Cara Pendaftaran Online PPDB Sleman 2024/2025


Sleman.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Sleman 2024/2025 - Momen penerimaan siswa baru bagi banyak orang menjadi momen yang sangat penting karena momen ini akan menentukan sekolah mana yang akan dituju oleh para siswa. Baik orang tua maupun siswa itu sendiri berlomba-lomba untuk bisa masuk ke sekolah-sekolah yang dituju. 

Sistem pendaftaran bagi para siswa di Indonesia terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun, hal ini untuk memudahkan para siswa dan orang tua dalam mendaftar. Bahkan saat ini, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengembangkan sistem pendaftaran yang menggunakan sistem online untuk memudahkan para siswa, orang tua, dan pihak sekolah yang dibagi dalam daerah masing-masing, salah satunya adalah daerah Sleman Yogakarta. Sistem ini dinamakan pendaftaran PPDB Online Sleman.




Selama ini, sebelum teknologi informasi dan komunikasi dikembangkan dan dimanfaatkan dalam pendafatan PPDB Online, sistem pendaftaran siswa baru dilakukan secara mandiri dan manual oleh sekolah. Sistem tersebut dinilai tidak efektif dan efisien, bahkan dinilai menyulitkan pihak sekolah dalam menyeleksi calon siswa baru. Hal ini karena adanya keterbatasan sumber daya manusia masing-masing sekolah. 

Selain itu, pihak orang tua/wali seringkali sulit dalam memperoleh informasi mengenai alur pendaftaran, syarat-sayarat pendaftaran dan lain-lain sehingga menjadikan proses pendaftaran menjadi lebih lama. Bahkan resiko adanya praktik KKN dalam momen pendaftaran siswa baru pun masih tinggi ketika menggunakan sistem pendaftaran manual.

Oleh karena itu, dengan adanya pendaftaran PPDB Online Sleman ini, masyarakat Sleman khususnya para orang tua/wali, siswa dan sekolah sangat diuntungkan. Proses pendaftaran dapat berjalan dengan lebih cepat dan mudah. Bahkan, orang tua/wali dapat mempelajari terlebih dahulu berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftarkan putra putrinya ke sekolah-sekolah yang dituju.

 Orang tua/wali dan para siswa juga dapat mengetahui profil sekolah-sekolah di Sleman baik negeri maupun swasta yang menjadi tujuan pendaftaran sehingga dapat melihat kesesuaian dengan minat para siswa. Orang tua/wali yang memiliki jam kerja padat tetap dapat memantau tahap pendaftaran putera puterinya secara online dimana saja dan kapan saja.

Para siswa, orang tua dan guru di Sleman saat ini dapat menggunakan pendaftaran PPDB Online sebagai media untuk mendaftarkan peserta didik baru. Ada beberapa konten yang dapat dilihat oleh para siswa, orang tua dan juga guru dalam situs ini, yaitu :
  1. Dalam situs pendaftaran PPDB Online Sleman ini, menggunakan sistem real time online yang memungkinkan seleksi dilakukan dengan otomasi penerimaan peserta didik baru yang meliputi beberapa tahap yaitu pendaftaran, seleksi, dan pengumuman seleksi yang dilakukan secara online.
  2. Dalam layanan pendaftaran PPDB Online Sleman ini, terdapat konten web sekolah. Web sekolah adalah sebuah situs yang diberikan secara Cuma-Cuma kepada pihak sekolah agar sekolah dan masyarakat dalam hal ini siswa dan orang tua/wali dapat menjalin komunikasi dengan menggunakan situs tersebut.
  3. Situs ini menyediakan aplikasi SIAP Online yang memudahkan pihak sekolah, murid dan orang tua/ wali untuk mengakses berbagai informasi dengan efektif dan efisien.

Dengan adanya pendaftaran PPDB Online Sleman ini, ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh baik oleh pihak orang tua / wali, siswa dan sekolah itu sendiri dengan adanya PPDB Online Sleman ini, antara lain :
  1. Sistem ini dapat digunakan dengan mudah dan cepat tanpa proses instalasi program.
  2. Sistem ini akan mengalami pembaharuan secara mandiri.
  3. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama 24 jam.
  4. Dapat digunakan oleh berbagai pengguna seperti siswa, orang tua/wali maupun pihak sekolah.
  5. Dengan adanya sistem penerimaan siswa secara online ini, maka akan memberikan akses informasi yang luas kepada masyarakat.
  6. Data penerimaan siswa baru dapat bersinergi antara pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan.
  7. Mengurangi resiko praktek KKN dalam momen pendaftaran siswa baru karena segala informasi diberikan secara transparan.
  8. Baik siswa maupun orang tua / wali dapat menguasi teknologi, informasi dan komunikasi dengan lebih baik dan dapat memperoleh manfaatnya.

Pendaftaran PPDB Online ini memudahkan kepada pihak Dinas Pendidikan dalam kegiatan penerimaan siswa baru dan memudahkan pula bagi siswa dan orang tua/ wali untuk memperoleh informasi yang mudah, cepat dan transparan mengenai penerimaan siswa baru. Untuk bisa mendaftar secara online, baik siswa, orang tua/wali maupun pihak sekolah dapat mengakses situs pendaftaran PPDB Online Sleman ini dengan terlebih dahulu log in. 

Log ini ini dapat dilakukan dengan menggunakan id yang sudah dimiliki atau untuk guru bisa menggunakan NIP (Nomor Induk Pegawai). Dengan menggunakan id ini tentu saja, keamanan informasi akan terjamin dan dapat diakses dengan sangat mudah oleh pihak orang tua/wali, siswa dan guru. Selain infromasi mengenai pendaftaran secara online, orang tua/wali dan siswa di Sleman dapat mengakses berbagai informasi lain dalam situs pendafatran Online PPDB Sleman. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan lain kepada orang tua/wali dan para siswa.

Dengan pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan ini, masyarakat sangat diuntungkan karena segala sesuatu yang berhubungan dengan pendidikan terasa lebih mudah untuk diakses. Selain itu, penerapan teknologi ini juga meminimalisir praktek-praktek yang melanggar hukum karena penggunaan teknologi dalam bidang pendidikan ini khususnya dalam momen pendaftaran ini membuat segala informasi lebih transparan dan dapat diakses oleh siapa saja yang berhak mengaksesnya.

Pendaftaran Online PPDB Slema juga sebagai upaya bahwa pendidikan berhak diperoleh oleh siapa saja, tanpa pandang bulu jabatan dan status orang tua/wali dan siswa karena yang diterima oleh sistem ini berupa data saja, bukan informasi tambahan lain. Pendaftaran Online PPDB Sleman dapat diakses melalui situs resmi https://sleman.siap-ppdb.com sedangkan untuk kelulusan dapat dilihat melalui Pengumuman Hasil Kelulusan PPDB Sleman.