4 Alur Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan 2021-2022

Info Penting CPNS

4 Alur Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan 2021-2022 - Untuk bisa mengikuti pendaftaran khusus PTK yang sedang membuka penerimaan mahasiswa baru ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti tahapan pendaftaran tidak hanya dilakukan dalam satu situs tetapi dibeberapa situs jika anda memcoba untuk mendaftar melalui situs resmi dikdin.bkn.go.id maka saat anda memilih formasi PTK CPNS maka akan diarahkan pada masing-masing informasi yang berisi mengenai ketentuan lengkap.

Informasi terkait dengan Persyaratan pendaftaran sampai dengan mekanisme pendaftaran, kemudian pada bagian bawah situs anda akan dihadapakan pada beberapa informasi dan diarahkan melalui portal reg.paneslenas.id fungsi dari situs ini adalah untuk pengisian fomulir pendaftaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda ingin mendaftar melalui situs resmi dikdin.bkn.go.id.





Pertama tersedia formasi 8 PTK yang sedang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ikatan dinas, anda wajib membaca beberapa persyaratan dan memenuhi semuanya agar bisa mengikuti pendaftaran, proses selanjutnya adalah anda akan diarahkan pada formasi pilihan anda kemudian diwajibkan untuk mengisi semua formulir pendaftaran yang ada pada situs utama.

Adapun beberapa formulir pendaftaran yang harus diisi adalah meliputi pendaftaran dilakukan melalui elektronik, kemudian pendaftaran tahap dua, peserta hanya boleh mengikuti 1 formasi saja tidak boleh lebih,  seleksi, kemudian poin pentingnya adalah pengisian data dan memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh pantia jika tidak kalian tidak akan bisa mengikuti pendaftaran secara online.

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran dilaksankaan melalui situs resmi dikdin.bkn.go.id sekaligus menjadi pendaftaran tahap dua adapuan beberapa mekansime pengisian formulir pendaftaran yang ada dapat anda lihat seperti terlampir sebagai berikut untuk itu bagi peserta yang ingin mengikuti pendaftaran online silahkan mengikuti langkah seperti yang terlampir berikut pengisian dilakukan melaluis situs dikdin.bkn.go.id sesuai ketentuan sebagai berikut.


Persyaratan
  • Untuk melakukan pendaftaran secara elektronik, calon peserta seleksi wajib mempersiapkan:
  • Alamat E-Mail (surat elektronik) yang masih berlaku
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan) calon peserta seleksi, Nomor Kartu Keluarga, dan NIK Kepala Keluarga  yang  tercantum dalam Kartu Keluarga;
  • Data-data lainnya yang ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas (dapat dilihat di menu Unduh)

Pembuatan Akun
  • Pendaftaran awal di Portal SSCN DIKDIN (dikdin.bkn.go.id) dilanjutkan dengan pendaftaran di portal masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas yang dipilih oleh peserta.
  • Klik menu Registrasi 
  • Isi form lengkap sesuai persyaratan dokumen secara lengkap.
  • Kirim dan Verifikasi.
  • Akun yang sudah selesai dibuat sudah siap digunakan.

 

Login Pendaftaran

  1. Kunjungi situs resmi sscasn.bkn.go.id pilih menu sekolah kedinasan dan login.
  2. Gunakan akun yang sudah dibuat.
  3. Isi biodata yang masih kosong.
  4. Pastikan mengisi form sesuai dengan aturan.
  5. Setelah selesai isi juga data keluarga, pendidikan dan beberapa data lain.
  6. Pilih PTK yang akan diikuti dan jenjang yang dipilih.
  7. Upload file persyaratan dan pasfoto.
  8. Kirim
  9. Selesaikan pendaftaran.
  10. Cetak Kartu Pendaftaran
 
Menyelesaikan Pendaftaran
  1. Setelah selesai melakukan pendaftaran data bkn kini siswa yang bersangkutan wajib menyelesaikan proses pendaftaran 
  2. Kunjungi situs Sekolah Kedinasan login menggunakan akun dikdin yang sudah dibuat.
  3. Lengkapi data sekolah kedinasan yang belum terisi seperti biodata, data pendidikan, data kelaurga.
  4. Pilih Jurusan PTK.
  5. Upload persyaratan
  6. Kirim
 
Verifikasi Berkas
  1. Setelah melakukan pendaftaran tunggu hasil verifikasi seleksi berkas, bagi yang dinyataka lulus langsung menyelesaikan pendaftaran.
  2. Bayar uang pendaftaran jika dinyatakan lulus.
  3. Kompirmasi pembayaran melalui situs sekolah kedinasan.
  4. Cetak kartu peserta PTK.
  5. Print out dan persiapkan untuk mengikuti seleksi.
    
  Seleksi : 
  1. Seleksi/tes dilakukan secara nasional menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan selanjutnya  terdapat seleksi/tes lainnya  yang  ditentukan oleh masing-masing Lembaga/Sekolah Ikatan Dinas.
  2. Setelain tes CAT terdapat seleksi lainnya yang harus diikuti bersifat sistem gugur.
  3. Silahkan ikuti tes sesuai jadwal yang tertera pada masing-masing website sekolah kedinasan.
    

Setelah melakukan pendaftaran dan pengisian formulir peserta wajib melanjutkan proses tahap dua yaitu pendaftaran melalui situs resmi dari situs penerimaan mahasiswa baru PTK yang membuka rekrutmen ikuti semua proses sampai dengan selesai jika semua proses pendaftaran sudah dilakukan dengan benar maka disarankan untuk menyudahi dan cetak bukti kartu peserta, tapi ingat ya hanya boleh memilih satu formasi saja tidak boleh lebih.

Proses selanjutnya yang harus dilakukan oleh peserta adalah mengikuti semua proses penerimaan yang sudah ditetapkan oleh panitia seleksi pendaftaran, situs sscndikdin.bkn.go.id menjadi salah satu situs untuk pengisian formulir pendaftaran online apabila anda berniat untuk mengikuti pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas apabila siswa sudah menyelesaikan proses pendaftaran tinggal menunggu proses seleksi.

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan tentu sudah jelas bahwa seleksi mengikuti prosedur sistem gugur dimana peserta yang sudah gagal tidak akan bisa mengikuti lagi proses seleksi, kemudian apabila siswa yang mengikuti seleksi ternyata lulus maka jaminan menjadi seorang CPNS suda ada ditangan sembari menyelesaikan studi status CPNS anda sudah dimulai saat masuk kuliah perdana, semoga informasi yang telah dijelaskan bisa bermanfaat selamat mencoba.