Cara Pendaftaran Online STIN 2024/2025


STIN.ac.id - Cara Pendaftaran Online STIN 2024/2025 - Apakah kalian salah satu dari jutaan peserta yang sedang menunggu sekolah ikatan dinas seperti STIN dan IPDN dan beberapa sekolah ikatan dinas lainnya, jika iya berarti informasi yang sedang anda baca ini tepat dan mampu mencerahkan informasi yang sedang dicari, kabar gembira tahun ini Perguruan Tinggi Kedinasan kembali membuka pendaftaran secara online.

Bagi yang berminat tentu harus kembali mengecek syarat apa saja yang harus dipenuhi agar bisa ikutan mendaftar, kami sudah memuat semua informasi pendaftaran secara lengkap dikutip dari situs resmi STIN.ac.id beberapa informasi yang akan kami berikan meliputi Persyaratan, Cara Pendaftaran dari awal sampai selesai.



Tahapan seleksi secara lengkap, namun sebelum inti kita akan membahas dulu apa itu STIN bagi yang belum tau STIN adalah singkatan dari sekolah tinggi intelejen negara dimana yang lulus di pendidikan ini akan menjadi seorang intelejen negara dan bertugas sebagai pegawai negeri sipil, kalian tes kuliah ini sama dengan tes CPNS karena lulus bisa langsung bekerja.

Untuk yang berminat silahkan cek beberapa informasi seperti dibawah ini melalui beberapa lembaga seperti STIN dan BKN pelaksanaan pendaftaran dilakukan dalam dua tahap pertama melalui situs BKN kemudian yang kedua melalui STIN, hanya saja yang bisa mendaftar adalah peserta yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :


PERSYARATAN ADMINISTRASI
A. Umum
  1. Warga Negara Indonesia (pria/ wanita).
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK).
  5. Berijazah serendah – rendahnya SMA/ MA/ SMK (bukan lulusan paket A, B dan C) dengan ketentuan: lulusan SMA/ MA/ SMK.
  6. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan sampai dengan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil;
  7. Belum pernah melahirkan (wanita) dan belum pernah punya anak biologis (pria);
  8. Tidak bertato/ memiliki bekas tato dan bertindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (wanita). Tidak bertato/ memiliki bekas tato dan bertindik pada bagian tubuh manapun (pria)
  9. Sehat jasmani dan rohani
  10. Tidak pernah mengalami patah tulang
  11. Tinggi badan minimal (berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku): Pria: 160 (seratus enam puluh) cm; dan Wanita: 155 (seratus ima puluh lima) cm.
  12. Dalam pelaksanaan seleksi, calon Taruna/Taruni tidak dipungut biaya apapun.

B. Administrasi
Persyaratan Umum :
  1. Surat ijin Orang Tua/wali
  2. Foto Copy hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK
  3. Foto Copy raport kelas X, XI dan XII semester ganjil yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah
  4. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD
  5. Surat keterangan bebas NARKOBA dari RSUD
  6. SKCK dari Kepolisian setempat
  7. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan
  8. Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 buah, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru, foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran poscard dengan pakaian atas putih bawah hitam (tampak depan samping kanan dan kiri).
  9. Foto Copy Akte Kelahiran/kenal Lahir
  10. Foto Copy Kartu Keluarga (KK).
  11. Foto Orang Tua/Wali.
  12. No.BPJS

Persyaratan Khusus untuk Jalur Undangan :
  1. IQ diatas 120 dengan nilai rapor rata-rata 80, atau
  2. Juara Olimpiade mininmal tingkat provinsi dangan IQ diatas 110 dan nilai rata-rata diatas 75, atau
  3. Memiliki kemampuan bela diri dan bahasa dengan IQ diatas 110 dan nilai rata-rata rapor di atas 75.

Tata cara Pendaftaran :
Pendaftaran Online CPNS STIN

Bagi anda yang ingin mendaftar sekolah ikatan dinas STIN yang harus dilakukan adalah Calon Peserta membuka alamat berikut dan mendaftar : dikdin.bkn.go.id kemudian mendaftar Setelah terdaftar di sscn.bkn.go.id nantinya akun login tersebut digunakan untuk mendaftar ke situs STIN.


Login Situs STIN.ac.id

Bagi yang sudah mendaftar melalui situs SSCN BKN, akun username password yang telah di daftar digunakan untuk login ke portal : https://ptb.stin.ac.id/ kemudian ikuti petunjuk pengisian form pendaftaran bagi yang belum mengetahui silahkan ikuti prosedur berikut.


Pengisian Form Pendaftaran

Setelah berhasil login yang harus dilakukan adalah isilah form pendaftaran dengan jujur dan sebenar-benarnya ada beberapa biodata lengkap isi semua secara lengkap, pastikan data yang diisi asli sesuai dengan identitas karena apabila data yang di isi tidak sesuai tidak akan bisa lulus administrasi.


Login Catar STIN

Setelah log in mengunakan username dan pass yang telah diberikan melalui email, CATAR STIN memilih lokasi ujian tes. kalian dapat memilih lokasi tes sesuai dengan ketentuan dari panitia, kemudian setelah semua selesai dapat melanjutkan proses berikutnya.


Melengkapi Data Riwayat Hidup dan Upload Persyaratan

Setelah memilih lokasi ujian tes CATAR STIN melengkapi Data riwayat hidup Kemudian Mengupload persyaratan administrasi adapun ketentuan dari upload persyaratan dapat kalian seperti berikut ini. Format Pengiriman Berkas/Upload
  1. Surat ijin Orang Tua/wali ( ORTU.pfd/.jpeg)
  2. Melampirkan hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK ( IQ.pfd/.jpeg)
  3. Foto Copy raport kelas X, XI dan XII semester ganjil yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (SEKOLAH.pdf/.jpeg)
  4. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD (SEHAT.pdf/.jpeg)
  5. Surat keterangan bebas NARKOBA dari RSUD (SKBN.pdf/.jpeg)
  6. SKCK dari Kepolisian setempat (SKCK.pdf/.jpeg)
  7. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan (SKBP.pdf/.jpeg)
  8. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 1 buah, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru (FOTO.jpeg) & foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran poscard dengan pakaian atas putih bawah hitam (tampak depan samping kanan dan kiri). (POSTUR .pdf/jpg)
  9. Foto Orang Tua/Wali (WALI.pdf/jpg)
  10. Foto copy Akte Kelahiran/Kenal Lahir (AKTE .pdf/jpg)
  11. FotoCopy KK (Kartu Keluarga) (KK.pdf/.jpeg)
  12. No.BPJS/Kartu BPJS (bpjs.pdf/jpeg)

Notifikasi Data Sudah Benar.

Jika telah mengisi semua data RH maupun Upload berkas persyaratan administrasi Berkas akan di simpan “dan ada notifikasi apakah data sudah benar” apabila belum benar silahkan perbaiki kemudian simpan berkas, sampai pada proses ini pendaftaran sudah selesai.

Kalian dapat mencetak bukti pendaftaran dan melihat tapan tes yang akan dilakukan bagi yang belum mengetahui secara rinci mengenai tahapan tes STIN kami akan memberikan informasi lengkapnya seperti berikut untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini :

Tahapan Seleksi :

1. Seleksi Administrasi
2. Tes Kemampuan Dasar (TKD), Meliputi :
  • Tes Wawasan Kebangsaan
  • Tes Intelektual Umum
  • Tes Karakteristik Pribadi
3. Tes Kemampuan Kerja, meliputi :
  • Tes potensi Intelektual Umum
  • Tes Psikologi
  • Tes Kesehatan Fisik
  • Tes Kesehatan Jiwa
  • Kesamaptaan
  • Wawancara mental Ideologi
4. Selama mengikuti seleksi penerimaan, tidak dipungut biaya apapun.


Apa yang sudah admin sampaikan diatas merupakan tahapan pendaftaran dan tahapan seleksi yang harus dilalui, sebagai catatan peserta yang bisa mendaftar hanya yang memenuhi syarat seperti yang telah dijelaskan, kemudian mendaftar tahap awal melalui situs sscn.bkn.go.id setelah itu login ke situs stin.ac.id dan melengkapi berkas sampai dengan selesai hingga cetak bukti pendaftaran.

Setelah peserta berhasil mendaftar maka setiap CATAR STIN akan melewati tahapan selesai dari yang paling awal yaitu tahap seleksi berkas, kemudian tes kemampuan dasar dan tes kemampuan kerja, peserta yang mampu melalui semua tes dengan baik dipastikan lulus STIN dan mendapatkan jaminan kerja setelah lulus menjadi seorang CPNS. Semoga kalian berhasil tembus STIN ya amin dan selamat mencoba.