3 Cara Pendaftaran Online UNAIR 2021/2022

UNAIR.ac.id - 3 Cara Pendaftaran Online UNAIR 2021/2022 - Merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Universitas ini berdiri sejak tahun 1954 dan kini telah memiliki 14 fakultas yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Sain dan Teknologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Kelautan, dan Fakultas Vokasi.

Universitas dengan 14 fakultas ini menawarkar 39 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendididkan. Kalian bisa memilih prodi apa saja sesuai keinginan. Saran Admin, pilihhlah prodi yang kalian sukai, sekaligus menjadi hobi dan relevan dengan cita-cita. Kesukaan itulah yang akan menjadi "kayu bakar penyala api semangat". Tiap kali angin berhembus dan persediaan bahan bakar semakin menipis, kecintaan akan hal yang dijalani akan senantiasa menyediakan kayu tambahan dan kembali menyalakan api semangat yang kian meredup.

"Hidup tanpa semangat bagai zombie", ketika kita menjalani kuliah di prodi yang dicinta ditambah lagi senantiasa mengingat-ingat tujuan akhir (cita-cita), kita akan mrasaka hidup yang sesungguhnya. Di mana tiap tetes keringat perjuangan menjadi penggalan kisah mennyenangkan meski terkadang harus jatuh dan terjerembab. Hingga tiap waktu yang kita lalui berperan sebagai anak tangga kesuksesan yang kita susun sendiri. Prestasi melejit dan kita enjoy mnjalaninya. Menyenangkan bukan?




Nah, jika kalian telah mantap dengan prodi pilihan masing-masing, selanjutnya tinggal mendaftar UNAIR. Pendaftaran bisa dilakukan melalui beberapa jalur berikut:



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesempatan masuk UNAIR yang diberikan kepada "si anak pintar" (siswa berprestasi akademik tinggi) di sekolahnya melalui seleksi nasional administrasi. Seleksi administrasi ini berupa nilai rapor dan portofolio akademik. Kelulusan seleksi ini ditentukan melalui perengkingan nilai rapor secara nasional dan kelegkapan persyaratan khusus yang telah di tetapkan oleh pihak UNAIR. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya paling awal jika dbandingkan dengan seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya tentang seleksi ini kalian bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/
  1. Buat akun LTMPT untuk mengikuti SNMPTN melalui Portal.Ltmpt.ac.id 
  2. Klik daftar isi form online
  3. Pastikan nama, password, email dan data lainnya benar.
  4. Setelah semua proses selesai lakukan validasi dan finalisasi.
  5. Tunggu hasil pemeringkatan dari sekolah, bagi yang sudah lulus bisa login ke SNMPTN.ac.id menggunakan akun yang sudah ada.
  6. Mulai isi biodata pendaftaran, data pendukung lainnya seperti anggota keluarga, riwayat penghasilan orang tua, dan data pribadi terkait pendidikan terakhir termasuk lamiran bukti prestasi selama sekolah.
  7. Pastikan semua data terisi dengan benar, langkah selanjutnya Upload foto, file pendukung lainnya, dan bukti prestasi.
  8. Pilih PTN dan Prodi yang ada di UNAIR.
  9. Pastikan jenis kelompok sesuai pilihan Prodi bukan latar belakang pendidikan.
  10. Isi juga borang 
  11. Sementara bagi yang memilih jurusan seni dan olahraga wajib upload protopolio skill
  12. Kirim
  13. Finalisasi
  14. Cetak Kartu Peserta SNMPTN
  15. Hasil akhir kelulusan dapat di cek melalui Pengumuman.SNMPTN.ac.id



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan sebuah kesematan masuk UNAIR yang diberikan kepada lulusan SMA/Sederajat melalui seleksi nasional ujian tertulis. Ujian tertulis berupa butir-butir soal pilihan ganda yang tediri dari 3 kelompok soal dan harus dikerjakan dengan tepat dan cepat. Kelulusan seleksi ini ditentukan melalui perengkingan nilai hasil pengerjaan soal secara nasional. Yang masuk perengkingan sesuai kuota prodi UNAIR bisa diterima di UNAIR. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya setelah SNMPTN, nah bagi yang tidak berkesempatan/tidak lulus SNMPTN, bisa mendaftar UNAIR melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tetang SBMPTN, kalian bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/
  1. Buat akun bagi yang belum pernah mengikuti SNMPTN melalui Portal.Ltmpt.ac.id
  2. Jika sudah pernah buat akun SNMPTN silahkan lanjutkan dengan login dan melakukan validasi serta finalisasi.
  3. Isi Form online pembuatan akun.
  4. Lakukan validasi dan finalisasi
  5. Mulai mendaftar melalui SBMPTN.ac.id secara online.
  6. Pastikan semua data terisi dengan benar sesuai identitas asli.
  7. Isi Biodata, data pendidikan, serta data keluarga termasuk besaran penghasilan orang tua.
  8. Pastikan semua terisi dengan benar, jika dibutuhkan upload foto, file persyaratan file pendukung lainnya.
  9. Kirim
  10. Akan muncul kode bayar bawa ke Bank Bumn Terdekat, simpan bukti.
  11. Login kembali ke SBMPTN.ac.id  untuk lanjut mendaftar.
  12. Pilih PTN dan Prodi
  13. Tentukan jenis tes dan kelompok tes sesuai pilihan Prodi  
  14. Kirim
  15. Review Resume Pendaftaran
  16. Cetak Kartu Ujian UTBK
  17. Pengumuman hasil akhir dapat diakses melalui Pengumuman.SBMPTN.ac.id
  18. Sedangkan sertifikat dapat di download satu hari setelah pengumuman SNMPTN melalui link pengumuman yang sama.
  19. Bagi yang mau ikut jalur Mandiri PTN bisa menggunakan nilai UTBK tanpa tes ulang.
 



Jalur mandiri merupakan sebuah kesempatan masuk UNAIR yang diberikan oleh pihak UNAIR melalui ujian tertulis. Panitia penentu kelulusan seleksi ini berasal dari pihak UNAIR sendiri. Hampir sama dengan SBMPTN, ujian tertulis ini juga berupa butir-butir soal piilihan ganda yang harus dikerjakan degan tepat dan cepat. Waktu pendaftaran seleksi ini biasanya setelah SBMPTN. Nah, bagi yang tidak berkesempatan/ tidak lulus SNMPTN atau SBMPTN, bisa mendaftar UNAIR melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang UNAIR, kalian bisa megakses laman http://ppmb.unair.ac.id/

Bagi Anda ingin menjadi calon mahasiswa baru Universitas Airlangga (UNAIR), Anda bisa mencoba mendaftar Jalur Seleksi Mandiri baik yang reguler maupun kemitraan. Seperti diketahui bahwa pada tahun ini, persentase mahasiswa baru yang diterima UNAIR lewat jalur seleksi mandiri adalah 40%. Jadi, Anda memiliki kesempatan yang besar untuk bisa menjadi calon mahasiswa baru Universitas ini. Bila berminat, Anda bisa menyimak tahapan-tahapan pendaftarannya lengkapnya di bawah ini.

  1. Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Airlangga untuk Jalur Seleksi Mandiri akan dilaksanakan secara online melalui laman resminya di https://pendaftaran.unair.ac.id 
  2. Setelah masuk ke tampilan laman pendaftaran, Anda harus klik menu “Registrasi” 
  3. Pada saat laman tampilan muncul, isilah Nama Lengkap Anda, Nomor Telepon atau Handphone Anda, Alamat email dan Password yang Anda inginkan. Perlu diingat bahwa email dan password ini akan Anda gunakan nantinya untuk login 
  4. Klik tombol “Registrasi” 
  5. Segera setelah Anda mengklik tombol tersebut, Anda akan menerima email notifikasi untuk proses verifikasi email
  6. Klik link “Klik untuk Verifikasi email”pada email yang dikirimkan ke inbox email Anda

Login

  1. Sekarang Anda sudah bisa menggunakan akun registrasi untuk login ke laman pendaftaran UNAIR
  2. Buka laman resmi pendaftaran di https://pendaftaran.unair.ac.id 
  3. Login dengan email dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya
  4. Pertama, klik menu “Pendaftaran”, dan pilih “Pemilihan Penerimaan” 
  5. Klik “Daftar” setelah memilih penerimaan yang diinginkan
  6. Pilih jenis formulir atau jurusan yang Anda inginkan apakah itu IPA (Saintek), IPS (Soshum) atau IPC (Campuran)
  7. Klik tombol “Simpan” 
  8. Selanjutnya adalah laman yang berisi formulir pendaftaran
  9. Isi data diri Anda dengan lengkap sesuai dengan yang diminta dan dibutuhkan di sana
  10. Selanjutnya, klik menu “Pendaftaran” lalu “Upload Berkas” untuk mengupload berkas persyaratan yang dibutuhkan oleh UNAIR. Perhatikan apakah file-file berkas yang harus diupload tersebut memiliki syarat tertentu misalnya harus memakai materai dan syarat-syarat lainnya
  11. Setelah Anda lengkap mengupload semua berkas yang diperlukan, klik tombol “Submit untuk diverifikasi” 
  12. Proses pengisian formulir pendaftaran serta proses upload file persyaratan Anda telah selesai
  13. Tunggu hasil verifikasi dari panitia penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri UNAIR
  14. Perlu diperhatikan bagi Anda yang memilih Jalur Mandiri Kemitraan, siapkan dokumen-dokumen penting seperti Ijazah/ Surat Keterangan Lulus, Identitas Diri (KTP/ KK/ Paspor), Kartu Peserta UTBK-SBMPTN Anda, Surat Dukungan dan Rekomendasi dari Instansi Mitra UNAIR, Sertifikat Prestasi yang pernah Anda peroleh (apabila ada), Form Kesanggupan Untuk Menunjukkan Ijazah Asli bagi Anda lulusan tahun ini serta Form Pernyataan Kebenaran Isian Biodata. Untuk form persyaratan pendaftaran peserta Jalur Mandiri Kemitraan dapat diunduh pada laman https://ppmb.unair.ac.id/id/mandiri-kemitraan?menu=Sarjana-Mandiri  
  15. Cek email dan nomor handphone Anda yang sudah pernah Anda isikan sebelumnya pada saat pengisian form jika 3ada pesan hasil verifikasi dari panitia penerimaan mahasiswa baru UNAIR. Anda juga bisa mengecek hasil verifikasi pada menu verifikasi secara berkala dengan cara klik menu “Verifikasi” lalu pilih “Hasil Verifikasi”
Pembayaran Hingga Selesai
  1. Setelah proses verifikasi Anda selesai, sekarang Anda bisa melakukan transaksi pembayaran voucher ke bank mitra seperti BNI, Bank Mandiri, BRI, dan Bank Jatim. Biaya pendaftaran atau voucher-nya adalah sebesar 300 ribu rupiah untuk kelompok Saintek/ Soshum (IPA/ IPS) dan 500 ribu rupiah untuk kelompok Campuran (IPC)
  2. Untuk melihat kode voucher pendaftaran Anda sekaligus nominal yang harus dibayarkan, Anda tinggal klik menu “Verifikasi” lalu pilih “Kode Voucher” 
  3. Setelah melakukan transaksi pembayaran voucher di bank mitra, Anda akan mendapatkan pin voucher yang berguna sebagai syarat untuk mencetak kartu ujian nantinya
  4. Perlu diingat bahwa pembayaran voucher pendaftaran Anda tidak hanya bisa dilakukan lewat teller bank mitra namun juga melalui ATM atau e-banking
  5. Hal terakhir yang harus dilakukan setelah mendapatkan pin voucher adalah mencetak kartu ujian Anda sebagai peserta jalur Seleksi Mandiri Universitas Airlangga
  6. Sekarang Anda bisa mencetak kartu ujian Anda dengan masuk ke laman pendaftaran dan klik menu “Verifikasi” 
  7. Pilih “Cetak Kartu” untuk mencetak kartu Anda
  8. Simpan baik-baik kartu peserta yang sudah dicetak tersebut. Persiapkan diri Anda untuk mengikuti ujian Seleksi Mandiri UNAIR. Untuk tata cara ujiannya, harap membaca terlebih dahulu petunjuknya pada laman https://ppmb.unair.ac.id 
Pengumuman
  1. Pengumuman hasil Seleksi Mandiri Universitas Airlangga bisa Anda cek langsung pada laman resmi Universitas Airlangga


Awalnya mendaftar Bidikmisi, setelah mendapat ID barulah mendaftar seleksi dengan ID tersebut bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun Jalur Mandiri. Telah kita bahas tentang cara mendaftar UNAIR yang terdiri dari jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, dan Bidikmisi. Selalu ada kesempatan untuk orang-orang yang mau melihat peluang, membuka mata dan telinga akan sebuah peluang baru. Tidak lulus satu seleksi, masih ada seleksi berikutnya, jangan berkecil hati. Bangkit dan kembali berjuang untuk sebuah "pelangi di atas kepala sendiri".

"Hiduplah di hari ini", lakukan yang terbaik untuk setiap jam yang berlalu. Fokuslah pada "hal terbaik yang bisa dilakukan hari ini", dan konsistenlah di esok harinya. Katakan pada waktu bahwa kita "pantas" untuk sukses, pantas untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena sejatinya diri kita sendirilah yang tahu, benar-benar ingin sukses (terbukti dari perjuangan keseharian) atau "hanya ingin" dalam bentuk kata-kata. Hanya pribadi dengan kemaun keras yang tidak akan tergoyahkan oleh godaan kemalasan dan rayuan untuk bersantai-ria. Selamat berjuang! Bangkit dan bergraklah!!