Cara Pendaftaran IPDN 2024/2025


ipdn.ac.id - Cara Pendaftaran IPDN 2024/2025 - Sekolah Ikatan Dinas atau lebih dikenal dengan PTK adalah jenis perguruan tinggi yang cukup spesial jika dibandingkan dengan perguruan tinggi pada umumnya, mengapa dikatakan spesial tentu kita sudah banyak mengetahui hal tersebut alasan utamanya adalah Sekolah Ikatan Dinas menjamin para alumni diikat dalam sebuah pekerjaan.

Jaminan Bekerja setelah lulus menjadi tawaran yang paling menggiurkan, dimana pada era global saat ini persaingan dunia kerja sangat ketat, hal itu terbukti ada banyak sekali pengangguran intelektual (Lulusan Perguruan Tinggi) yang belum bekerja pasca lulus kuliah, sementara kita ketahui semakin mahal biaya kuliah tidak berbanding dengan kemudahan memperoleh kerja.


Atas dasar permasalahan itu tawaran sekolah ikatan dinas menjadi yang paling menggoda, karena kuliah sudah ditanggung pemerintah kemudian setelah lulus langsung dapat kerja, apalagi salah satu pekerjaan yang ditawarkan adalah PNS, dimana menurut data 75% masyarakat Indonesia menginginkan menjadi seorang PNS.

Salah satu sekolah ikatan dinas yang sangat populer adalah IPDN, bahkan di masyarakat kampus ini sudah mendapatkan julukan sendiri, masyarakat awam menyebutnya Sekolah Calon Camat, memang benar apabila lulus dari IPDN praja akan langsung mendapatkan NIP. Siapa yang tidak mau ya dengan berbagai tawaran yang diberikan seperti ulasan diatas.

Hanya saja tidak sedikit dari lulusan sekolah menengah atas yang kurang informasi akibatnya sering terlambat mengakses pendaftaran, keterbatasan informasi menjadi salah satu faktor alumni SMA sederajat tidak mendaftar, sekarang proses pendaftaran IPDN tidak seperti 5 tahun yang lalu dimana proses seleksi IPDN hanya dari BKD dan informasi mengenai pendaftaran IPDN hanya diberikan melalui kantor BKD setempat.

Kenyataan dilapangan hanya orang-orang yang keluarganya bekerja di BKN atau BKD saja yang mengetahui informasi pendaftaran, namun sekarang sudah berubah proses pendaftaran yang dulunya semi online sekarang full online dimana semua orang sudah bisa mengakses informasi tersebut secara terbuka dan sangat mudah kapan saja dan dimana saja.

Selain itu proses Pendaftaran IPDN tergolong cukup lama yaitu hampir satu bulan, jadi saya kira tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba mendaftar. Kita tidak pernah tau rejeki siapa tau anda salah satu dari ribuan orang yang beruntung bisa kuliah di IPDN, oleh sebab itu cobalah untuk mendaftar. IPDN sendiri langsung dikepai oleh kementerian dalam negeri.

Tidak seperti perguruan tinggi pada umumnya dibawah RistekDikti, untuk IPDN langsung dibawah kementerian Dalam Negeri. Setelah mengetahui informasi mungkin sebagian besar pelajar yang sudah lulus tahun ini akan segera mengakses situs pendaftaran, namun tidak jarang kita jumpai saat mendaftar ternyata situs tidak bisa diakses.

Itulah yang menjadi kendala hampir setiap tahun apabila sudah masuk hampir satu minggu pembukaan situs tidak bisa diakses karena down dan lain sebagainya membuat calon pelamar IPDN menjadi bingung harus mengakses informasi kemana, sedangkan situs resmi IPDN sendiri berfungsi sebagai upload dokumen dan verifikasi pendaftaran bukan sebagai situs mendaftar.

Pemerintah melalui Kemenpan dan Kementerian Dalam Negeri menetapkan salah satu situs Panselnas.id sebagai situs resmi pendaftaran, hanya saja sejak awal bulan pertama pembukaan pendaftaran sampai saat ini situs belum bisa diakses, yang harus dilakukan oleh para pelajar adalah mengakses secara berkala situs apakah sudah bisa diakses atau belum.

Jika belum harap sabar menunggu dalam waktu beberapa hari kedepan situs pendaftaran IPDN akan segera normal seperti biasa, untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan para pendaftaran melalui artikel ini kami akan membuat beberapa panduan pendaftaran yang bisa digunakan apabila situs Panselnas.Id sudah normal dan bisa diakses.

Ada beberapa tahupan pendaftaran yang harus dilakukan oleh para peserta apabila berminat mendaftar IPDN, yaitu proses pendaftaran Online, Login dan Upload Berkas persyaratan pendaftaran, Verifikasi pengumuman administrasi, seleksi hingga pengumuman akhir, untuk lebih jelas kami akan memberikan rincian seperti dibawah ini.


Pendaftaran Online IPDN di dikdin.Bkn.go.id

Seperti yang telah disunggu diatas proses pendaftaran semua sekolah ikatan dinas beasiswa dilakukan melalui situs resmi https://dikdin.bkn.go.id/ Pada situs ini akan tertera beberapa form pendaftaran yang harus diisi seperti Nama Lengkap, Persyaran dan Kualifikasi Pnedidikan Kedinasan, Memilih Lembaga Kedinasan yang diminati, mendaftrkan NIK atau KK, Tanggal lahir dan email aktif bagi yang sudah memiliki KTP menggunakan (NIK) namun bagi yang belum menggunakan KK sebagai persyaratan kemudian memilih Sekolah Ikatan Dinas yang ingin di daftar, kemudian jangan lupa untuk mengirim berkas, nantinya NIK akan digunakan sebagai login beserta password akan dikirim melalui email yang telah terdaftar.


Login Melalui ipdn.ac.id

Setelah peserta mendapatkan login dan password yang dikirim melalui email maka langkah selanjutnya adalah melakukan login melalui situs http://ipdn.ac.id dengan mengisi username (NIK) dan password yang sudah di daftarkan pada Panselnas.id pada kolom Login User kemudian setelah berhasil masuk pelamar harus melakukan upload dokumen persyaratan dan seleksi administrasi
  1. Scan KTP asli bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP (dengan format jpg maksimum 1 MB)
  2. Scan Ijazah/STTB asli atau photocopy yang dilegalisasi (diunggah halaman depan dan belakang dengan format pdf maksimum 1 MB)
  3. Scan Surat keterangan asli berstempel sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 sesuai tahun lulusan yang ditandatangani Kepala Sekolah atau pejabat berwenang
  4. Pasphoto berwarna (tidak hitam putih) menghadap kedepan, tampak muka, tidak memakai kacamata. Ukuran foto 4x6 cm (400x600 pixel), maksimal 500 KB dengan format jpg.
  5. Antara dokumen KTP atau KK dan Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tangal lahir
Apabila tedapat salah satu saja berkas yang tidak memenuhi syarat atau tidak lengkap pelamar yang sudah mendaftar akan dinyatakan tidak lulus seleksi berkas, proses ini akan selesai apabila sudah diumumkan nama-nam peserta yang lulus seleksi administrasi mereka bisa melanjutkan pada tahap berikutnya. Proses Seleksi adminstrasi akan berlangusung hanya beberapa hari saja.


Pengumuman dan Verifikasi Peserta Lulus Administrasi.

Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi sesuai dengan pengumuman maka yang harus dilakukan adalah mengikuti tahapan verifikasi yang akan diumumkan melalui website yang sama yaitu http://ipdn.ac.id jika semua proses ini sudah selesai maka akan dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu Verifikasi Administrasi PNBP Peserta TKD yang akan dilakukan oleh BKN jika sudah melalui tahapan ini maka peserta bisa mengikuti Tes selanjutnya.


Pelaksanaan Tes Kopetensi Dasar.

Proses ini mengharuskan para peserta yang sudah memenuhi syarat melanjutkan proses berikutnya untuk datang ke Ibu Kota tepatnya ke kantor BKN untuk mengikuti serangkain tes secara komputerisasi, hasil dari tes Kopetensi Dasar akan dijadikan sebagai patokan apakah peserta bisa mengikuti tahapan tes berikutnya atau gugur, TKD merupakan 1 dari beberapa seleksi yang akan dilalui oleh peserta, sedikit catatan proses seleksi IPDN menggunakan sistem gugur mereka yang sudah gagal tidak bisa mengikuti tes lagi. Sedangkan proses pengumuman akan dilakukan melalui website http://ipdn.ac.id.

Pelaksanaan Tes Kesehatan Daerah

Ada dua kali tes kesehatan pertama kesehatan daerah mereka yang sudah dinyatakan lulus TKD akan mengikuti serangkain tes yang akan dilaksanakan di Ibu Kota proses tes kesehatan memastikan terhindar dari segala hal yang dapat menggugurkan seleksi seperti tes Urine, dan lainnya secara mendetail. Untuk pengumuman Tes Kesehatan Daerah masih sama dilakukan melalui website
http://ipdn.ac.id.


Pelaksanaan Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran

Peserta yang sudah lulus tes sebelumnya akan melanjutkan proses tes yang akan dilakukan di daerah Ibu Kota sesuai ketetapan panitia proses ini akan mengukur psikologi seseorang dan integritas serta kejujuran, apakah semua ketentuan ini dapat dipenuhi oleh peserta, proses ini akan dilakukan tertulis sedangkan pengumuman hasil juga diumumkan melalui situs http://ipdn.ac.id


Penerimaan Peserta Pantukhir dan Verifikasi Faktual Dokumen

Peserta yang sudah dinyatakan lulus tes sebelumnya akan melalui penerimaan peserta pantukhir dan verifikasi faktual dokumen dimana semua berkas dan syarat yang sudah diajukan akan di verifikasi secara faktual, ini bukan merupakan tes akhir karena setelah pengumuman ini dilakukan masih ada tahapan tes yang harus dilalui sampai dengan tes akhir. Pengumuman dari tes ini dapat dilihat oleh peserta melalui IPDN Jatinangor sesuai jadwal yang telah ditentukan.


Tes Kesehatan Pusat.

Ini merupakan tes kedua untuk kesehatan dan sekaligus menjadi yang terakhir untuk tes kesehatan, peserta yang sudah lulus tes sebelumnya bisa melanjutkan tes Kesehatan Pusat dimana beberapa langkah lagi akan dinyatakan lulus sebagai praja namun masih ada beberapa tes lain yang harus dilalu.


Tes Kesamaptaan.

Tes ini berisi mengenai kemampuan anda dalam bidang dalam negeri dimana semua hal yang berkaitan dengan hal-hal yang harus dikuasai oleh praja IPDN harus dimiliki, dan menjadi penentu apakah dapat melanjutkan pada proses tes berikutnya atau hanya berakhir sampai disini saja.


Tes Wawancara.

Bagi yang sudah lulus tes kesamaptaan akan berlanjut pada tes wawancara yang akan dilaknakan di IPDN Jatinangor ini akan menjadi penentu bagi calon praja apakah akan membawa kalian sampai ke pantuhkhir atau hanya selesai sampai disini, satu langkah lagi apabila lulus tes ini akan mengikuti tes akhir.


Pengumuman Pantukhir.

Ini adalah pengumuman dari tes kesehatan pusat, kesamaptaan, serta tes wawancara yang sudah dilalui dan menjadi penentu apakah dari ketiga tes yang sudah dilakukan sudah memenuhi syarat atau belum akan menjadi penentuan anda dapat melihat pengumuman Pantukhir langsung di IPDN Jatinangor calon praja akan mendapatkan hasil kelulusan secara langsung dari panitia akan terlampir di webiste http://ipdn.ac.id.

Proses seleksi IPDN memang terbilang sangat panjang jadi bagi yang sudah melalui berbagai tahapan yang melelahkan dan belum lulus jangan berkecil hati masih banyak Sekolah Ikatan Dinas lainnya yang bisa diikuti, bagi yang sudah lulus kami ucapan selamat, dan sedikit himbauan kepada para peserta panitia tidak pernah meminta sejumlah uang apapun untuk kelulusan.

Dipastikan proses seleksi dari awal sampai selesai tidak dipungut biaya apapun, seandainya ada akan tercantum melalui situs resmi IPDN, hati-hati terhadap bentuk penipuan yang mengatas namakan Panitian Seleksi IPDN atau SPCP IPDN, semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat bagi para peserta yang ingin mengikuti seleksi IPDN terima kasih.