Bersama UNTAN Membangun Negeri

Bersama UNTAN Membangun Negeri - Bagaimana Caranya ? Kita tidak memiliki kekuasaan dan hidup hanya sebagai masyarakat biasa tanpa kekuatan apapun, kita juga bukan pemimpin atau pemangku kebijakan apakah bisa membangun Bangsa atau memberikan perubahan besar pada bangsa ini. Terlebih saat ini kita hanya seorang anak muda yang belum dipercaya dalam urusan mengambil keputusan.

Apakah tetap kita masih bisa Membangun Negeri atau kata-kata itu hanya sebagai kata kiasan saja, pernakah kita sadar dan mengingat Sejarah Besar Bangsa Ini, dimulai dari deklarasi 28 Oktober 1928 jauh sebelum bangsa Indonesia ada, para anak mudah memberikan 3 Janji atas bangsa ini atas janji itulah menjadi awal semangat bersatu berjuang bersama-sama.



Sejarah lain mencatat pada tanggal 16 Agustus 1945 terjadi Peristiwa rengasdengklok, penculikan Sukarno-Hatta oleh golongan Muda, mereka mendesak agar deklarasi Proklamasi dilakukan secepatnya tanpa melalui PPKI, Golongan Mudah tidak ingin perjuangan bangsa Indonesia untuk kemerdekaan menjadi sia-sia dan mereka tidak ingin kemerdekaan hasil perjuangan bangsa Indonesia seolah-olah pemberian Jepang.

Setelah pergantian presiden dari Sokarno ke Suharto Indonesia banyak mengalami gejok, puncaknya adalah terjadi krisis moneter yang menyebabkan kelaparan dimana-mana saat itu Indonesia tengah berada di ujung tanduk, Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak berani protes karena siapa saja yang menentang pemerintahan akan di tangkap dan di penjara.

Tidak ada satu golongan yang berani menentang era orde baru, kecuali para remaja dan golongan muda, mereka menyuarakan dengan berani dan lantang menentang semua yang terjadi, pada tanggal 21 Mei 1998 terjadi Reformasi di Indonesia yang di motori oleh anak-anak muda bangsa kita, meski harus mengorbankan nyawa mereka terus menyuarakan aspirasi untuk membangun negeri.

Tragedi Trisakti pada tanggal 12 Mei 1998 menjadi bukti dan saksi bisu perjuangan mahasiswa menurunkan Suharto meski harus mengorbankan nyawa sekalipun. Bahkan sampai dengan saat ini tragedi itu belum tuntas. Semua itu dilakukan oleh anak-anak muda Indonesia untuk kemajuan bangsa meski harus mengorbankan nyawa sekalipun.

Kita juga masih ingat dengan pemberitaan Kartu Kuning Untuk Presiden Jokowi bukan, memberikan teguran keras dengan cara pantas untuk mengingatkan pemimpin kita bahwa masih banyak permasalahan negeri yang belum terselesaikan terumata yang berkaitan dengan kemanusiaan yang ada di wilayah timur Indonesia.

Mereka itu para pemuda Indonesia yang sudah berhasil mengubah Indonesia dimata dunia bahkan mereka secara Bersama membangun Bangsa dengan cara yang luar biasa. Pernahkah kita tau siapakah sebenarnya mereka itu ? Mengapa mereka bisa menjadi sehebat itu menjadi bagian dari sejarah dan berhasil membangun bangsa ini.

Mereka adalah para pelajar, pemikir dan mahasiswa yang sudah berjuang bahkan sebelum bangsa ini ada, menentang ketidak adilan menyuarakan apa yang rakyat rasakan hingga Indonesia merdeka, persamasalahan bangsa akan terus tetap ada seperti pada orde baru, dimana kezaliman ada di mana-mana mereka bersama kompak menolak meksi harus mengorbankan nyawa.

Bahkan berkat mereka kita Indonesia reformasi dan tumbuh menjadi bangsa besar seperti sekarang, bahkan mereka tidak segan jika dirasa pemimpin kita lupa memperhatikan saudara-saudara kita mereka kompak menegur, bisa dibilang mereka adalah urat nadi bangsa, jantungnya Indonesia.

Apakah kita bisa seperti mereka bersama membangun Bangsa ? tentu, kita bisa memulainya menjadi seorang mahasiswa karena mereka itu adalah mahasiswa yang lebih kuat dari tentara sekalipun memiliki baju sekuat zirah, yang meruntuhkan kekejaman bangsa, semua itu adalah pemuda-pemuda mahasiswa Indonesia.

Kita bisa memulainya Bersama dengan Universitas Tanjungpura, Bersama UNTAN Membangun Negeri, kita adalah generasi penerus bangsa, Indonesia bisa menjadi maju seperti sekarang karena para penerusnya, pemuda memiliki kemauan keras membangun bangsa, bahkan mereka bersumpah sampai terbentuknya negara Indonesia, mereka memaksa sampai tiba proklamasi Indonesia dan mulai diakui dunia.

Mereka menolak ketidak sesuaian dan menurunkan pemimpin yang banyak melakukan kesalahan hingga tercipta reformasi, kita yang hidup sekarang berhutang nyawa pada mereka, agar tidak sia-sia kita harus turut membangun Indonesia, dimulai dari UNTAN, menjadi bagian mahasiswa dan mulai membangun bangsa.

Menjadi para cendikiawan yang berkontribusi untuk bangsa, berinovasi, berkontribusi, untuk Indonesia. Mahasiswa adalah pemikir tentu akan ikut mengawasi yang memberikan kontribusi atas apa yang kurang dan solusi yang ditawarkan, itulah mahasiswa untuk Indonesia bahkan setelah lulus nanti mereka memiliki daya saing secara global.

Mengapa memilih UNTAN, tentu alasan ini sudah jelas dari rangkain sejarah dan alasan tersebut UNTAN memiliki kesamaan tujuan, berkomitmen Bersama UNTAN Membangun Negeri, melahirkan generasi yang handal di dibidangnya, seperti peneliti dan bidang lainnya untuk membangun Negeri. Dari Perguruan Tinggi Negeri kita mulai membangun negeri.

Tak kenal maka tak sayang itulah ungkapan yang tepat untuk mengulas profil UNTAN, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Pontianak turut berkontribusi membangun negeri, dan menjadi terlengkap dari jenjang baik S1,S2, S3 bahkan beberapa program studi memiliki predikat terbaik di Indonesia.

Meski UNTAN merupakan perguruan tinggi negeri diluar dari pulau Jawa, kemajuan kampus ini tidak kalah dengan perguruan tinggi yang ada di Jawa, bahkan hal tersebut sekaligus mematahkan mitos tentang Jawa tempat berkumpulnya Universitas Terbaik di Indonesia, karena UNTAN memiliki kwalitas yang sama meski berada diluar pulau Jawa.

Bahkan UNTAN menjadi salah satu Universitas Negeri Terbaik yang ada di Pulau Kalimantan, segudang prestasi telah ditorehkan seperti kompetisi Internasional dalam bidang penelitian, teknologi informasi, pendidikan hingga kesehatan, semua prestasi itu telah membawa nama Indonesia dimata dunia semakin besar.

UNTAN menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Kalimantan memiliki sarana terlengkap, bahkan dari jumlah peserta setiap tahun antusias kampus ini sangat tinggi, terdapat 3 fokus utama UNTAN yang tertuang dalam Visi, Misi dan Tujuan yang menjadi dasar alasan mengapa Bersama UNTA Bisa Membangun Negeri.

 Visi Untan

Pada tahun 2020 Untan menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi Untan

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

Tujuan Untan

Dalam tahun 2015-2019 seluruh kegiatan Untan ditujukan untuk membangun Untan sebagai perguruan tinggi yang mampu menjadi Pembelajaran Unggul Menuju Peningkatan Daya Saing Untan dalam rangka merealisasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH/BLU).

Indonesia itu butuh orang-orang hebat untuk menjadi negera maju, kita bisa memulainya dari kampus UNTAN agar bisa menjadi salah satu orang-orang hebat yang dibutuhkan Indonesia, kita hidup di negera ini dengan tentram dan damai, apakah kita pernah membandingkan hidup ini dengan saudara kita yang berada di Paslestina, betapa beruntungnya kita hidup seperti sekarang tidak perlu cemas akan keamanan karena sudah ada pemerintah yang menjamin keselamatan hidup kita.

Pemerintah tidak pernah menunt apa-apa dari kita atas apa yang kita dapatkan sekarang, tetapi pernahkah kita sadar apakah kita sudah melakukan sesuatu untuk negeri tercinta ini, Seperti kata Prof Habibi, beliau bisa dengan cepat membuat pesawat rancangannya terbang dengan cepat jika dibuat di Jerman dan Luar Negeri, bahkan pemerintah luar negeri sudah siap memenuhi segala kebutuhan untuk Prof Habibi.

Tawaran gaji selangit dan hidup menjadi milyader menjadi janji jika hal tersebut bisa dilakukan, namun beliau menolak semua tawaran tersebut dan memutuskan untuk membuat pesawat rancangannya terbang untuk Indonesia meski harus bersusah payah mencari uang sendiri dengan patungan semua itu dilakukan oleh Prof Habibi Ikhlas.

Tahukah Karna apa beliau meninggalkan kemewahan dan tawaran dari bangsa lain, "Karena Beliau Ingin Membangun Negeri" itulah sepenggal kisah sang inspirator Indonesia  manusia paling jenius di dunia yang mempau mendeteksi keretakan pesawat dan dengan beberapa paten lainnya hanya ingin berjuang satu kata "Membangun Negeri".

Meski kita tidak sehebat beliau, tetapi nasib tidak ada yang tau kedepan mungkin kita yang akan mengantikan beliau dengan temuan-temuan baru kita yang bisa membangun Negeri, yang paling penting adalah mendapatkan pendidikan yang baik dengan memilih perguruan tinggi yang baik pula seperti UNTAN.

Semoga informasi yang sudah kami berikan bisa berguna terutama untuk kita semua, harapannya Bersama UNTAN Membangun Negeri, sesuatu yang besar dimulai dari hal-hal kecil, jadilah orang-orang yang serius mengerjakan hal-hal kecil sehingga apabila mendapatkan kepercayaan untuk mengejakan hal besar sudah pasti akan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Untuk membangun negeri kita kita boleh menunda, karena menunda sesuatu yang baik akan menbuat keberkahan kebaikan itu berkurang, sama dengan segera mungkin bergabung dan menjadi bagian UNTAN, dengan harapan kedepan Bersama UNTAN kita Bisa Membangun Negeri. Untuk kalian yang sedang bingung mencari tempat kuliah segera buka situsnya UNTAN ya.

Bagian tersulit dalam hidup adalah memutuskan untuk dengan segera melakukan hal baik, sekecil apapun kontribusi kita saat ini untuk negeri, ketahuilah hal itu akan menjadi hal yang sangat besar untuk kemajuan bangsa kita dimasa yang akan datang, seperti kutipan populer jangan hanya menanyakan hak kita yang belum di dapat dari negera ini, tetapi sadarilah ada satu hal yang lebih penting dari itu yaitu "Pernahkah kita sadari sudahkah kita melakukan kewajiban kita untuk negara ini.

Kita hidup di Indonesia tentu akan berhutang jasa pada generasi mudah pada tahun 1928, 1945, 1998, dan tahun ini jadilah penerus mereka dan mewarisi semangat untuk membangun negeri, jika semua pemudah seperti mereka sudah pasti 70 lagi Indonesia akan menjadi negara yang sangat besar dan mampu mengusai dunia seperti Amerika saat ini.

Hiduplah dalam jiwa yang membara mengingat perjuangan bangsa, dan mulailah dari sana Bersama UNTAN Membangun Negeri, semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat demikianlah informasi ini semoga bermanfaat jika dalam artikel "Bersama UNTAN Membanung Negeri" terdapat banyak kekurangan dan dimaafkan, kita manusia tidak pernah lepas dari dosa. Salam Sukses semoga Bersama UNTAN kita bisa Membanung Negeri.

0 Response to "Bersama UNTAN Membangun Negeri"

Posting Komentar