3 Jalur Pendaftaran Online ISBI Bandung 2021/2022

Pmb.isbi.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online ISBI Bandung 2021/2022 - Artikel kali ini akan membahas tentang cara pendaftaran ISBI Bandung. ISBI Bandung atau InstItut Seni Budaya Indonesia Bandung merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Perguruan tinggi yang terletak di Jalan Buah Batu No 212 ini sebentar lagi akan membuka pendaftaran bagi para siswa lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang tertarik untuk mempelajari seni lebih dalam lagi. 

Karena itulah jika Anda berminta untuk melanjutkan pendidikan Anda di ISBI Bandung, maka simak informasi penting pada artikel kali ini. Berdirinya ISBI Bandung tentu saja tidak terlepas dari masyarakat Bandung itu sendiri. Banyaknya aspirasi masyarakat Bandung dan daerah Jawa Barat lainnya yang ingin mendirikan lembaga pendidikan tinggi seni tari di Bandung inilah yang merupakan cikal bakal dari ISBI Bandung.



Kemudian pada tanggal 31 Maret 1968 berdirilah Konservatori Tari atau KORI. Karena banyaknya masyarakat yang menaruh minat pada seni tari, maka banyak yang meminta agar KORI diakui sebagai lemabag formal. Lalu pada tanggal 27 Februai 1971 pun KORI berubah menjadi Akademi Seni Tari Jurusan Sunda. Pada tahun 1995 pun semakin banyak program studi yang ada di sini. Sheingga pada tahun tersebut pun berubah nama menjadi ISBI Bandung.

 

Fakultas dan Program Studi

ISBI Bandung mempunyai 4 fakultas yaitu:
  1. Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari program studi Seni Tari, Seni Teater, Seni Karawitan, serta Angklung dan Musik Bambu.
  2. Fakultas Seni Rupa dan Desain yang terdiri dari program studi Seni Rupa Kriya, Seni Rupa Murni, serta Tata Rias dan Busana.
  3. Fakultas Budaya dan Media yang terdiri dari program studi Film dan Televisi serta Etnostudi.
  4. Serta ada pula program Pascasarjana Magister Penciptaan/Pengkajian Seni.


Bagai siswa yang tertarik untuk melanjutnya studinya di ISBI Bandung maka perguruan tingig ini terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK/MA sederajat. Pendafataran pun dilakukan secara mandiri di kampus ISBI Bandung. Terdapat dua jalur penerimaan mahasiswa baru di ISBI Bandung yaitu jalur mandiri yang berupa tes ujian seleksi dan kedua adalah jalur yang sama seperti di perguruan tinggi lainnya yaitu SNMPTN dan SBMPTN yang dilaksanakan serentak dengan perguruaan tinggi lainnya di Indonesia.

Selain itu, ada pula jalur penerimaan mahasiswa lewat lewat jalur PMDK atau Penelusuran Minat dan Kemampuan. Untuk jalur yang satu ini, merupakan program yang dikhususkan untuk para lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang baru lulus. Persyaratan pendaftarannya adalah pendaftar masuk dalam ranking tertinggi di kelas pada semester 3, 4, dan 5. 
 

Jalur SNMPTN ISBI Bandung

Jalur SNMPTN merupakan jalur prestasi yang melibatkan sekolah dalam menentukan kelayakan dan pemeringatan, bagi yang bermiat berikut tata cara pendaftaran yang harus diselesaikan.
  • Buat akun di Portal.Ltmpt.ac.id
  • Menunggu Pemeringkatan sekolah
  • Lulus Pemeringkatan bisa lanjut Mendaftar.
  • Setelah akun Jadi  lulus pemeringkatan Login dan mulai melakukan pendaftaran. 
  • Isi biodata, data diri, data orang tua/wali, data keuangan, data prestasi dan data pendidikan.
  • Pastikan semua data terisi dengan benar sesuai identitas.
  • Upload file, foto, syarat, bukti prestastasi dan bagi yang memilih jurusan tertentu wajib upload portopolio.
  • Setelah selesai review resume dan finalisisasi data.
  • Cetak Kartu Peserta SNMPTN
  • Tunggu hasil akan diumumkan melalui Pengumuman.SNMPTN.ac.id.

 

Jalur SBMPTN ISBI Bandung. 

SBMPTN merupakan salah satu jalur tertulis dibuka untuk seleksi PTN seluruh Indonesia yang langsung bisa mendaftar secara pribadi tanpa harus menunggu campur tangan dari sekolah, siswa yang memenuhi syarat bisa langsung mendaftaran SBMPTN, berikut mekanisme pendaftaran SBMPTN.
  • Buat akun LTMPT UTBK melalui Portal.Ltmpt.ac.id. sampai akun siap digunakan
  • Isi biodata dan form secara online dengan cara login menggunakna akun LTMPT.
  • Pilih Menu UTBK isi identitas secara lengkap.
  • Kirim dan Simpan.
  • Bayar ke Bank BUMN
  • Login Kembali.
  • Pilih PTN dan Prodi yang diinginkan.
  • Pilih Jenis Tes dan Jadwal Tes
  • Finalisasi.
  • Kirim dan Simpan.
  • Cetak Kartu Ujian UTBK
  • Ikuti Tes
  • Pengumuman dimuat melalui situs Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  • Nilai UTBK merupakan nilai penentuan kelulusan SBMPTN bisa dilihat satu hari setelah pengumuman SBMPTN.
  • Hasil nilai UTBK juga bisa digunakan untuk syarat mendaftar tes Tertulis Mandiri PTN.
 

Jalur Mandiri PTN ISBI Bandung.

Beberapa jalur lain seperti jalur mandiri juga bisa diikuti setelah pelaksaan program jalur SNMPTN dan SBMPTN selesai berikut rincian bagi peserta yang ingin mengikuti jalur Mandiri ISBI. Ada beberapa persyaratan yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu bila ingin mendaftar sebagai calon mahasiswa baru jalur mandiri.
  1. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN
  2. Memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi lulusan tahun ini yang belum memiliki ijazah
  3. Sebelumnya tidak diterima melalui jalur seleksi SNMPTN atau SBMPTN tahun ini di ISBI Bandung
  4. Menyiapkan foto formal yang menampilkan foto diri berpakaian resmi
  5. Memiliki Surat Keterangan Kelakuan Baik bagi lulusan tahun ini dan Surat Keterangan dari Kepolisian bagi peserta yang lulus pada tahun-tahun sebelumnya
  6. Memiliki Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orang Tua
  7. Mampu menunjukkan Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Khusus sesuai dengan prodi yang dipilih. Ketentuannya bisa dilihat secara langsung pada laman resmi ISBI Bandung.
  8. Memiliki Surat Keterangan Beban Listrik atau Bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  9. Menyertakan slip gaji kedua orang tua atau wali
  10. Bagi peserta calon mahasiswa ISBI Bandung yang berusia di atas 23 tahun, wajib menyertakan Surat Keterangan atau Rekomendasi dari Instansi tempat bekerja
  11. Bagi peserta yang memiliki surat atau kartu peserta KIP Kuliah, wajib menyertakannya pada saat pendaftaran. Bila tidak memiliki, bisa juga menyertakan Kartu Pra Sejahtera, KIP, atau SKTM.
  12. Membuat Surat Pernyataan Sanggup Menaati Peraturan, Tidak Terlibat Narkoba dan Kesanggupan Membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal). Peserta bisa melihat formatnya pada aplikasi di laman resmi ISBI Bandung
  13. Peserta juga wajib menyertakan beberapa form surat lain seperti Surat Pernyataan Sudah Memahami Formulir Isian 1 s.d 5., Surat Keterangan dari RT/RW terkait kebenaran data penghasilan yang diketahui oleh Lurah atau Kepala Desa setempat, Surat Pernyataan Orang Tua atau Wali mengenai kebenaran data dan kesanggupan menerima keputusan, Formulir Data Calon Mahasiswa dan Data Pekerjaan, Penghasilan, Pengeluaran, Orang Tua serta Data Keluarga yang diketahui oleh Orang Tua atau Wali. Selanjutnya form terakhir adalah Formulir Kesediaan Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Semua form surat tersebut bisa dilihat formatnya pada aplikasi di laman resmi.

Setelah menyiapkan syarat-syarat untuk mendaftar Jalur Mandiri ISBI Bandung dengan lengkap, kini Anda siap melakukan pendaftaran. Beberapa tahapan pendaftaran yang harus diselesaikan adalah sebagai berikut.
  1. Mengisi formulir seleksi mandiri secara daring/ online. Formulir ini bisa diisi di laman resmi ISBI Bandung yakni http://pmb.isbi.ac.id. 
  2. Mendapatkan nomor tagihan dan jumlah nominal yang harus dibayarkan. Peserta bisa membayar tagihan kepada Bank dengan nomor rekening yang sudah ditentukan.
  3. Membayar tagihan ke Bank dan nomor rekening yang sudah ditentukan. Saat melakukan pembayaran tagihan, sertakan juga nama lengkap dan nomor invoice Anda sebagai catatan karena telah melakukan transaksi pembayaran di Bank baik melalui Teller ataupun Internet Banking
  4. Konfirmasi pembayaran yang sudah Anda lakukan secara daring pada laman resmi PMB ISBI Bandung, https://pmb.isbi.ac.id. Pihak petugas keuangan kampus akan memverifikasi pembayaran Anda dalam jangka waktu 1 - 3 hari kerja.
  5. Selama jangka waktu verifikasi, sering-seringlah untuk melihat email Anda apakah Akses Login Pendaftaran sudah terkirim atau belum. Bila belum juga tersedia, maka segera hubungi kontak Sekretariat PMB Jalur Mandiri ISBI Bandung.
  6. Cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ISBI Bandung Anda. Pendaftaran Anda akan dianggap sudah selesai bila Anda sudah berhasil mencetak Kartu Peserta Ujian Seleksi Mandiri ISBI Bandung. Bila belum bisa menyelesaikan semua alur pendaftaran hingga waktu yang sudah ditentukan, Anda tidak akan bisa ikut serta proses seleksi. Jadi, perhatikan baik-baik waktu dan tanggal yang tertera pada laman resmi PMB ISBI Bandung.
  7. Perlu dicatat bahwa untuk seleksi mandiri ISBI Bandung juga mewajibkan para calon mahasiswa baru-nya untuk upload portofolio. Batas akhir upload portofolio mahasiswa baru jalur mandiri adalah pada tanggal yang sudah ditentukan. Pastikan untuk mengecek apa saja poin-poin dalam portofolio yang didasarkan pada prodi yang akan Anda pilih.
  8. Anda wajib mengikuti tes sesuai dengan Program Studi yang Anda pilih. Tipe tes yang akan dilakukan adalah Ujian Pengetahuan dan Pengetahuan Seni. Untuk kriteria tes masing-masing prodi, akan diinformasikan di laman resmi PMB ISBI Bandung. 
  9. Waktu pelaksanaan tes dapat dilihat pada kartu peserta ujian. Harap hadir saat pelaksanaan tes karena bila tidak, akan dianggap tidak menyelesaikan seluruh proses seleksi.
  10. Cek pengumuman hasil Seleksi Mandiri, Nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) serta Nomor Briva Anda di laman resmi https://pmb.isbi.ac.id.
  11. Bila Anda sudah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa atau mahasiswi baru ISBI Bandung, segera lakukan pembayaran SPP dengan nominal Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sudah diinformasikan sebelumnya. Masa Pembayaran diinformasikan melalui situs resmi Isbi Bandung.
  12. Besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa Reguler Program Sarjana ISBI Bandung untuk Tahun ini akan ditunjukkan secara terbuka pada laman resmi https://pmb.isbi.ac.id. Jadi pastikan Anda sudah mengetahui Nominal UKT per-semester yang harus dibayarkan sebelum melakukan pembayaran.
Bila Anda merasa masih belum puas atas penjelasan ini, silahkan sampaikan langsung keluhan serta pertanyaan Anda ke Gapura Layanan Informasi Terpadu (GLIT) ISBI Bandung. Waktu pelayanannya adalah dari hari Senin sampai Jumat saat jam kerja, yakni pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.