Cara Pendaftaran Online Jalur Mandiri POLNEP 2024/2025


POLNEP.ac.id - Cara Pendaftaran Online Jalur Mandiri POLNEP 2024/2025 - Hampir semua orang yang sudah menempuh pendidikan SMA menginginkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Oleh karena itu semua siswa tingkat akhir SMA ini berbondong-bondong untuk mendaftar di seluruh universitas yang ada di Indonesia, baik itu universitas negeri maupun swasta. Menganyam pendidikan negeri ataupun swasta sama saja, sehingga para siswa akan mendaftar kesana kemari agar mendapatkan universitas yang diinginkannya.

Meskipun begitu banyak juga universitas yang dibangun oleh pemerintah seperti STAN, Pertanahan, IPDN, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga universitas negeri dimana mengutamakan kerja praktek seperti Politeknik. Di Indonesia sendiri Politeknik ini sudah berada dimana-mana. Salah satunya adalah Politeknik Negeri Pontianak. Untuk Pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak pada siswa dapat langsung mendaftar lewat websitenya.




Jurusan
 
Politeknik Negeri Pontianak ini merupakan salah satu Politeknik yang berada di Pontianak Kalimantan Barat. Politeknik ini mempunyai 8 Jurusan, yaitu jurusan 
  1. Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari program studi teknik sipil dan program studi Teknik Arsitektur, 
  2. jurusan Teknik Mesin terdiri dari program Studi Operator dan Peralatan Alat Berat, dan Program Studi Teknik Mesin. 
  3. Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program Studi Teknik Listrik, program Studi Teknik Elektronika, dan program Studi Teknik Informatika. 
  4. Jurusan Akuntansi terdiri dari Program studi Akuntansi, dan program studi Akuntansi Sektor Publik.
  5. Jurusan teknik Artsitektur, 
  6. jurusan Teknologi Pertanian yang di dalamnya terdapat program studi teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, 
  7. jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan, program studi Teknologi Penangkapan Ikan, program studi Teknologi Budidaya Perikanan. 
  8. Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan juga terdapat Teknologi Budidaya Perikanan, Teknologi Penangkapan Ikan, dan juga Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.
  9. Dan yang terakhir adalah jurusan Administrasi Bisnis yang terdiri dari program studi Administrasi Bisnis, dan program studi Administrasi Instansi Pemerintah. 
 
Persyaratan
  1. Umur maksimal 24 tahun
  2. Fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dan di legalirsir 1 lembar
  3. Softcopy foto
     
     
    Pendaftaran
    1. Kunjungi https://spmb.polnep.ac.id Kemudian klik link "Daftar" 
    2. Isi Password sesuai Keinginan, 
    3. Lengkapi Data dan Pilih Jumlah Program Studi yang diminati. 
    Pembayaran
    1. Tekan Link Cetak Slip Pembayaran. 
    2. Membayar ke Bank Daerah direkomdaskan pembayaran melalui teller. 
    3. Simpan Bukti Pemnbayaran. 
    4. Nomor Peserta dan password akan aktif maksimal 24 jam setelah pembayaran. 
    5. Biaya pendaftaran sesuai yang tertera pada situs resmi. 
    Login
    1. Buka kembali situs https://spmb.polnep.ac.id kemudian klik "Masuk"
    2. Login menggunakan akun yang sudah diterima. 
    3. Lengkapi Biodata, 
    4. Pilih Prodi. 
    5. Upload foto dan Dokumen persyaratan.
    6. Jangan Lupa Cetak kartu Peserta. 

    Pengumuman

    1. Hasil akir akan diumumkan melalui situs resmi Pmb.polnep.ac.id
    2. Pilih Jalur Masuk yang diikuti klik tautan dan cek apakah anda lulus atau tidak. 


    Biaya-biaya ini harus dibayarkan sekali selama kuliah di Politeknik ini. Sedangkan untuk komponen biaya-biaya tadi akan dibayarkan ketika calon mahasiswa baru melakukan registrasi sebagai mahasiswa. Adapun beberapa komponen biaya yang harus dibayar setiap semesterannya, yaitu:
    • Kartu Mahasiswa atau Kartu Perpustakaan
    • SPP
    • Penerimaan Asuransi Mahasiswa
    • Praktek Pengembangan Kompetensi
    • Pengembangan Kemahasiswaan
    • Pelayanan Kesehatan Mahasiswa

    Sama halnya dengan politeknik atau universitas lain, setiap siswa yang akan masuk kuliah biasanya akan memikirkan lagi bagaimana biaya untuk kuliah dan bagaimana prospek kerja pada jurusan pada universitas atau politeknik tersebut. Oleh karena itu setelah melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak ini para calon mahasiswa harus mengetahui jumlah bulat biayanya. Untuk biaya keseluruhan dari Politeknik negeri Pontianak ini adalah Rp 3.191.000,- bisa juga sampai pada Rp 3.441.000,- untuk Diploma III.

    Sedangkan untuk Diploma IV biaya yang harus di bayarkan adalah sekitar Rp 3.841.000,- sampai dengan Rp 4.041.000,-. Adapun untuk biaya uang kuliah tunggal atau UKT per semesternya akan berbeda setiap jurusan dan juga mempunyai beberapa tingkatan. Dimulai dari tingkat yang paling murah yaitu tingkat I dengan jumlah pembayaran rata-rata semua jurusan adalah Rp 500.000,-. Semakin naik level maka semakin besar juga biasanya UKT yang harus dibayarkan persemesternya. Sedangkan untuk level yang paling tinggi adalah UKT level V dengan rata-rata setiap jurusan atau prodi akan membayar sebesar Rp 2.500.000,-.