Cara Pendaftaran Online PPDB Kota Pasuruan 2017/2018

Kotapasuruan.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran PPDB Pasuruan 2017/2018 melalui Pendaftaran Online PPDB Kota Pasuruan 2017/2018. Cara Pendaftaran khusus PPDB Online 2017/2018 sebagai salah satu proses penerimaan mahasiswa baru yang dianggap sebagai cara kekinian dan dinilai lebih efisien jika dibandingkan dengan pendaftaran biasa, salah satu kota yang aktif mengikuti program PPDB yaitu dilakukan oleh kota Pasuruan untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkap.

Info Pendaftaran khusus PPDB Online melalui Pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan Pahami Panduan Pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan Ditujukan bagi siapa pun yang akan melanjutkan sekolah di Pasuruan jika pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan sudah dilaksanakan secara terpadu melalui satu website PPDB Kota Pasuruan. 


Cara Pendaftaran Online PPDB Pasuruan 2017/2018


Untuk Kota Pasuruan yang sudah melaksanakan pendaftaran online untuk pendaftaran pada jenjang SMP, SMA, dan SMK. Jika Anda sebagai orangtua atau wali murid yang awam dengan sistem online sebaiknya bertanya pada pihak yang memahami. Sebaliknya jika Anda calon murid yang kurang memahami sistem online bisa meminta pengarahan dari guru atau orang yang lebih paham tentang sistem online.

Sebelum mendaftar ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, untuk itu simak selengkapnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai berikut, Setidaknya ada beberapa persyaratan agar Anda diterima menjadi murid baru melalui sistem pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan ini ialah sebagai berikut:
  1. Calon murid baru harus memiliki ijazah/SHUN/SHUN Sementara SD/MI/Penyetaraan Paket A asli dan foto copy legalisir 1 (satu) lembar. Nantinya fotocopy diserahkan kepada panitia sekolah yang dituju sedangkan yang asli ditunjukkan saja.
  2. Calon murid baru harus menyerahkan sertifikat atau tanda bukti prestasi di Bidang Akademik maupun Bidang Non Akademik asli yang bisa didapatkan melalui SD/MI/Paket A kelas IV sampai kelas VI yang resmi dari kementerian terkait, Gubernur, Walikota/ Bupati, Dinas Pendidikan, dan Kantor Kemenag Kota/Kabupaten. Harus sudah dilegalisir oleh kepanitiaan tingkat Kota/Kabupaten, Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota/Kabupaten/Propinsi, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan, KONI, PMI, dan Kwartir Cabang Pramuka (khusus bagi yang memiliki prestasi tertentu).
  3. Calon murid baru harus mengisi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan melalui laman   www.kotapasuruan.siap-ppdb.com.
  4. Berusia setinggi-tingginya atau maksimal 18 tahun untuk jenjang SMP saat pendafaran dilakukan.
  5. Berusia setinggi-tingginya atau maksimal 21 tahun untuk jenjang SMA saat pendafaran dilakukan.

Anda juga harus mengetahui mekanisme pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan agar tidak bingung dan mendadak ketika mempersiapkan yaitu sebagai berikut:
  1. Pendaftaran calon murid baru di jenjang SMP maupun SMA sederajat harus dilakukan mandiri secara online melalui situs PPDB online.
  2. Calon murid sekolah baru harus segera membuka situs PPDB Online Kota Pasuruan untuk segera melakukan pendaftaran.
  3. Calon murid sekolah baru harus segera mengisi formulir pengajuan pendaftaran online sebelum jadwal pengisian berakhir. Usahakan sejak hari pertama sehingga tidak menimbulkan kesalahan fatal ketika nanti peringkat sudah mulai dibuat berdasarkan para pendaftar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para murid baru tentang pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan ialah sebagai berikut:
  1. Calon murid sekolah baru harus segera mencetak tanda bukti pendaftaran online yang memuat kode pendaftaran sebagai dasar berkas pendaftaran.
  2. Calon murid sekolah baru harus segera menandatangani, menyimpan tanda bukti pengajuan pendaftaran, agar saat diperlukan tidak kebingungan. Terlebih bagi yang tidak memiliki komputer agar tidak mengulang pendaftaran.

Ada beberapa peraturan yang bisa dipahami mengenai pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan pilihan sekolah dan syarat masuknya sebagai berikut:
  1. Calon murid sekolah baru bisa mendaftar dengan pilihan sekolah maksimal 4 (empat) untuk jenjangn SMP, 2 (dua) untuk jenjang SMA, dan 1 (satu) untuk jenjang SMK diberi pilihan 3 Kompetensi Keahlian yang dimiliki.
  2. Calon murid sekolah baru jenjang SMA dan SMK dapat mengikuti Tes Potensi Akademik dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  3. Calon murid sekolah baru yang telah mendaftar online harus menvalidasi data pendaftaran di salah satu sekolah yang yang sudah dijadikan sebagai pilihan pertama, sesegera mungkin menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkann, pastikan nantinya calon siswa menerima lembar validasi panitia PPDB.
  4. Verifikasi ke sekolah harus dilaksanakan segera agar peringkatnya bisa segera masuk ke sistem online.

Alur yang bisa dipahami dalam verifikasi pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan ialah sebagai berikut:
  1. Setiap Calon murid sekolah baru harus segera membawa berkas ke sekolah yang menjadi pilihan pertamanya.
  2. Calon murid sekolah baru harus segera menyerahkan berkas dan tanda bukti pengajuan  pendaftaran online yang sudah ditandatangani calon peserta dan orangtua/wali ke panitia sekolah.
  3. Calon murid sekolah baru harus segera memastikan bahwa panitia sekolah juga sudah melakukan verifikasi berkas yang dibawa calon peserta didik dan ditunggu di dalam ruangan.
  4. Pastikan Panitia sekolah sudah mencetak tanda bukti verifikasi pendaftaran dengan bukti stempel, ditandatangani panitia dan calon peserta didik baru sebagai dasar sudah masuk verifikasi.

Beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai bukti verifikasi pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan ialah sebagai berikut:
  1. Pastikan tanda bukti verifikasi pendaftaran terdapat dua lembar, satu diberikan pada calon murid dan satunya dijadikan arsip disimpan oleh panitia sekolah.
  2. Calon murid baru yang sudah dinyatakan lulus seleksi pada salah satu sekolah pilihan pertama dapat melanjutkan proses seleksi berlangsung dan tidak diperkenankan untuk mencabut berkas pendaftaran.
  3. Calon murid baru yang tidak lulus seleksi pada jenjang SMA atau SMK pilihan bisa segera mencabut berkas pendaftaran kemudian segera mendaftar ke sekolah lain.
  4. Calon murid baru yang mencabut berkas sudah pasti dianggap mengundurkan diri dari sekolah yang dicabut berkasnya tersebut.

Keuntungan dengan adanya sistem pendaftaran PPDB Online Kota Pasuruan ialah untuk memantau peringkat secara online. Sehingga ketika Anda berada peringkat yang aman kemungkinan besar Anda diterima, tapi ketika sudah tidak aman, Anda bisa berpikir untuk mencabut berkas, sedangkan jika sudah dinyatakan benar-benar tidak aman bisa langsung dicabut.
Sekolah Pramugari