Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2024/2025


Spmb.Pknstan.ac.id - Cara Pendaftaran Online PKN STAN 2024/2025 - adalah salah satu politeknik kedinasan dibawah kementerian keuangan dan menjadi salah satu tervaforite diikuti oleh peserta selain itu kuota penerimaan PKN STAN setiap tahun selalu banyak, jadi tidak heran jika setiap tahun peserta jalur ini selalu antri panjang untuk mendaftar PKN STAN.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pada tahun ini PKN STAN kembali membuka pendaftaran secara online, peserta yang ingin mendaftar harus memilih katagori jalur masuk, kemudian memenuhi semua persyaratan dan baru bisa mendaftar, untuk proses pendaftaran sendiri terdiri dari 3 langkah, yaitu mendaftar akun Login di sscndikdin.bkn.go.id kemudian menuntaskan pembayaran pendaftaran.



Tahap selanjutnya login melalui spmb.pknstan.ac.id dan mengisi form pendaftaran jangan lupa peserta juga akan mengupload beberapa persyaratan dan foto sesuai dengan identitas diri anda bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pendaftaran PKN STAN dapat membaca mekanisme pendaftaran seperti dibawah ini.


Program Reguler

Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan dan Non-Kementerian Keuangan dapat diikuti oleh semua calon peserta lulusan SMA/SMK/MA sederajat dan memenuhi persyaratan pendaftaran.

Persyaratan
  1. Lulusan (tahun sebelumnya) atau calon lulusan (tahun ini) semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
  2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar: Untuk lulusan tahun sebelumnya dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  3. Untuk calon lulusan tahun ini, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas Xli) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  4. Usia maksimal pada tanggal 1 September adalah 20 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  5. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika. dan zat adiktif lainnya). Kriteria berbadan sehat adalah; mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
  6. mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi; dan
  7. mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan seiain kursi roda.
  8. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
  9. Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukal ditambahkan syarat sebagai berikut: Jenis kelamin dan tinggi badan:
  10. Spesialisasi Diploma 1: Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm; - Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
  11. Spesialisasi Diploma 111: Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
  12. Tidak cacat badan;
  13. Tidak buta warna
  14. Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindrls dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri. 

Program Afirmasi

Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Propinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi pegawai Kementertan Keuangan pada unit kerja di wilayah tersebut. bagi peserta yang berada dalam domisili pengecualian dapat mengikuti jalur ini dan terbuka secara umum khusus putra-putri yang disebutkan. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

Persyaratan
  • Dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya;
  • Telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara TImur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Mekanisme Pembayaran Pendaftaran

Proses pembayaran hanya dilakukan di Bank Mandiri dapat dilakukan di Taller, Internet Bangking dan ATM namun bagi kalian yang tidak paham cara membayar dan tidak mau ribet silahkan langsung ke teller dan tanyakan untuk perihal proses pembayaran Pendaftaran PKN STAN dengan memperhatikan beberapa informasi seperti berikut :
  • Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan PP Nomor 63 Tahun lalu tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
  • Pendaftar tidak pernah terdaftar sebagai mahasiswa di PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Tahapan pendaftaran meliputi:
  • Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedlnasan: PKN STAN melalui portal http://dikdin.bkn.go.id pada tanggal yang sudah ditentukan. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, make yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  • Pengisian formulir pendaftaran online {e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada tanggal yang sudah ditentukan yang terdiri dari tahapan sebagai berikut: Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal http://dikdin.bkn.ac.id:
  • Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
  • Mengisi data pilihan spesiaiisasi;
  • Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun ini mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/pejabat yang berwenang; 
  • Mengunci data dan mendapatkan kode MVA {Mandiri Virtual Account)]
  • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
  • Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).

Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagai berikut:
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya ; Ijazah SO dan Ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa.

Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Periode pembayaran sesuai dengan waktu yang sduah ditentukan silahkan dicek melalui situs resmi.;
  • Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
  • Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun;
  • Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online {e-reglstration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;
  • eserta yang telah mengunduh BPU menempeikan pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X6 cm (berlatar beiakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) pada tempat yang telah disediakan di BPU. Pas foto yang ditempel harus sama dengan yang diunggah pada saat pendaftaran online.
  • Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.pknstan.ac.id.

Lokasi Tes Ujian Tertulis

Untuk lokasi Ujian Tertulis tersebar di beberapa wilayah yang ada di indonesia di kantor BKD setempat dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) akan diselenggarakan pada tanggal yang sudah ditentukan di lokasi sebagai berikut:
  1. Jakarta 
  2. Cimahi 
  3. Balikpapan
  4. Banda Aceh
  5. Semarang
  6. Manado
  7. Medan 
  8. Yogyakarta 
  9. Palu
  10. Padang 
  11. Surabaya 
  12. Makassar
  13. Pekanbaru
  14. Malang
  15. Ambon
  16. Batam 
  17. Denpasar 
  18. Sorong
  19. Jambi 
  20. Mataram 
  21. Jayapura
  22. Bengkulu 
  23. Kupang 
  24. Tarempa
  25. Palembang 
  26. Pontianak 
  27. Ternate
  28. Bandar Lampung 
  29. Banjarmasin 
  30. Merauke
Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan untuk lebih jelas dapat diakses melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id secara umum pendaftaran PKN STAN dibuka melalui 2 jalur masuk yaitu Umum dan Afirmasi kedua jalur ini mengharuskan peserta untuk memenuhi semua persyaratan jika ingin mendaftar.

Selanjutnya bersama dengan itu peserta harus melakukan pendaftaran akun melalui situs sscndikdin.bkn.go.id dan setelah selesai melakukan login ke situs spmb.pknstan.ac.id dan melengkapi semua form pendafaran sampai dengan selesai, jika proses pendaftaran sudah dilalui maka yang harus dilakukan selanjutnya mengecek lokasi sesuai domisili pendaftaran selanjutnya mengikuti tes sampai dengan selesai. Sampai pada proses ini semua sudah selesai dan selamat mencoba.