Cara Cek Pengumuman UNIB 2024/2025


Cara Cek Pengumuman UNIB 2024/2025 - Sejak awal tahun, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) sudah dilaksanakan dengan berbagai macam ketentuan yang telah diterapkan, salah satunya ketentuan jalur masuk di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki aturannya masing-masing. PTN yang terlihat telah membuka proses PMB yaitu Universitas Bengkulu (UNIB). UNIB membagi jalur masuk menjadi 3 macam, yaitu :
  1. Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP)
  2. Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)
  3. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Mandiri
  4. Vokasi Prestasi Akademik


 

 
Pengumuman SNBP
 
Bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang ingin mendaftarkan diri di UNIB, ada baiknya untuk mengetahui pengumuman mengenai jalur masuk yang akan diambil. Jika Anda ingin memasuki UNIB melalui SNBP, ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mengetahui pengumuman seputar SNBP, antara lain :
  1. Kunjungi situs resmi Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB di http://admisi.unib.ac.id/ atau https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Anda akan memasuki bagian beranda di situs tersebut dan terdapat beberapa pilihan
  3. Anda dapat klik “Pengumuman SNBP” 
  4. Lalu Anda dapat klik “Syarat dan ketentuan pendaftaran ulang calon mahasiswa yang diterima pada jalur SNBT”
  5. Lalu Anda akan masuk ke bagian Pengumuman, Anda dapat klik “SNBP” 
 
Dalam melaksanakan SNBP, sekolah asal pendaftar diberikan peran penting dalam mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) seputar rekam jejak antara siswa atau siswi pendaftar di UNIB dan sekolah asal dari siswa atau siswi tersebut. Data tersebut akan dikelola oleh SNPMB. 
 
 
Pengumuman SNBT
 
Jika Anda memasuki UNIB melalui jalur masuk SNBT, Anda harus mengetahui pengumuman resmi mengenai SNBT agar tidak tertinggal, berikut ini terdapat langkah-langkah untuk melihat pengumuman terkait SNBT, antara lain :
  1. Kunjungi situs resmi dari Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB di http://admisi.unib.ac.id/ atau https://pengumuman-snbt-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Lalu Anda akan masuk ke beranda situs tersebut
  3. Anda dapat klik “Pengumuman SNBT 
  4. Lalu klik “Syarat dan ketentuan pendaftaran ulang calon mahasiswa yang diterima pada jalur SNBT”
  5. Anda akan memasuk situs Regmaba UNIB
  6. Lalu Anda dapat klik “SNBT”
  7. Nanti akan terdapat berbagai macam pengumuman terkait SNBT

 

Berbeda dengan SNBP, pelaksanaan SNBT akan dilakukan melalui ujian tertulis. Seiring perkembangan teknologi, proses pelaksanaan SNBT kian meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun sebelumnya, pelaksanaan SNBT mulai menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
 

Pengumuman Jalur SMMPTN

Selain SNBP dan SNBT, terdapat jalur yang tersedia lainnya yaitu melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Mandiri. Bagi calon mahasiswa dan mahasiswi yang ikut pendaftaran melalui jalur yang satu ini, ikuti beberapa langkah dibawah ini agar dapat melihat pengumuman resmi dan terbaru mengenai Seleksi Penerimaan Mahasiswa Mandiri, yaitu :

  1. Anda dapat memulai dengan kunjungi situs resmi Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru di http://admisi.unib.ac.id/ atau https://pengumuman.smmptnbarat.id/
  2. Lalu Anda akan memasuki bagian beranda
  3. Klik “Pengumuman 
  4. Lalu Anda dapat klik “Syarat dan ketentuan pendaftaran ulang calon mahasiswa yang diterima pada jalur SNBT”
  5. Anda akan memasuki situs Regmaba
  6. Anda dapat klik “SMMPTN” 
  7. Nanti Anda akan melihat pengumuman jalur Mandiri lebih lanjut

 

Pada dasarnya, SMM PTN merupakan istilah lain dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Mandiri atau jalur Mandiri. Pelaksanaan dari jalur ini melalui Ujian Tulis dalam Bentuk Cetak (UTBC) atau hasilnya diambil dari hasil ujian tulis dan keterampilan siswa atau siswi yang mendaftar. Jalur Mandiri ini dilaksanakan dan diawasi oleh panitia SMM PTN Barat.  

 

Pengumuman Vokasi

Lalu terdapat jalur Vokasi Prestasi Akademik yang tersedia untuk calon mahasiswa dan mahasiswi yang ingin mendaftar di UNIB. Jika Anda ingin melihat pengumuman mengenai Vokasi Prestasi Akademik, Anda dapat melihanya dengan mengikut beberapa langkah dibawah ini, yaitu :

  1. Kunjungi situs resmi Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIB di http://admisi.unib.ac.id/ 
  2. Anda akan memasuki bagian beranda
  3. Anda dapat klik “Pengumuman
  4. Lalu klik “Syarat dan ketentuan pendaftaran ulang calon mahasiswa yang diterima pada jalur SNBT”
  5. Anda akan memasuki situs Regmaba
  6. Lalu Anda dapat klik “Vokasi Prestasi Akademik Gelombang 1” atau “Vokasi Prestasi Akademik Gelombang 2”
  7. Anda akan menemukan pengumuman resmi terkait Vokasi Prestasi Akademik

 

Selain pengumuman terkait jalur masuk di UNIB, situs Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru juga menyediakan berbagai macam informasi yang kemungkinan dibutuhkan oleh calon mahasiswa dan mahasiswi. Dalam situs tersebut, terdapat Pengumuman Hasil Seleksi, Informasi Jalur dan Gelombang Pendaftaran, Pendahuluan mengenai jalur masuk, Humas UNIB, Ketentuan Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Daya Tampung Program Studi.
 

Jika Anda ingin melihat Daya Tampung Program Studi Tahun ini untuk lebih memahami kuota yang tersedia di UNIB pada setiap jalur masuk yang tersedia, Anda dapat langsung klik pilihan tersebut yang berada pada beranda situs Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru.