Cara Pendaftaran Online UGM 2017-2018

UGM-ac.id - Universitas Gajah Mada atau yang lebih kita kenal dengan nama UGM merupakan sebuah universitas yang terletak di kota pelajar (Yogyakarta) tahun 2017-2018. Universitas ini pun termasuk dalam lima jajaran universitas terbaik di Indonesia. Masuk universitas terbaik menjadi impian semua orang, karena universitas terbaik akan berpotensi menghasilkan lulusan terbaik juga.

"Menjadi yang terbaik di antara yang terbaik adalah luar biasa, dan menjadi biasa saja di antara yang terbaik adalah istimewa", hal ini terkait standar yang mereka terapkan lebih tinggi dari universitas biasa, ya, bisa dibilang satu level di atas yang tidak memiliki predikat terbaik meski semua kembali tergantung siapa yang menjalani. Bisa saja, "menjadi luar biasa dari tempat yang biasa", hingga status dan levelnya sama dengan yang belajar di universitas terbaik.

Tidak kalah pentingnya pemilihan program studi terbaik (terbaik untuk diri kita dan bagi kita). Admin sarankan, pilihlah program studi yang kamu cintai dan yang akan menghantarkanmu pada pekerjaaan yang kamu cintai. Keselaran keduanya menjadi sangat penting agar langkah menuju kesuksesan semakin dekat. Kata khalil Gibran, "Bekerja dengan cinta bagai menenun dengan benang yang ditarik dari jantungmu dan seolah kekasihmu yang akan memakainya kelak". 


Cara Pendaftaran UGM


Jika kita kuliah di prodi yang kita cintai, akan lebih mudah bagi diri kita untuk memberikan yang terbaik dan menjalaninya dengan sepenuh hati, juga prosesnya akan terasa menyenangkan meski onak duri menancap di kaki. Sudah punya pilihan prodi di UGM? selanjutnya teman-teman tinggal mendaftar, adapun cara mendaftar UGM dapat dilakukan melalui:



SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi merupakan sebuah kesempatan masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes yang diberikan kepada siswa-siswi (baik SMA/MA maupun SMK) berprestasi di sekolahnya, atau sebut saja si anak pintar. Seleksi ini dilakukan melalui nilai rapor, bagi SMA nilai rapor semester 1-5 dan bagi SMK nilai rapor semester 1-7. Teman-teman akan lulus SNMPTN jika nilai rapor menemenuhi grade, memenuhi syarat yang di tentukan UGM, dan lulus perengkingan nilai rapor setelah lulus grade. Untuk prosedur pendaftaran, syarat lengkap, dan info lainnya bisa teman-teman baca di laman http://snmptn.ac.id/



SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan kesempatan masuk perguruan tinggi yang dilakukan melalui tes tertulis secara nasional. Kesempatan ini di buka seluas-luasnya bagi semua lulusan SMA/MA/SMK baik yang baru lulus maupun lulus pada tahun lalu  (maksimal 3 tahun terhitung tahun saat mendaftar seleksi). 

Seleksi ini dilakukan serentak seluruh Indonesia. Teman-teman bisa lulus SBMPTN jika score soal-soal yang teman-teman kerjakan memenuhi grade prodi yang dipilih dan lulus perengkingan sesuai kuota setelah memenuhi grade. Untuk info lengkap seputar SBMPTN bisa teman-teman akses di https://sbmptn.ac.id/ Saran admin, kerjakan soal lebih mudah terlebih dahulu (karena kita sedang berpacu dengan waktu) dan kerjakan soal yang kemungkinan benarnya min 60% saja (karena setiap soal benar berscore +4 dan salah berscore -1).


#3 Jalur Mandiri UTUL-UGM

UTUL-UGM atau ujian tertulis UGM merupakan seleksi masuk UGM yang diadakan oleh pihak UGM (Jalur mandiri). Peserta seleksi ini diberi kesempatan untuk memilih 3 prodi yang diinginkan. Peluang untuk lulus tes ini lebih beesar dari pada dua  jalur tes di atas, jika teman-teman tidak lulus/ tidak bekesempatan ikut SNMPTN atau SBMPPTN  teman-teman bisa memilih jalur ini sebagai alternatif. Untuk informasi lebih lengkap seputar tes ini, bisa teman-teman baca di http://um.ugm.ac.id/    (klik program sarjana, pilih jalur UTUL pada sisi kanan site).



Bidikmisi merupakan program beasiswa yang diberikan pemerintah bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan berprestasi akademik baik. Dengan beasiswa ini, pemerintah pusat melalui dikti memberikan fasilitas pembiyayaan kuliah dan biaya hidup (kuliah gratis dan dapat uang bulanan) sampai lulus tepat pada waktunya. 

Pendaftaran beasiswa dan seleksi masuk perguruan tinggi terpisah, mula-mula teman-teman harus mendaftar bidikmisi baru kemudian mendaftar seleksi yang diinginkan (seperti SNMPTN,SBMTN, dan Jalur UTUL. Info lengkap seputar beasiswa ini, bisa diakses melalui http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/


Jalur Lainnya

Pihak UGM juga megadakan seleksi masuk dengan pendanaan dari pihak UGM bagi "si anak spesial" melalui:

  • Jalur PBUTM atau Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (jalur ini merupakan seleksi yang diadakan UGM khusus bagi siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi tapi tidak mampu secara ekonomi). Pembiyayaan diberikan UGM selama 8 semester dan harus memenuhi prestasi yang di tetapkan phak UGM). Info lengkap bisa di akses melalui http://um.ugm.ac.id/    (klik program sarjana, pilih jalur PBUTM pada sisi kanan site).
  • Jalur PBUK atau Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (Seleksi ini diadakan UGM sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan daerah). Khusus untuk siswa berpotensi dan berkomitmen tinggi terhadap pembangunan daerahnya. Peserta diusulkan oleh PEMDA/Institusi Pemerintah/Institusi Swasta/Perusahaan yang menjadi sponsornya.

Info lengkap bisa di akses melalui http://um.ugm.ac.id/    (klik program sarjana, pilih jalur PBUK pada sisi kanan site).

  • Jalur PBUB atau Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (Jalur ini khusus untuk siswa yang berprestasi di bidang Iptek atau siswa pemenang olimpiade ilmu pengetahuan tingkat nasional atau minimal finalis tingkat nasional). Info lengkap bisa di akses melalui http://um.ugm.ac.id/    (klik program sarjana, pilih jalur PBUB pada sisi kanan site).
  • Jalur PBOS atau Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (Jalur ini khusus bagi siswa yang berprestasi olahraga dan seni, pemenang tigkat provinsi, nasional, maupun finalis internasional). Info lengkap bisa di akses melalui http://um.ugm.ac.id/    (klik program sarjana, pilih jalur PBOS pada sisi kanan site).

Telah kita bahas sebelumnya tetang jalur masuk UGM yang meliputi, SNMPTN, SBMPTN, UTUL, dan Jalur Lainnya. Tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan. "Keterbatasan bukanlah penghalang", "Biaya bukan masalah". Prestasi dan Kegigihan menjadi kunci utama. Bukan hanya prestasi akademik (yang bisa di asah dengan belajar terus menerus), prestasi bidang lain bisa menjadi jalan (kembangkan bakat teman-teman, asah dan tekuni, karen kelk akan menjadi tiet untuk melanjtkan pendidikan tanpa perlu mangkhawatirkan biaya).

Ada atau tidaknya tiket masuk UGM, tergantung keseriusan dan ketekuan teman-teman. serius mempersapkan diri, serius mendaftar, serius menjalani tes, tekun dalam mengasah baik potensi akademik maupun bakat. Seamat berjuang teman-teman!! Semoga teman-teman bisa menjadi mahasiswa UGM anpa harus etar ketir saat menjalani kuliah karena masalah dana atau kemalasan! semangat!!!