Cara Pendaftaran Online IPB 2017-2018

IPB.ac.id - Info Pendaftaran dan Penerimaan kampus IPB tahun 2017-2018 simak Cara Pendaftaran IPB 2017-2018 melalui informasi ini. Institut Pertanian Bogor siapa yang tidak kenal unggul bidang botani yaitu pertanian tidak diragukan lagi mahasiswa dari IPB memang sangat mahir dan memiliki keunggulan dari berbagai bidang kajian ilmu seperti pada umumnya yang menjadi priortias adalah pertanian dan kedokteran setiap tahun tercatat ada ribuan mahasiswa yang ingin masuk dan kuliah dikampus ini dengan berbagai alasan.

Hal itu berbanding terbalik dengan jumlah kuota yang disiapkan sangat kecil jika dibandingkan dengan peminat, siapa sih yang ngak mau kuliah di IPB, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai pendaftaran secara online khusus Institut Pertanian Bogor, seperti apa dan bagaimana mekanisme pendaftaran dikampus ini.

Disini kami hadir untuk memberikan beberapa informasi yang akan disampaikan melalui online sesuai dengan apa yang telah admin dapat ada banyak sekali jalur masuk yang disiapkan untuk mahassiwa baru mulai dari jalur masuk Nasional, Bersama dan beberapa informasi jalur masuk lainnya dapat diikuti hanya saja ada beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dilakukan untuk bisa mendaftar melalui online kampus ini.

Cara Pendaftaran IPB 2017-2018

Sebagai salah satu calon mahasiswa yang akan mendaftar dikampus IPB peserta harus mengikuti segala ketentuan pendaftaran yang berkaitan secara rinci maka dari itu kalian harus simak informasi lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku secara keseluruhan bagi yang ingin mendaftar IPB berikut jalur masuk yang bisa anda ikuti terdapat bermacam informasi pendaftaran seperti dibawah ini.

Jalur  Undangan IPB.

Bagi kalian yang berminat mengikuti pendaftaran jalur undangan kalian bisa mengikutinya nah untuk IPB sendiri merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki semua ketentuan pendaftaran jika dilihat dari bentuk dan jenis pendaftaran yang tersedia jalur undangan merupakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau lebih dikenal dengan istilah SNMPTN jika kalian ingin mengikuti pendaftaran jalur undangan ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Seperti mendapatkan rekomendasi sekolah ditandai dengan mendapatkan login berupa NISN yang telah terdaftar dan password untuk digunakan melakukan pendaftaran melalui situs www.snmptn.ac.id kemudian mengisis formulir pendaftaran yang ada pada situs tersebut sampai dengan selesai ditandai dengan kartu peserta yang akan dicetak sesuai dengan tanggal yang akan ditentapkan. Untuk mekanisme pendaftaran dapat diakses melalui Cara Pendaftaran SNMPTN.


Jalur Ujian Tertulis IPB

Nah jika kalian merasa bahwa belum berkesempatan lulus atau mengikuti seleksi sebelumnya jangan kwatir disini kami akan memberikan informasi terkait dengan pendaftaran pada situs ini hal ini dianggap penting apabila kalian semua ingin mendaftar jalur umum karena IPB membuka jalur masuk UMUM, seperti yang kita ketahui Jalur tertulis IPB adalah Seleksi Bersama Masuk perguruan tinggi atau lebih dikenal dengan istilah SBMPTN.

Proses pendaftaran jalur masuk ini sedikit berbeda dengan seleksi masuk sebelumnya karena melalui informasi ini kalian bisa mengikuti pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan yang berlaku tanpa harus mendapatkan rekomendasi sekolah. Bagi yang berminat silahkan ikuti pendaftaran karena cukup mengakses situs www.sbmptn.ac.id dapat langsung mendaftar dengan ketentuan melakukan login 1 untuk mendaftar kemudian melakukan pembayaran dan melanjutkan pendaftaran setelah melakukan pembayaran melalui login 2 ikuti prosedur pendaftaran sampai dengan selesai. Untuk Tata Cara Pendaftaran dapat diakses melalui Cara Pendaftaran SBMPTN.



BUD adalah suatu cara penerimaan mahasiswa program sarjana dan pascasarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta, yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah. adapun persyaratan pendaftaran yang bisa ikuti sebagai berikut.

Persyaratan BUD IPB.
  1. Lulusan SMA, MA atau SMK berbasis IPA yang berpotensi, direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, perusahaan atau lembaga swasta dengan kriteria sbb:
  2. Berumur tidak lebih dari 25 tahun
  3. Memiliki nilai rapor SMA yang baik (minimal 7.00 (rentang 0.00 - 10.00) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi selama 5 semester pertama)
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Bebas narkoba
  6. Bersedia tinggal di Asrama TPB-IPB pada tahun pertama
Prosedur Pendaftaran
  1. Informasi dari IPB kepada pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta.
  2. Komitmen dan kesediaan membiayai calon mahasiswa BUD oleh pemerintah pusat, pemda, perusahaan atau lembaga swasta (penyandang dana).
  3. Penjaringan dan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  4. Pengiriman berkas calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana ke IPB (paling lambat Mei).
  5. Seleksi akhir dan pengumuman hasil seleksi calon mahasiswa BUD oleh IPB (Mei-Juli).
  6. Penyelesaian Naskah Kesepahaman (MoU) dan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara IPB dan penyandang dana (Agustus).
  7. Penyelesaian administrasi keuangan oleh penyandang dana (Agustus).
  8. Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD (Agustus).
  9. Mulai kuliah di IPB (Agustus/September).
Cara Mendaftar.
  1. Dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah/Instansi Sponsor.
  2. Membayar uang pendaftaran.
  3. Melengkapi berkas formulir pendaftaran
  4. Berkas diterima paling lambat bulan Mei

Untuk lebih lengka kalian bisa mengakses situs http://admisi.ipb.ac.id/p/single/bud sebagai situs resmi yang digunakan untuk mendaftar beasiswa utusan daerah ini jangan sia-siakan kesempatan yang baik ini karena kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya.


Jalur UTMI IPB.

Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Metode seleksi yang digunakan adalah ujian tulis. Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTMI akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta terhadap pertanian.

Penyelenggaraan UTM IPB bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat. Pendaftaran dilaksanakan melalui online Utm.ipb.ac.id.


Jalur PIN IPB.

Jalur Prestasi Internasional merupakan salah satu jalur masuk yang ada di IPB untuk yang memiliki kualifikasi pelamar sebagai berikut Lulus SMA/Sederajat pada tahun yang sama dengan periode pendaftaran calon mahasiswa baru IPB Berprestasi (meraih penghargaan/juara) dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan : Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika. Bagi yang termasuk dalam katagori ini bisa mengikuti pendaftaran dengan melampirkan.

  1. Surat pengantar dari Kepala Sekolah yang ditujukan ke Rektor IPB (tidak ada format khusus)
  2. Surat lamaran dari siswa yang ditujukan kepada Rektor IPB, dengen menyebutkan PROGRAM STUDI di IPB yang dituju dan mencantumkan alamat yang dapat dijangkau oleh pos dan nomor telepon yang bisa dihubungi.  Surat ditandatangani oleh siswa dan orang tua dan siswa.
  3. fotocopy rapor SMA semester 1-5 yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  4. fotocopy sertifikat/piagam penghargaan prestasi yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  5. Berkas lamaran dimasukkan ke dalam satu amplop dan dikirimkan melalui pos ke alamat:
  6. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru IPB c.q. Panitia Seleksi Jalur PIN, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt.1 Kampus IPB Dramaga Bogor-Jawa Barat 16680
  7. Batas waktu pengiriman berkas lamaran: tanggal 1 Juni setiap tahunnya (cap pos). 
  8. Acuan Seleksi:  jenis prestasi pada lomba yang diikuti pelamar dan prestasi akademik (rapor) pelama
  9. Hasil seleksi disampaikan melalui surat dari Rektor IPB kepada pelamar yang akan disampaikan pada bulan Juli setiap tahunnya.
  10. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi HARUS datang pada saat registrasi calon mahasiswa baru dan melengkapi syarat-syarat yang diminta oleh IPB. 
  11. Periode Registrasi : akan diumumkan kemudian

Jalur Alih Jenis IPB.

Program alih jenis pendidikan adalah program pendidikan sarjana (program akademik) yang diperuntukkan bagi lulusan program D3 (program vokasi) yang memenuhi syarat yang ditetapkan. Istilah alih jenis digunakan untuk menggambarkan perpindahan bidang pendidikan yang diikuti oleh mahasiswa dari pendidikan program vokasi ke pendidikan program akademik. hanya 8 (delapan) Program Studi yang menawarkan program Alih Jenis dapat kalian lihat melalui http://alihjenis.ipb.ac.id/ berikut persyaratan yang harus dipenuhi apabilah ingin mengikuti seleksi ini.

Persyaratan Alih Jenis.
  1. Lulusan program D3 dari program studi/program keahlian yang relevan dan sudah terakreditasi minimal B.
  2. IPK yang tercantum pada transkrip akhir Program Diploma  >= 3,00.  Khusus untuk Pelamar PS Ilmu Gizi, IPK Minimal 3,00 untuk calon mahasiswa tugas belajar atau sudah bekerja di bidang yang relevan dengan bidang gizi dan IPK minimal 3,50 untuk pelamar fresh graduate (lulus maksimal 2 tahun terakhir)
Persyaratan Registrasi
  1. Sebanyak 2 (dua) rangkap copy ijazah dan transkrip program D3 yang dilegalisir dan menunjukkan dokumen aslinya,
  2. Bukti LUNAS biaya pendaftaran, seleksi dan Uang Kuliah Semester Pertama,
  3. Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah,
  4. Surat kesanggupan membayar biaya pendidikan/pernyataan beasiswa dari institusi yang berwenang,
  5. Surat izin pimpinan bila sudah bekerja,
  6. Surat kesediaan mengikuti perkuliahan (kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya) secara penuh, dan
  7. Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
  8. Kegagalan memenuhi syarat pendaftaran atau pemalsuan dokumen pendaftaran menyebabkan status kelulusan pelamar dibatalkan.
  9. Semua biaya yang telah dibayarkan oleh calon mahasiswa ke rekening IPB tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun, termasuk bagi mahasiswa yang mengundurkan diri karena pindah ke perguruan tinggi lain.

Jalur PMB Diploma IPB.

Bagi kalian yang ingin melakukan pendaftaran dan memilih jenjang Diploma dengan berbagai alasan seperti efisiensi waktu karena jenjang diploma lebih cepat dibandingkan S1 untuk itu kami disini memberikan beberapa ulasan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru jalur Diploma IPB untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs http://pmb.diploma.ipb.ac.id, mulai tanggal yang sudah ditetapkan.
  2. Calon Peserta mengisi Formulir pendaftaran secara online di alamat http://pmb.diploma.ipb.ac.id pada menu [Daftar]
  3. Buka email yang digunakan untuk mendaftar. Akan ditampilkan informasi data yang diisikan berserta nomor pendaftaran (10 digit angka)
  4. Calon Peserta akan mendapatkan 10 digit nomor pendaftaran dan 16 digit nomor pembayaran sebagai nomor tagihan ke Bank
  5. Pembayaran dapat dilakukan pada waktu yang telah ditentukan melalui Cabang Bank BNI (pada hari dan jam kerja), ATM BNI, BNI Internet, maupun ATM Bersama (jika menggunakan antar bank)
  6. Tata Cara pembayaran dapat diunduh disini
  7. Calon Peserta mengkases kembali http://pmb.diploma.ipb.ac.id, lalu klik menu [Login]. Lengkapi data pada form yang disediakan dan cetak kartu ujian
  8. Calon peserta akan dikatakan resmi menjadi peserta jika sudah melengkapi data dan memiliki Kartu Peserta Ujian

Jalur Masuk Program Pascasarjana IPB.

Bagi kalian lulusan S1 yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2 dan S3 dapat mengikuti seleksi khusus yang dilakukan IPB melalui jalur masuk Pascasarjana bagi yang berminat mengikuti seleksi ini dapat dilakukan secara online melalui situs http://pmbpasca.ipb.ac.id/id/ kemudian melengkapi semua persyaratan pendaftaran yang sudah ditetapkan pada situs resmi dan ikuti pendaftaran sampai dengan selesai.


Semua jalur masuk yang sudah dijelaskan diatas tentu masing-masing memiliki ketentuan yang bisa diikuti karena setiap Jalur Pendaftaran akan memiliki persyaratan yang berbeda untuk sekedar saran sebelum mendaftar ada baiknya terlebuh dahulu memastikan apakah jalur masuk tersebut dapat diikuti atau tidak, karena seperti kita ketahui tidak semua terbuka untuk umum ada yang khusus berprestasi dan ada juga yang umum.

Secara keseluruhan Cara Pendaftaran IPB dapat dirangkum seperti pada mekanisme diatas lebih sederhanannya berikut mekanisme cara pendaftaran IPB secara keseluruhan dapat dirangkum seperti yang telah disampaikan diatas untuk memudahkan kalian dalam proses pendaftaran secara online, sampai pada proses ini pendaftaran semua jalur sudah kami berikan semoga dapat bermanfaat.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan apabila terdapat perbedaan informasi maka yang digunakan adalah informasi mengacu pada situs resmi IPB hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi pendaftaran IPB, selain dari pada info pada situs resmi tidak dibenarkan info tersebut kecuali mengutip dari situs yang sama terima kasih.
GET IT ON Google Play