Pendaftaran Pengumuman CPNS Lulusan SMA/SMK/MA 2024/2025


SSCASN.BKN.go.id - Pendaftaran Pengumuman CPNS Lulusan SMA/SMK/MA 2024/2025 - Pendaftaran CPNS menjadi hal yang dinanti oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan pegawai negeri menjadi salah satu profesi yang diidamkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Mengabdi kepada negara sebenarnya bukan hal yang mudah.

Pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA juga perlu diperhitungkan. Tidak semua sumber daya yang dibutuhkan pemerintah harus bergelar sarjana. Peluang yang diberikan instansi pemerintahan akan memiliki batas lulusan minimum SMA/SMK/MA untuk dapat menjadi pegawai negeri.


Setiap pendaftar tentu akan menjalani tahapan seleksi yang ketat. Tahapan awal seleksi akan dimulai dengan seleksi administrasi atau pemberkasan. Pengumuman hasil seleksi dapat diakses melalui website resmi BKN.

Persyaratan Pendadftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA

Jika anda termasuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang ingin menjadi salah satu pegawai negeri sipil, maka kesempatan masih sangat terbuka untuk anda. Pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA masih terbuka lebar. Formasi lulsuan SMA/SMK/MA dapat masuk sebagai pegawai negeri untuk beberapa posisi. Pendaftar tentu harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
 
Persyaratan Umum
  1. Setiap pelamar  CPNS harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Warga negara asing tidak diperkenankan untuk melakukan pendaftaran sebagai CPNS
  2. Tidak pernah menjalani tindakan pidana penjara yang didasarkan pada putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap dengan pidana penjara hingga dua tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat baik atas permintaan sendiri atau diberhentikan secara tidak hormat atas permintaan instansi sebagai PNS, anggota POLRI/TNI, Pegawai BUMD/BUMN atau diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  4. Setiap pelamar yang berkedudukan sebagai calon pegawai sipil atau pegawai negeri sipil, angota POLRI, prajurit TNI, dan siswa sekolah ikatan dinas yang diselenggarakan oleh Pemerintah tidak diperkenankan untuk mendaftar
  5. Tidak terlibat dalam politik praktis atau sebagai anggota atau pengurus partai politik
  6. Mempunyai kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang akan dilamar
  7. Memliki jasmani dan rohani yang sehat dengan kriteria yang sesuai dengan posisi jabatan yang akan dilamar
  8. Tidak dalam keadaan ketergantungan terahdap narkotika dan obat terlarang ataupun sejenisnya yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah dan surat tersebut masih berlaku (surat wajib dilampirkan setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  9. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia. Hal ini dikarenakan kebutuhan SDM untuk PNS tidak hanya terbatas pada beberapa wilayah saja. Pendaftara dan penempatan akan dilakukan secara keseluruhan untuk wilayah NKRI
  10. Tidak bertato atau memiliki bekas tato dan tindik atau bekas tindik pada anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat bagi wanita dan pria
  11. Nilai minimal pada Ijazah  calon merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA yaitu rata-rata 7,0 (tujuh koma nol) atau 3 (tiga) skala 1 sampai 4 atau B dan diutamakan memiliki keterampilan komputer (melampirkan sertifikat komputer) atau sesuai dengan kebutuhan instansi yang akan dilamar
  12. Usia minimal untuk mendaftar sebagai CPNS adalah 18 tahun dan maksimal 28 Tahun 0 Bulan 0 Hari untuk SMA/SMK/MA
  13. Tinggi badan untuk pelamar jabatan penjaga tahanan : Pria minimal 160 cm. Wanita minimal 155 cm.
  14. Setiap pelamar yang melakukan pendaftaran di Kantor Wilayah harus sesuai dengan domisili yang tercantum dalam KTP yang dimiliki. Ketika pelamar CPNS memiliki domisili yang tidak sesuai dengan KTP namun ingin mendaftar pada wilayah domisilinya, maka wajib membuat surat keterangan dari kantor desa setempat.

Cara Pendaftaran CPNS Lulusan SMA/SMK/MA melalui Akun CPNS SSCASN

Seluruh prosedur pendaftaran pengumuman lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat akan dilakukan secara online melalui webstie sscasn.bkn.go.id. Hal itu mendorong setia pelamar perlu memahami dengan baik prosedur yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi. Sistem pendaftaran dilakukan secara online sehingga pastikan anda memiliki koneksi internet yang baik.
  1. Buatlah akun melalui situs resmi BKN. Lakukan pendaftaran dengan mengisikan beberapa informasi data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK)  atau NIK Kepala Keluarga. Anda juga harus mengisikan alamat email aktif, dan memasukan password yang akan digunakan untuk masuk ke akun portal SSCASN. Pastikan semua form sudah terisi dan kemudian klik Daftar.
  2. Setelah itu anda dapat mencetak kartu yang berisi informasi akun SSCASN. Anda dapat mencetak kartu ini sebagai tanda bahwa anda telah melakukan registrasi.
  3. Kemudian anda dapat masuk ke portal SSCASN dengan NIK dan password yang sudah anda daftarkan pada halaman sebelumnya. Ketika anda lupa password yang anda gunakan, maka anda dapat memilih link lupa password untuk memulihkan password anda.
  4. Kemudian lengkapilah data pemilihan instansi dan memilih formasi yang sesuai dengan isntansi yang anda pilih.
  5. Anda dapat mengunggah dokumen persyaratan pada form yang tersedia. Pastikan dokumen yang anda unggah sudah sesuai dengan kriteria persyaratan baik dari jenis file dan ukuran file yang akan diunggah.
  6. Cetak kartu pendaftaran SSCASN sudah dapat dilaksanakan. Kemudian anda dapat memulai pemberkasan yang didasarkan pada persyaratan pendaftaran yang diberlakukan untuk setiap institusi. Lakukan copy kartu pendaftaran untuk keperluan verifikasi.
  7. Dokumen yang anda unggah kemudian akan masuk dalam tahap verifikasi oleh tim verifikator. Ketika anda lulus seleksi administrasi, maka anda dapat mencetak kartu ujian CPNS untuk melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya yaitu CAT.
  8. Perlu anda ketahui bahwa satu pelamar hanya dapat memilih satu formasi saja sesuai dengan kualifikasi pendiidkan dalam satu institusi dan satu periode.

Proses seleksi dilakukan secara online dari tahap registrasi awal hingga pengumuman. Satu hal yang perlu anda ingat bahwa pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA ini tidak dipungut biaya. Hal itu membuat anda perlu waspada ketika ada oknum yang meminta sejumlah dana untuk biaya pendaftaran. Seluruh rangkaian seleksi dilaksanakan secara gratis.

Pendaftaran pengumuman CPNS lulusan SMA/SMK/MA menjadi satu peluang yang ditunggu-tunggu ditahun ini. Terdapat ratusan ribu kesempatan untuk menjadi PNS sehingga anda harus menyiapkan diri agar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Seitap prosedur yang dilakukan secara online tentu dapat memudahkan siapa saja di seluruh Indonesia untuk memiliki kesempatan melamar CPN. Pastikan anda melakukan registrasi hanya di sscasn.bkn.go.id dan ikuti setiap langkahnya.