Cara Pendaftaran Online UNIMOR 2024/2025


UNIMOR.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNIMOR 2024/2025 - Untuk bisa melakukan pendaftaran secara online para peserta harus memahami apa itu UNIMOR dan seleksi apa saja yang ada di dalam kampus ini maka dari itu selaku peserta kalian harus memperhatikan peluang pendaftaran, bagi yang belum tau disini kami memberikan beberapa informasi terkait dengan pendaftaran.

Seperti biasa kita akan memberikan Review Pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku, untuk lebih jelas simak selengkapnya pendaftaran kali ini kita akan membahas mengenai Universitas Timur atau lebih dikenal dengan istilah UNIMOR sebagai salah satu kampus terbaik yang ada di Indonesia maka peserta wajib melakukan pendaftaran secara online dengan segala ketentuan yang ada.

Jika melihat dari jenis kampus UNIMOR merupakan salah satu yang ada dibagian timur Indonesia dan sekaligus termasuk PTN baru didirikan meski baru kiprah dari PTN satu ini sangat luar biasa bahkan sampai saat ini terus berkembang, ada banyak sekali peserta yang menginginkan kuliah dikampus UNIMOR tetapi tidak tau cara untuk mendaftar bagi yang ingin mengetahui berikut kami berikan informasi lengkapnya.




Dalam Review ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kita ketahui bahwa kampus UNIMOR memiliki serangkaian cara untuk melakukan pendaftaran yang tidak boleh dilewatkan karena ini menjadi awal dari perjuangan yang akan dilakukan oleh para peserta sesuai dengan apa yang telah dijelaskan disini kami kembali akan memberikan rincian dari pendaftaran yang dimaksud untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


1. Jalur Mandiri UNIMOR

Nah untuk yang pertama hal yang harus dilakukan adalah mengikuti segala ketentuan yang berkaitan dengan pendaftaran salah satu jalur masuk UNIMOR adalah jalur Mandiri jika dilihat dari jenis pendaftaran seleksi ini dilaksanakan melalui ujian tertulis peserta bisa melakukan pendaftaran tanpa harus menunggu rekomendasi sekolah untuk cara pendaftaran berikut kami berikan informasi lengkapnya seperti dibawah ini.

Bagi yang ingin menjadi mahasiswa baru di Universitas Timor, Anda bisa mencoba mendaftar melalui jalur seleksi mandiri. Syarat dan langkah-langkah pendaftarannya akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Persyaratan

  1. Seleksi masuk lewat jalur mandiri (SMMPTN) Universitas Timor ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa baru pada jenjang  program Diploma III (D3) dan Strata Satu (S1)
  2. Peserta melakukan pembayaran terlebih dahulu di Bank Mitra Universitas Timor yaitu Bank Mandiri seluruh Indonesia
Pembayaran
  1. Besar biaya pendaftaran yang harus disetor adalah sebesar 250 ribu rupiah. Oleh karena sistem transfernya tidak diperkenankan menggunakan sistem transfer melalui ATM, maka Anda harus membayar melalui Bank Mandiri terdekat secara langsung.
  2. Simpan bukti pembayaran yang diberikan oleh pihak Bank
  3. Kirimkan bukti pembayaran tersebut dalam bentuk file scan ke alamat email resmi seleksi mandiri Universitas Timor (UNIMOR) ke smmptn@unimor.ac.id. Tujuan dikirimkan  bukti pembayaran ini adalah agar mendapatkan KAP dan PIN dari Panitia Pendaftaran

Pendaftaran

  1. Selain lewat email, Anda juga bisa datang secara langsung ke Loket Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Universitas Timor (UNIMOR) selama jam kerja untuk mendapatkan KAP dan PIN yang dimaksud
  2. Setelah mendapatkan KAP dan PIN Anda, masuklah ke laman pendaftaran di https://pendaftaran-smmptn.unimor.ac.id/  
  3. Isi KAP Anda pada kolom “KAP/ User ID” dengan benar dan lengkap
  4. Isi PIN Anda pada kolom “PIN/Kode Akses” sesuai dengan yang telah diberikan
  5. Klik tombol ungu “Login” untuk bisa masuk ke laman tampilan pendaftaran
  6. Selanjutnya pada laman tampilan, akan ada form Biodata diri 
  7. Isilah form Biodata online tersebut dengan benar dan lengkap
  8. Pilihlah program studi yang Anda minati di Universitas Timor. Anda bisa melihat fakultas-fakultas yang ada di UNIMOR pada laman https://pendaftaran-smmptn.unimor.ac.id bagian menu “Program Studi”. Sebagai informasi, ada empat fakultas di UNIMOR yang diperuntukkan bagi pendaftar jalur seleksi mandiri yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Setelah semua data yang diminta telah lengkap, Anda wajib menyimpan kartu peserta ujian seleksi mandiri yang ditampilkan pada laman akun pendaftaran Anda
  10. Simpan baik-baik kartu Anda tersebut. Anda bisa melihat jadwal ujian pada kartu atau pada laman pendaftaran seleksi mandiri di https://pendaftaran-smmptn.unimor.ac.id. Semua informasi penting terkait pendaftaran, ujian, pengumuman, dan informasi penting lainnya umumnya akan ditampilkan di sana
Peserta KIP Kuliah
  1. Sebagai informasi, selain peserta reguler, Seleksi Mandiri Universitas Timor juga bisa diikuti oleh para peserta KIP Kuliah
  2. Syarat penting peserta KIP Kuliah yang bisa mendaftar seleksi mandiri adalah mereka yang tidak lulus SNMPTN dan SBMPTN dan berminat mengikuti SMMPTN di UNIMOR. Hal itu ditunjukkan dengan melampirkan bukti pendaftaran SNMPTN atau SBMPTN yang sudah diikuti sebelumnya
  3. Tidak seperti peserta reguler, para peserta KIP Kuliah dibebaskan dari kewajiban membayar biaya pendaftaran. Namun Anda wajib melakukan pendaftaran KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan mengisi borang KIP Kuliah yang ada di sana lalu memilih seleksi jalur mandiri PTN.
  4. Untuk mendapatkan KAP dan PIN seperti calon peserta lainnya, Anda diwajibkan memberikan atau mengiriman nomor pendaftaran atau KAP KIP Kuliah Anda beserta nama lengkap ke email kemahasiswaan@unimor.ac.id. 

Pengumuman  

  1. Cek pengumuman kelulusan seleksi mandiri Anda pada laman web resmi UNIMOR di https://www.unimor.ac.id atau langsung lihat di papan informasi Universitas Timor di Rektorat
  2. Lebih lanjut, informasi lebih lengkap terkait UNIMOR dan tahap-tahap pendaftaran masuk serta pengumumannya bisa Anda dapatkan melalui website resmi UNIMOR di https://www.unimor.ac.id atau di laman pendaftaran seleksi mandiri di https://pendaftaran-smmptn.unimor.ac.id.



Pembahasan kali ini hanya dibatasi sampai Cara pendaftaran UNIMOR mengingat semua keterkaitan antara keduanya memiliki hubungan yang sangat luar biasa maka dari itu selaku peserta kalian bisa ikuti seleksi masuk yang cocok untuk anda karena ada beberapa jalur masuk yang membutuhkan persyaratan khsusus sementara untuk jalur sisanya bisa diikuti secara umum. Semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat.

Demikilanlah informasi yang admin bisa berikan semoga dapat memberikan manfaat terutama bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran jangan lupa untuk terus update semua ketentuan yang berkaitan dengan pendaftaran jika dirasa belum jelas kalian bisa mengakses situs resmi dari masing-masing jalur masuk yang disiapkan dalam beberapa kesempatan ini memang sudah dirincikan mengenai Pendaftaran dan cara untuk mendaftar seperti diatas, terima kasih selamat mencoba dan semoga berhasil.