3 Jalur Pendaftaran Online POLIPANGKEP 2021-2022

Polipangkep.ac.id - 3 Jalur Pendaftaran Online POLIPANGKEP 2021-2022 - Cara Untuk Pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan ini atau lebih dikenal dengan nama Polipangkep ini merupakan salah satu politeknik yang berada di Kabupaten Pangkaje dan kepulauan Sulawesi Selatan. 

Polipangkep ini mempunyai program studi untuk jenjang DIII dan juga DIV dimana program studi tersebut merupakan program studi di bidang perikanan dan pertanian. Adapun 6 jurusan yang ada pada Polipangkep ini diantaranya yaitu:



  1. DIII Budidaya perikanan
  2. DIII Penangkapan Ikan
  3. DIII Budidaya Tanaman Perkebunan
  4. DIII Agribisnis Perikanan
  5. DIII Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan
  6. DIV Agroindustri

Sebenarnya Politeknik ini dibangun dari Universitas Hasanudin yang ada di Sulawesi Selatan. Adapun beberapa tujuan didirikannya Politeknik adalah untuk mengembangkan beberapa sistem pendidikan yang baik, menghasilkan lulusan yang cukup profesional, meningkatkan jaringan kerja, meningkatkan kemampuan bidang terapan dan mengembangkannya, meningkatkan politeknik ini sebagai pusat informasi terapan, meningkatkan aktivitas kewirausahaan, meningkatkan disiplin, dan meningkatkan efektivitas pelayanan aparatur politeknik ini. 

Politeknik ini juga mempunyai visi dan misi tersendiri dalam pembangunannya yaitu menjadi sebuah lembaga yang mempunyai pendidikan yang tinggi dan unggul terutama bidang pertanian dengan menyelenggarakan pendidikan vokasional, mengembangkan teknologi terapan, meningkatkan kerja sama dengan masyarakat, meningkatkan jiwa kewirausahaan. 

Polipangkep ini juga mempunyai cukup fasilitas untuk sebuah universitas diantaranya gedung kuliah, perpustakaan, asrama, auditorium, hatchery, green house, beberapa ruangan untuk workshop, kapal latih, kebun percontohan, tambak percontohan, fasilitas olahraga, dan beberapa laboratorium seperti laboratorium komputer, multimedia, bahasa, biologi, hama dan penyakit ikan, mikrobiologi, nutrisi, tanah, biokimia, kualitas air, simulasi bisnis, kultur jaringan, basah akuakultur, benih tanaman, klimatologi, dan tanaman.


Jalur SNMPN

Untuk pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan secara SNMPN Anda harus memenuhi beberapa ketentuan dan persyaratan. Misalnya saja ketentuan umum untuk SNMPN ini adalah penjaringan siswa atau siswi yang mempunyai prestasi akademik yang tinggi dengan nilai rapor atau prestasi lain, kemudian siswa siswi yang mengikuti SNMPN ini harus mempunyai NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional. Untuk syarat siswa yang akan mendaftar di Polipangkep ini adalah sebagai berikut:
 
Persyaratan
  1. Siswa siswi tingkat akhir dan mengikuti UN atau Ujian Nasional
  2. Memiliki NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional
  3. Adanya rekomendasi dari Kepala Sekolah
  4. Mempunyai prestasi yang baik pada setiap semester pada bidang akademik

Pendaftaran

  1. Siswa yang dinyatakan lulus pemeringkatan akan mendapatkan login 
  2. Kunjungi situs resmi snmptn.politeknik.or.id pilih menu login
  3. Isi form secara lengkap
  4. Upload foto dan data lainnya
  5. Pilih Politeknik dan prodi
  6. Kirim
  7. Selesaikan pendaftaran.
  8. Cetak kartu peserta
  9. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs sbmpnt.politeknik.or.id
 
 
Jalur SBMPN
 
Sedangkan untuk cara pendaftaran lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan jalur SBMPN dimana jalur ini merupakan jalur untuk ujian tertulis. Sehingga untuk dapat diterima di politeknik ini Anda harus dapat lolos tes tulis terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ujian tes tulis ini Anda bisa langsung mengunjungi website sbmpn.politeknik.or.id.
  1. Melakukan pendaftaran melalui situs resmi sbmpn.politeknik.or.id
  2. Pilih menu pendaftaran
  3. Isi form online
  4. Kirim 
  5. Akan muncul kode bayar silahkan untuk bawa ke bank BUMN untuk melakukan pembayaran
  6. Login setelah melakukan pembayaran
  7. Pilih Politeknik dan prodi yang diinginkan
  8. Tentukan jenis tes yang akan diikuti
  9. Kirim
  10. Selesaikan
  11. Cetak Kartu Ujian
  12. Ikuti Ujian
  13. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs sbmpn.politeknik.or.id


Jalur Mandiri

Untuk pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan lainnya adalah dengan menggunakan jalur mandiri. Dimana jalur ini digunakan untuk alternatif terakhir jika siswa atau soswi yang masih ingin mendaftar ke politeknik ini tetapi tidak lolos pada jalur lain sebelum jalur mandiri ini dibuka. Jalur ini ada yang menggunakan tes ada juga yang tidak, oleh sebab itu untuk mempersiapkan pendaftaran pada jalur ini Anda harus benar-benar sebab jalur ini juga merupakan jalur terkahir. Informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri juga bisa Anda lihat pada website polipangkep.ac.id.
  1. Melakukan pembayaran pendaftaran ke bank BUMN terdekat
  2. Kunjungi situs resmi http://pmb.polipangkep.ac.id/
  3. Pilih menu Registrasi
  4. Lengkapi form online mulai dari mana alamat, dan jalur yang akan diikuti
  5. Upload butkti bayar
  6. Kirim Form
  7. Akan muncul PIN Login
  8. Login menggunakan PIN yang sudah didapat.
  9. Upload file ijasah, foto dan lainnya
  10. Setelah berhasil pilih politeknik dan jurusan yang diminati
  11. Kirim Final
  12. Selesaikan
  13. Cetak kartu ujian
  14. Ikuti Ujian
  15. Hasil kelulusan akan diumumkan melalui situs http://pmb.polipangkep.ac.id/


Biasanya untuk bidikmisi ini mahasiswa akan diberikan beasiswa dari mulai masuk kuliah hingga lulus kuliah. Untuk jalur bidikmisi ini dapat dilakukan bersamaan dengan jalur pendaftaran lainnya yaitu SNMPN, SBMPN, ataupun mandiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Anda juga dapat melihatnya di website polipangkep.ac.id.

Nah, bagi Anda yang berminat dengan jurusan-jurusan yang ada di politeknik ini, maka silahkan Anda melakukan pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan dengan melalui beberapa jalur yang Anda inginkan baik itu jalur SNMPN tanpa tes, SBMPN, ataupun mandiri.