20 Jurusan Yang Harus di Hindari Jika Ingin Lulus PTN Favorite


20 Jurusan Yang Harus di Hindari Jika Ingin Lulus PTN Favorite - Hindari memilih Jurusan/Prodi dengan persaingan ketat itu artinya Sangat diminati oleh masyarakat berdasarkan hasil konferensi SNPMB Kemdikbud terdapat 20 Prodi dengan peluang kelulusan sekitar 0,9% hingga 1,6% itu sama dengan sangat kecil untuk lulus bagi yang tidak ingin gagal PTN sebaiknya hindari untuk memilih jurusan tersebut.

Memilih jurusan favorite di PTN memang menjadi salah satu keinginan terbesar setiap pelajar yang tahun ini sedang mengikuti tes, namun untuk memastikan kemampuan yang kita miliki sesuai dengan prodi yang akan dipilih sebaiknya mempelajari strategi lulus PTN diantaranya mengetahui persaingan setiap program studi yang akan diambil.


Semakin tinggi persaingan semakin banyak pendaftar yang ikut, sebaliknya semakin rendah persaingan berarti jurusan tersebut sedikit diminati. Hindari persaingan ketat dan pilih jurusan sepi peminat, tidak hanya itu saja pengukuran kemampuan harus dilakukan sebelum mengikuti tes, seperti perbanyak tryout dan latihan soal.

Nantinya kita bisa melihat berapa nilai yang didapat saat tryout mandiri, baru kemudian menyusun strategi dengan mencari di online terkait sumber nilai yang didapat apakah bisa lulus sesuai jurusan yang akan dipilih. Jika tidak sampai sebaiknya memilih program studi dengan passingrade yang lebih rendah dari tujuan prodi awal.

Dari sekian banyak prodi yang ada di PTN semua Jalur Masuk terdapat beberapa Prodi dengan persaingan terketat setidaknya ada 20 Prodi yang tersebar diseluruh Indonesia dengan rasio persaingan terketat dengan peluang lulus hanya 0,9% sampai 1.6% dari seluruh pendaftar, bayangkan peluang tidak lulus jika anda memilih jurusan/prodi ini sebesar 91%.

Jika kita sudah mengetahui kemungkinan lulus sangat kecil sebaiknya dihindari, dari pada buang-buang waktu dan tenaga, kecuali kita memang benar-benar pintar, sedangkan jurusan/prodi lain memiliki peluang yang sangat besar untuk lulus tentu kita bisa memilih jurusan lain, atau jika memang menginginkan jurusan tersebut masukan pilihan pertama sedangkan sisanya bisa memilih alterantif jurusan yang memiliki peluang lulus lebih besar.

Berdasarkan data konferensi pers yang dilakukan oleh SNPMB Kemdkbud melalui kanal Youtube terdapat 20 Prodi yang memiliki persaingan Terketat Se Indonesia untuk lebih jelas simak informasinya dibawah ini :

20 Jurusan Yang Harus di Hindari Jika Ingin Lulus PTN Favorite

  1. Ilmu Komunikasi UNJ
  2. Keperawatan UNTIRTA
  3. Manajemen UPI
  4. Gizi USU
  5. Ilmu Komunikasi UPI
  6. Kedokteran Gigi UNDIP
  7. Manajemen UNJ
  8. Gizi UNTIRTA
  9. Ilmu Komunikasi UNPAD
  10. PGSD UNSRI
  11. Manajemen UNPAD
  12. Teknik Informatika UNPAD
  13. Farmasi UNDANA
  14. Pendidikan Tata Boga UPI
  15. Farmasi USK
  16. Farmasi UNDIP
  17. Farmasi UPNV Jakarta
  18. Farmasi UNS
  19. Teknik Informatika UNRI
  20. Teknologi Informasi UNY

Tidak ada tawar menawar karena tinggi peminat maka 20 jurusan ini sangat susah untuk lulus, kecuali kita memiliki keunggulan karena super pintar. Sisanya kita masih memiliki kesempatan besar untuk lulus meskipun memilih PTN yang sama dari salah satu jurusan diatas karena yang menjadi catata khusus hanya pada jurusan dengan persaingan terketat di Indonesia.

Sebagai bahan pertimbangan admin juga akan memberikan data beberapa peluang kuota PTN paling banyak menerima mahasiswa baru tahun ini bisa menjadi referensi anda untuk pilih salah satu karena kuota cukup banyak diantaranya sebagai berikut :

 

20 PTN Penerima Mahasiswa Baru Terbanyak

  1. Universitas Brawijaya
  2. Universitas Negeri Surabaya
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Universitas Negeri Padang
  5. Universitas Negeri Makassar
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas Malikussaleh
  9. Institut Pertanian Bogor
  10. Universitas Hasanuddin
  11. Universitas Negeri Medan
  12. Universitas Lampung
  13. Universitas Sumatera Utara
  14. Universitas Haluoleo
  15. Universitas Negeri Semarang
  16. Universitas Riau
  17. Universitas Negeri Malang
  18. Universitas Udayana
  19. Universitas Syiah Kuala
  20. Universitas Jember

Sedangkan yang berencana untuk ikut seleksi KIP Kuliah admin rekomendasikan untuk memilih 20 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak, jika memilih dari salah satu maka besar kemungkinan untuk memiliki peluang lulus lebih tinggi karena kuota yang tersedia lebih banyak untuk lebih jelas seperti berikut :

 

20 PTN Penerima Peserta KIP Kuliah Terbanyak

  1. Universitas Malikussaleh
  2. Universitas Negeri Padang
  3. Universitas Syiah Kuala
  4. Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Universitas Negeri Gorontalo
  6. Universitas Haluoleo
  7. Universitas Andalas
  8. Universitas Lampung
  9. Universitas Tadulako
  10. Universitas Negeri Makassar
  11. Universitas Diponegoro
  12. Universitas Riau
  13. Universitas Hasanuddin
  14. Universitas Sebelas Maret 
  15. Universitas Brawijaya
  16. Universitas Sulawesi Barat
  17. Universitas Sumatera Utara
  18. Institut Teknologi Sumatera
  19. Institut Pertanian Bogor
  20. Universitas Trunojoyo Madura

Semoga informasi yang admin dapat menjadi bahan pertibangan mana saja Jurusan yang harus dihindari dan mana saja PTN dengan kuota penerimaan paling banyak, analisis dilakukan untuk mengatur strategi agar bisa lulus PTN meskipun nilai yang diperoleh pas-pasan, semoga kita tahun ini bisa kuliah di PTN Tavorite tujuan amin.