Cara Pengisian PDSS SNBP Sekolah TA 2024/2025


Cara Pengisian PDSS SNBP Sekolah TA 2024/2025 - baik yang terdaftar maupun yang belum, Cara Pengisian PDSS SNBP Sekolah melalui SNBP simak Pengisian PDSS SNBP. Begini Panduan Pengisian PDSS - PDSS merupakan singkatan dari Pangkatan Data Sekolah dan Siswa serta harus diketahui oleh calon peserta SNBP di tahun ini. Halaman PDSS sendiri masih terbilang baru sehingga calon peserta SNMTPN belum memiliki pengalaman dalam mengakses serta mengisinya. 

Alamat situs ini sendiri masih terasa asing sehingga dibutuhkan panduan pengisian PDSS yang lengkap dan bermanfaat. Terdapat beberapa poin yang penting diperhatikan dalam pengisian data di PDSS ini. Alamat situs ini sendiri adalah SNBP. Saat kita mengunjungi halaman website, akan terdapat tulisan Pangkatan Data Sekolah dan Siswa yang merupakan kepanjangan dari PDSS. Kemudian di bawahnya terdapat dua pilihan tombol yaitu Halaman Untuk Siswa serta Halaman Untuk Sekolah.





Dari sini saja sudah bisa kita tebak fungsi dari kedua tombol tersebut, di mana salah satunya khusus untuk mengisi data sekolah dan satunya lagi untuk mengisi data-data siswa. Halaman Untuk Sekolah akan secara khusus dikelola langsung oleh sekolah sementara Halaman Untuk Siswa dikelola sendiri oleh siswa yang menjadi calon peserta SNBP. 

Seleksi SNBP tahun ini sendiri akan mengutamakan seleksi administrasi. Penilaiannya didasarkan pada rekam prestasi siswa selama bersekolah yang diupload di situs PDSS ini. Agar proses dapat berjalan dengan lancar, maka ada dua kemungkinan yang dilakukan, yaitu mengisi data secara total baik bagi sekolah maupun siswa dan memperbarui data yang ada apabila siswa pernah mengikuti SNBP di tahun sebelumnya.

Sebelum menuju panduan pengisian PDSS, sebelumnya kita lihat terlebih dahulu jadwal pendaftaran untuk SNBP tahun ini. Pendaftaran sekolah di PDSS sendiri. Untuk verifikasi PDSS dimulai dari. Pendaftaran SNBP akan mulai. Sementara pencetakan kartu tanda peserta SNBP dapat dilakukan. Proses seleksi akan dimulai. Terakhir, pengumuman hasil seleksi.

Untuk panduan pengisian PDSS akan dimulai dari pihak sekolah terlebih dahulu. Ini karena sekolah adalah pihak yang memiliki peran penting dalam pendaftaran SNBP siswanya. Pihak sekolah harus mengisi PDSS sekolah terlebih dahulu serta memberikan rekomendasi siswa berprestasi agar bisa ikut seleksi SNBP

Rekomendasi akan dibuat oleh Kepala Sekolah melalui tenaga kependidikan seperti bidang TU guna melakukan pengisian di halaman PDSS sekolah.Sekolah baru akan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sekolah yang sudah terdaftar dalam PDSS namun belum mengisi form pendaftaran. Urutan pendaftarannya adalah sebagai berikut.
  1. Panduan pengisian PDSS untuk sekolah yang belum mengisi form namun sudah terdaftar diawali dengan membuka alamat PDSS.SNMTPN.ac.id
  2. Setelahnya, pilih menu Halaman Sekolah
  3. Pilih provinsi, kabupaten serta kota
  4. Kemudian pilih nama sekolah
  5. Isikan Nama Sekolah dan juga NPSN, lalu klik tombol “Lanjut”
  6. Isi form pendaftaran yang tersedia secara lengkap
  7. Apabila semua kolom sudah terisi, klik tombol “Simpan Pendaftaran Sekolah”
  8. Sistem PDSS akan mulai memvalidasi NPSN dari sekolah tersebut
  9. Jika proses pendaftaran telah selesai dan dinyatakan berhasil, sekolah akan dapat melakukan login untuk pengisian data siswa

Pada urutannya adalah sekolah terlebih dahulu melakukan pengisian PDSS SNBP namun informasi kami berikan berikut informasi tambahan bagi sekolah baru yang belum terdaftar pada sistem PDSS NMPTN Kemudian, berikutnya adalah panduan pengisian PDSS untuk sekolah yang sudah memiliki NPSN namun belum terdaftar dalam PDSS. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
  1. Pertama, akses terlebih dahulu halaman PDSS.SNMTPN.ac.id
  2. Klik pada menu Halaman Sekolah
  3. Pilihlah menu Daftar Sekolah Baru
  4. Masukkan NPSN yang telah didaftarkan pada kolom tersedia
  5. Klik Lanjut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya
  6. Sistem PDSS nantinya akan mulai memeriksan NPSN yang telah diisikan ke dalam website
  7. Apabila NPSS telah terdaftar, informasi sekolah akan dimunculkan di form pendaftaran
  8. Lengkapi informasi yang dibutuhkan dalam form pendaftaran yang telah tersedia
  9. Jika proses pendaftaran sekolah telah berhasil, maka sekolah sudah bisa melakukan Login untuk pengisian data siswa

Satu hal yang harus diperhatikan adalah NPSN. NPSN yang tidak dikenal atau sekolah yang tidak memiliki NPSN harus didaftarkan secara manual. Caranya adalah dengan mengirim surat ke Panitia Nasional SNBP guna memiliki NPSN ini. Pendaftaran sekolah baru bisa diproses apabila sekolah telah memiliki NPSN. Apabila menemui kesulitan pada saat melakukan pengisian data pendaftaran.

Email ini secara khusus diperuntukkan bagi sekolah-sekolah yang menemui kesulitan dalam pendaftaran ataupun login. Ketika login sudah bisa dilakukan, ajukan permasalahan lewat menu Bantuan. Saat mengirim email, jangan lupa untuk menuliskan nama sekolah serta NPSN agar mempermudah mendapat jawaban.


Ini merupakan salah satu panduan untuk sekolah yang ada pada sistem PDSS SNBP namun belum teregistrasi berikut kami berikan Panduan pengisian PDSS berikutnya adalah login sekolah yang sudah terdaftar di PDSS serta memiliki NPSN. Berikut adalah alur untuk login yang diperlukan.
  1. Pertama, akses terlebih dulu alamat website SNBP
  2. Klik pada menu Halaman Sekolah
  3. Temukan sekolah dengan cara memilih provinsi, memilih kabupaten atau kota dan pilih nama sekolah
  4. Setelah menemukan nama sekolah, akan muncul keterangan mulai dari nama sekolah, alamat sekolah, NPSN serta password sekolah yang harus diisi agar bisa login
  5. Apabila sekolah baru saja login untuk kali pertama, akan muncul pesan agar kita membaca panduan pengisian PDSS
  6. Apabila tombol Kembali ke Halaman Utama diklik, muncul halaman untuk mengonfirmasi akreditasi sekolah
  7. Sesuaikan data yang diisi dengan akreditasi sekolah
  8. Jika sudah selesai, klik tanda centang kemudian klik Simpan
  9. Saatnya mengelola informasi sekolah terutama apabila ada perubahan, termasuk di dalamnya adalah pendefinisian kurikulum, pengisian data siswa yang ada di tiap kelas, pendaftaran kelas, pengisian nilai siswa serta data-data lain yang memang diperlukan
  10. Apabila semua data telah diisi, langkah berikutnya adalah mendownload password siswa
  11. Password siswa ini kemudian akan didistribusikan pada semua siswa agar mereka bisa melakukan login di halaman PDSS
  12. Setelah proses pendaftaran selesai, klik Logout agar bisa keluar dari dalam sistem
  13. Jika menemui permasalahan atau kesulitan saat proses pendaftaran, kita bisa melaporkannya dengan mengakses menu Bantuan yang ada di dalam sistem PDSS

Demikian adalah panduan untuk mengisi PDSS khusus untuk sekolah. Setelah sekolah selesai mengisi PDSS untuk sekolah, siswa dapat mengakses halaman website SNBP guna mengisi data-data siswa seperti nilai raport hingga data-data pribadi lainnya. Pengisian PDSS ini sangat penting untuk dipahami karena erat kaitannya dengan proses seleksi SNBP. 

Guru-guru bisa memberikan sosialisasi pada siswa mengenai tata cara pengisian PDSS menjelang tanggal pendaftaran SNBP. Semoga informasi di atas bermanfat dan bisa membantu dalam proses seleksi SNBP. Semoga berhasil. Semoga apa yang telah diberikan dapat membantu bapak ibu sekalin dalam proses Pengisian PDSS Baik sekolah yang sudah terdaftar maupun yang belum.