3 Jalur Pendaftaran Online UNSYIAH 2024/2025


3 Jalur Pendaftaran Online UNSYIAH 2024/2025 - Universitas Syiah Kuala atau yang biasa disingkat Unsyiah merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Aceh. Universitas ini adalah sebuah universitas tertua di Aceh yang berdiri pada tahun 1961. Universitas dengan 12 fakultas ini menawarkan 63 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Ingin kuliah tapi bingung memilih prodi? Admin punya tips memilih prodi yang biasa dijadikan acuan bagi "orang-orang besar". They said, "Pilihlah prodi yang sesuai dengan kegemaran sekaligus selaras dengan cita-cita".

Kegemaran atau kesukaan akan berdampak besar pada proses yang akan dijalani kelak, juga mempengaruhi semangat seseorang dalam menaklukkan setiap tantangan. Melejitnya prestasi dipengaruhi oleh kemauan kuat, disinilah "kegemaran mengambil alih", ia bisa menjadikan ambisi sebagai sebuah kebahagian proses. Kita akan merasa senang dalam menjalani setiap tahapan proses yang dihadapi, hingga semua terasa ringan.



"Saya sudah punya prodi pilihan tapi disarankan memilih prodi lain." Saran adalah salah satu bahan pertimbangan yang bisa kita jadikan opsi, dengan catatan "sesuai dengan tujuan akhir", namun pada akhirnya kitalah yang memegang kendali atas diri sendiri. Kita yang tahu persis apa yang diinginkan. So, Tetap pilih yang sesuai dengan hati nurani. Nah, jika teman-teman pembaca telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya bisa mendaftar Unsyiah melalui beberapa jalur berikut.



SNBP atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsyiah yang diberikan kepada siswa pintar di sekolahnya (berprestasi akademik tinggi) melalui seleksi nasional administrasi. Jalur SNBP ini biasa disebut jalur undangan. Dengan seleksi berupa penyaringan niai rapor semester 1-5 untuk SMA/sederajat dan juga penyaringan portofolio akademik.

Jika nilai rapor kalian masuk dalam perengkingan sesuai kuota Unsyiah dan portofolio akademik memenuhi persyaratan Unsyiah, "Selamat!" kalian berkesempatan kuliah di Unsyiah. Pendaftran SNBP ini, biasanya buka paling awal jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Info selengkapnya tentang SNBP bisa dibuka pada halaman https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Dimulai dari pembuatan akun melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Pastikan menyelesaikan proses pembuatan akun, validasi dan finalisasi akun.
  • Setelah jadi tinggal tunggu hasil pemeringkatan dari sekolah.
  • Siswa yang berhasil lulus pemeringkatan dapat login ke portal.ltmpt.ac.id.
  • Bagi yang sudah bisa login tinggal isi biodata, data wali, hingga data akademik.
  • Jangan lupa untuk mengupload file yang dibutuhkan, seperti persyaratan bukti akademik dan bukti prestasi.
  • Pilih PTN dan Prodi yang diinginkan.
  • Pastikan melengkapi semua data yang wajib diisi.
  • Bagi siswa/i yang memilih prodi Olahraga dan Seni wajib mengupload portopolio skill.
  • Setelah semua berhasil dilakukan finalisasi data, kirim dan simpan.
  • Data yang sudah di finalisasi tidak akan bisa dirubah lagi.
  • Cetak kartu peserta SNBP sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  • Tinggal tunggu hasil akhir SNBP.



SNBT atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk Unsyiah yang diberikan kepada lulusan SMA/sedejat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Peserta pada seleksi ini biasanya paling banyak dibandingkan seleksi lainnya. Dan itu artinya persaingan semakin ketat dan seru, disinilah kemampuan akademik kalian akan diuji. Ujian tertulis pada seleksi ini berupa butir-butir soal pilihan ganda dengan tiga kelompok soal.

Makin banyak yang dikerjakan semakin besar kesempatan lulus, "tidak juga!", Karena ketepatan dan kecepatan menjadi kunci keberhasilan. Kerjakan yang kemungkinan benarnya besar (1 soal benar bernilai +5, dan tidak dikerjakan bernilai 0). Pendaftaran SNBT ini, biasanya buka setelah SNBP, nah jika kalian tidak berkesempatan mengikuti/tidak lulus SNBP, bisa mendaftar Unsyiah melalui jalur ini. Info selengkapnya tetang SNBT bisa dibuka pada laman https://snbt.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Membuat akun melalui https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Pembuatan akun dilaksanakan jauh sebelum pendaftaran SNBT dibuka dengan kata lain diawal-awal tahun harus sudah mendaftar sebelum pendaftaran dibuka.
  • Jika sampai batas akhir pembuatan akun belum dilakukan validasi dan finalisasi dipastikan tidak akan bisa ikut UTBK.
  • Setelah berhasil melakukan pembuatan akun, calon peserta dapat langsung mendaftar UTBK jika sudah dibuka pendaftaran.
  • Proses awal melakukan pendaftaran UTBK, proses ini meliputi pengisian biodata, hingga selesai.
  • Nantinya akan keluar kode pembayaran yang harus segera dibayar ke Bank BUMN yang sudah ditunjuk.
  • Setelah bayar silahkan kembali login ke portal.ltmpt.ac.id untuk menyelesaikan proses pendaftaran UTBK.
  • Pengisian Data kembali dilakukan sampai semua data lengkap, pastikan peserta memilih Lokasi tes terdekat, pemilihan PTN/Prodi, Pengisian data diri, data keluarga dan data akademik.
  • Selain itu peserta dapat memilih sesi atau jam tes.
  • Setelah semua data diisi dengan benar lakukan finalisasi data, kirim dan simpan.
  • Jika data sudah terisi dengan benar dan selesai cetak kartu peserta UTBK.
  • Ikuti tes sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu UTBK.
  • Nilai UTBK merupakan penentu pengumuman kelulusan SNBT.
  • Nilai UTBK dapat juga digunakan syarat untuk masuk Jalur Mandiri PTN.

#3 Jalur Mandiri UNSYIAH

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh membuka pendaftaran jalur mandiri untuk calon mahasiswa baru melalui SMMPTN-Barat (Seleksi Mandiri PTN Indonesia Wilayah Barat) bersama 15 perguruan tinggi negeri lainnya di wilayah barat Indonesia. Berikut merupakan jadwal dan tata cara pendaftaran jalur mandiri SMMPTN-Barat Universitas Syiah Kuala :

Kritertia Pendaftaran SMMPTN-Barat Univeritas Syiah Kuala

Berikut merupakan beberapa kriteria pendaftaran SMMPTN-Barat Univesitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh :
  1. Peserta SMMPTN-Barat merupakan lulusan yang memiliki ijazah 3 tahun terakhir.
  2. Peserta SMMPTN-Barat yang akan mendaftar pada Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Hewan, dan Farmasi tidak diperkenankan menggunakan ijazah paket C.

A. Jalur SMMPTN Mandiri Tertulis UNSYIAH

Melakukan daftar

Pendaftaran bagi calon mahasiswa baru untuk mengikuti seleksi mandiri SMMPTN-Barat. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi data diri calon mahasiswa, dapat diakses melalui website resmi SMMPTN-Barat  https://pendaftaran.smmptnbarat.id

Melengkapi pendaftaran

Setelah mengisi data diri calon mahasiswa pada website resmi yang telah dilampirkan di atas, selanjutnya 
  • Calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan di bank. 
  • Calon mahasiswa akan mendapatkan ID Bayar dan PIN yang bisa digunakan untuk Login di website pendaftaran seleksi mandiri SMMPTN-Barat. 
  • calon mahasiswa bisa melakukan Login pada website resmi SMMPTN-Barat yang bisa diakses di website resmi SMMPTN-Barat https://pendaftaran.smmptnbarat.id untuk melengkapi pendaftaran lanjutan. 


B. Jalur Prestasi SMMPTN-Barat Univeritas Syiah Kuala 

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) juga menerima mahasiswa baru melalui jalur prestasi yang dibuka juga lewat SMMPTN-Barat. Jalur prestasi ini dibuat khusus untuk para calon mahasiswa yang berhasil meraih berbagai prestasi baik di bidang olahraga, keagamaan, dan juga kejuaraan atau prestasi tingkat nasional. Bagi calon mahasiwa yang memiliki prestasi yang sudah disebutkan di atas maka bisa mencoba jalur prestasi ini. 

Untuk para pendaftar yang ingin mencoba jalur prestasi maka bisa melakukan pendaftaran melalui website resmi SMMPTN Barat di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dan untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan untuk pendaftaran jalur prestasi pada SMMPTN-Barat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh ini bisa diakses pada website resmi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh di www.unsyiah.ac.id. Dan untuk pengumuman mahasiswa baru jalur prestasi SMMPTN-Barat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bisa diakses langsung di http://pmb.unsyiah.ac.id.


C. Pelaksanaan SMMPTN-Barat

Setelah melakukan pendaftaran dan memenuhi persayaratan, maka calon mahasiswa akan mendapatkan nomor ujian dan juga lokasi ujian SMMPTN-Barat. Untuk pelaksanaan SMMPTN-Barat sendiri dilakukan secara serentak bersama 15 perguruan tinggi lainnya yang berada di kawasan Barat Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SMMPTN-Barat bisa diakses di website resmi https://smmptnbarat.id dan informasi mengenai calon mahasiswa serta lokasi ujian bisa dicek pada akun masing-masing di website resmi SMMPTN-Barat https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/daftar/login.


D. Pengumuman SMMPTN-Barat 

Tahap yang terkahir adalah tahap pengumuman kelulusan mahasiswa baru SMMPTN-Barat, untuk pengumuman kelulusan bisa diakses pada website resmi SMMPTN-Barat di https://smmptnbarat.id.


E. Pendaftaran Ulang Mahasiswa Baru 

Jika calon mahasiswa baru dinyatakan lolos pada SMMPTN-Barat Barat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh, maka tahapan selanjutnya adalah melakukan daftar ulang mahasiswa baru yang mana informasinya bisa diakses melalui website resmi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yaitu http://pmb.unsyiah.ac.id


Telah kita bahas tentang cara mendaftar Unsyiah yang terdiri dari jalur SNBP, SNBT, mandiri Selalu ada jalan untuk mereka yang berkemauan. Tidak ada kata "gagal" selama masih mau mencoba. Persiapan matang, dan berikan yang terbaik. Jadikan diri ini "pantas" untuk lulus seleksi.

Kemauan tanpa tidakan adalah hayalan, Karena kemauan harus didorong degan kerja nyata. Tidak ada sukses tanpa kerja keras. Lakukan lebih dari yang orang biasa lakukan. "Aku bisa" dan benar-benar pantas! tak perlu pujian orang lain, biarkan waktu menjadi saksi untuk setiap kerja keras yang kita lakukan. Jika lelah, bayangkan tujuan akhir. Karena bayangan akan tercapainya tujuan akan menjadi energi tambahan untuk kembali berjuang. Selamat berjuang! Semangat! Semoga sukses senantiasa mengiringi!.