 80
  4. Memiliki prestasi non akademik maupun berpengalaman mengikuti orgranisasi kesiswaan selama sekolah
  5. Memiliki komitmen yang kuat dalam potensi kepemimpinan terhadap pengembangan masyarakat dan bangsa.
  6. Mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar, apabila menguasai bahasa inggris maka akan menjadi nilai tambah.
  7. Sedang tidak mengikuti beasiswa lain
  8. Mendaftar secara online melalui website tonoto foundation pada tanggal yang sudah ditentukan.

Untuk persyaratan tidak terlalu banyak dan relatif mudah dipenuhi mahasiswa, namun masih banyak yang bingung dengan pola pendaftaran Beasiswa Tonoto Foundation ini pasalnya jika kita mencari informasi pembukaan pendaftaran beasiswa tahun ini maka yang ditemukan beasiswa tersebut sudah tutup sejak akhir tahun lalu.

Pada intinya beasiswa satu ini diperuntukan untuk mahasiswa yang telah lulus jalur reguler tahun ini dan akan dibuka pendaftaran mulai pertengahan tahun hingga akhir tahun karena tahapan seleksi cukup panjang maka mahasiswa lulus baru akan memperoleh beasiswa pada tahun depan dengan skema tetap sama dari semester 1 hingga semester 8. Jadi untuk mahasiswa semester 1 tahun ini bisa mencari informasi beasiswa ini dengan pendaftaran tahun depan. 

Pendaftaran

  1. Cari kata kunci beasiswa Teladan Tonoto Foundation ditambah dengan kata kunci tahun depan
  2. Akan masuk pada website resmi https://www.tanotofoundation.org/id/ sesuai dengan informasi yang dicari 
  3. Selanjutkan klik Daftar Teladan Disini 
  4. Langkah selanjutkan akan diarahkan ke form jotrform untuk mengisi form online pastikan melakukan pendaftaran sebelum pendaftaran berakhir.
  5. Isi data diri dengan lengkap, termasuk data orang tua, penghasilan, prestasi dan lainnya secara lengkap 
  6. Apabila data sudah terisi maka dapat mengirim dan tunggu proses seleksi adminstrasi 
  7. Adapun rangkaian tahapan pendaftaran dimulai dari awal Juli-September 
  8. Pengumuman seleksi adminstrasi akan disampaikan pada bulan Sepetember
  9. Adapun tahapan seleksi tahap satu, tahap, dua, tahap tiga beserta pengumuman akan dilaksanakan dari mulai September hingga Desember
  10. Awal tahun depan pengumuman penerima manfaat terpilih akan diumumkan melalui website dan mulai meneria beasiswa pada Januari.
  11. Proses seleksi akan dilaksanakan secara sistem gugur mulai dari seleksi admistrasi mereka yang dinyatakn lolos baru bisa lanjut pada seleksi tahap 1,2 maupun 3 jika gugur disalah satu tahapan maka tidak bisa mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Kuota Penerimaan

  1. Kuota penerimaan berlaku setiap kampus yang sudah menjadi anggota terdaftar di beasiswa ini maka masing-masing mahasiswa akan bersaing untuk memperebutkan kuota dari kampus yang sama.
  2. Rata-rata setiap tahun ada sekitar 3-5 orang yang akan lolos beasiswa ini, itu berlaku masing-masing kampus tinggal di kalikan 9, sekitar 40 orang - 45 orang yang akan menjadi ambassador beasiswa ini.

Beasiswa Teladan Tonoto Foundation ini cukup menarik, setelah kita membahas secara rinci mengenai beasiswa satu ini maka ditarik kesimpulan terdapat kekurangan dan kelebihan yang bisa kita temukan saat mendaftar diantaranya sebagai berikut :

Kekurangan Beasiswa Teladan Tonoto Foundation

  1. Beasiswa ini hanya untuk 9 kampus saja yang terdaftar diluar dari itu mahasiswa lain tidak bisa ikut mendaftar.
  2. Penetapan kuota tidak sama rata hanya mereka yang dinyatakan lulus kriteria akan menerima tidak menutup kemungkinan diterima lebih sedikit dari kuota yang ditetapkan
  3. Tidak ada keterangan kuota lulus dari pemberi beasiswa
  4. Proses pendaftaran hingga seleksi memakan waktu satu tahun lebih
  5. Sekitar 1 rb -10 rb peserta yang mendaftar bahkan lebih setiap tahunnya 
  6. Seleksi ketat dengan 4 lapis tahapan yang akan menguras tenaga dan pikiran anda.
  7. Hanya untuk mahasiswa semester 1 saja lewat dari itu tidak bisa mendaftar lagi
  8. Jika anda mengingikan beasiswa tahun ini maka harus ikut seleksi tahun lalu, sementara jika anda ingin beasiswa ini tahun depan baru bisa ikut tahun ini. dengan catatan tahun ini semester 1.
  9. Kuota sedikit pendaftar banyak.
  10. Mewajibkan anda memiliki prestasi baik akademik maupun non akademik.

Kelebihan Beasiswa Teladan Tonoto Foundation

  1. Persyaratan Beasiswa relatif sedikit dan mudah dipenuhi
  2. Terbatasnya kampus memberikan peluang besar untuk lulus beasiswa ini
  3. Kuota kelulusan dibagi masing-masing kampus secara otomatis mahasiswa hanya akan bersaing satu kampus saja.
  4. Meski tidak besar kuota yang akan lebih memiliki peluang karena tidak bersaing dengan mahasiswa kampus lain
  5. Beruntunglah jika kalian kuliah di salah satu kampus yang menjadi anggota beasiswa ini karena hanya mahasiswa reguler dari kampus tersebut yang bisa mendaftar.
  6. Mendapatkan beasiswa full dari semester 1 hingga 8 semester
  7. Selain mendapatkan beasiswa juga akan menjadi brandambarasador pemberi beasiswa.
  8. Waktu pembukaan panjang bahkan menjadi yang beasiswa dengan pendaftaran terpanjang.
  9. Fitur pendaftaran dengan pengisian form juga cukup singkat dan tidak bertele-tele

Demikian rangkuman review dari beasiswa satu ini semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat, untuk mengikuti beasiswa ini memang harus dari semester 1 kesempatan hanya akan bisa diikuti satu kali selama kuliah.