Cara Pendaftaran Online UTU 2018/2019

UTU.ac.id - Cara Pendaftaran Online UTU 2018/2019 Universitas Teuku Umar atau yang lebih kita kenal dengan nama UTU merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di serambi mekah (Aceh). Universitas ini berdiri tahun 2006 dan diresmikan tahun 2014. Meski terbilang baru univeritas ini tergolong universitas yang mengadakan seleksi secara nusantara melalui UMB, nanti lebih jelasnya kita akan masuk pada pembahasan cara pendaftaran. Karena termasuk perguruan tinggi negeri calon mahasiswa UTU juga berkesempatan untuk sekolah gratis melalui Bidikmisi (juga akan kita bahas nanti).

Universitas dengan 6 fakultas ini memiliki 11 program studi (prodi) yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Pilihlah prodi yang teman-teman sukai dan menjadi hobi, ketika kita melakukan hal yang paling kita sukai maka waktu tidak terasa akan berlalu dan kita senang-senang saja melakukannya. Menekuni bidang yang menjadi bakat dan kesukaan akan memancing otak untuk berfikir kreatif dan mengembangkan pengetahuan yang kita miliki. Disinilah cikal bakal sebuah usaha mandiri dan lapangan pekerjaan akan terbentuk atau jika kita menjadi pegawai, maka secara otomatis profesionalisme akan tersandang. "Prestasi melejit", menyenangkan bukan??

"Menjadi yang biasa saja itu mudah, tapi untuk jadi luar biasa perlu kerja ekstra", setiap pilihan yang kita ambil akan menentukan diri kita beberapa tahun ke depan, pastikan setiap pilihan yang diambil, dijalani dengan kerja ekstra. Mengapa kita pilih yang disukai? Kerja ekstra di bidang yang kita suka akan lebih menyenangkan dan setiap proses yang dijalani menjadi lebih ringan. Nah, Jika teman-teman sudah punya pilihan prodi di UTU, selanjutnya tinggal mendaftar melalui beberapa jalur berikut:

Cara Pendaftaran UTU




SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih kita kenal dengan jalur undangan merupakan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di UTU yang diberikan kepada siswa-siswi berprestasi akademik tinggi di sekolahnya. Bagi teman-teman yang selalu mendapatkan juara umum di sekolah (baik SMA, MA, maupun SMK) berkesempatan masuk UTU tanpa tes. Seleksi ini dilakukan melalui penyaringan nilai rapor secara nasional. Nilai rapor yang disaring mulai dari semester 1-5 untuk SMA dan MA dan semester 1-7 untuk SMK.

Teman-teman bisa diterima di UTU melalui jalur ini jika lulus perengkingan nilai rapor secara nasional dan memenuhi kreteria khusus yang diberikan oleh pihak UTU. Waktu pelaksanaan seleksi ini biasanya paling awal jika dibandingkan seleksi lainnya. Untuk info legkap seputar SNMPTN teman-teman bisa mengakses laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN yang merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah sebuah kesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang diberikan kepada seluruh anak Indonesia yang telah lulus SMA/MA/SMK/sederajat. Seleksi ini berupa ujian tertulis yang dilakukan secara nasional. Ujian tertulis yag teidiri dari butir soal pilihan ganda dengan 3 kelompok tes.

Teman-teman bisa lulus tes ini, jika score yang diperoleh melalui pengerjaaan soal lulus standar prodi dan perengkingan secara nasional. Pendaftaran seleksi ini dilakuakan secara online dan waktu pendaftarannya biasanya setelah SNMPTN. Untuk info selegkapnya tentang SBMPTN ini, teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/



UMB-PTN atau Ujian Masuk Bersama- Perguruan Tinggi merupakan sebuah kesempatan masuk UTU yang dilakukan melalui ujian tertulis secara nusantara, artinya panitia penentu kelulusan berasal dari 13 universitas yang tergabung dalam UMB-PT. Untuk lulus seleksi ini teman-teman harus melahap sebanyak-banyaknya soal ujian dengan cepat dan tepat. Bagi nilai tes yang memenuhi standar prodi dan lulus perengkingan secara nusantara akan dinyatankan lulus.


Waktu pelaksanaan seleksi ini biasaya setelah SBMPTN. Nah bagi teman-teman yang tidak lulus SNMPTN dan SBMPTN, masih berkesempatan menjadi mahasiswa UTU melalui jalur ini. Untuk info selengkapnya tentang UMB-PTN bisa teman-teman baca di http://spmb.or.id/ (klik UMB-PT pada sisi atas)



Tidak ada biaya bukan lagi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan, karena pemerintah menyedediakan pendanaan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Melalui bidikmisi ini pemerintah menjamin biaya kuliah dan biaya hidup sampai lulus tepat waktu. Tema-teman tidanggal fokus kuliah saja dan mengejar prestasi selama di perguruan tinggi.

Pendaftaran bidikmisi dan jalur seleksi terpisah, awalnya teman-teman mendaftar bidikmisi baru kemudian mendaftar UTU bisa melalui SNMPTN, SBMPTN, ataupun UMB-PT. Untuk info lengkap tentang Bidikmisi teman-teman bisa mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Telah kita bahas tentang cara mendaftar UTU yang bisa dilakukan baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, ataupun Bidikmisi. "Sukses adalah tentang totalitas", total berjuang untuk melanjutkan pendidikan, satu tes berlalu, gagal, masih ada kesempatan berikutnya. Drop saat mengalami gagal seleksi, wajar, hnya saja cepat bangkit dan kerahkan kemampuan yang ada untuk menghadapi seleksi berikutnya.

"Semua tentang kemuan", jika seorang mau untuk melanjutkan pendidikan maka tidak ada alasan baginya untuk berhenti sanpai kemauannya terpenuhi. Hanya terkadang kita terlena akan "alasan", satu kegagalan saja bisa membuat kita mundur sepuluh langkah dan enggan untuk bangkit kembali. "Bulatkan tekad!", hingga tak ada satupun yang bisa menggoyahkan kemauan, dan otak akan bekerja untuk mencari jalan lain tiap kali menemui jalan buntu. "Jadilah seorang yang keras kepala", keras kepala dalam arti positif (gigih). Selamat berjuang teman-teman! Mimpi sudah di depan mata, semangat! karena pertualangan baru saja di mulai....
GET IT ON Google Play