Cara Pendaftaran Online PPDB KALTIM 2018/2019

PPDB KALTIM - Cara Pendaftaran PPDB KALTIM 2018/2019. PPDB merupakan singkatan dari Pendaftaran Peserta Didik Baru, adalah salah satu proses yang bisa diikuti oleh peserta untuk mendaftar yang diadakan secara online, biasanya terdapat beberapa jalur masuk yang tidak hanya satu saja, namun dari sekian banyak jalur masuk PPDB yang paling populer adalah sistem prestasi atau seleksi melalui nilai rapot.

Proses ini akan memperingkatkan nilai rapot dari suatu provinsi kemudian yang memiliki nilai rapot tertinggi akan masuk urutan teratas sementara yang paling kecil akan berada di bawah, proses kelulusan ditentukan dari peringkat siswa, apabila yang diterima 50 orang maka peringkat 1-50 yang akan diterima dan sisanya harus mencoba jalur lain.



Melalui sistem ini ada banyak anggapan bahwa sistem PPDB lebih bergengsi dibandingkan dengan sistem lain karena yang lulus benar-benar siswa terbaik, Salah satu provinsi yang membuka pendaftaran PPDB adalah Provinsi Kalimantan Timur (KALTIM), bagi yang belum mengetahui sistem PPDB yang kami maksud dapat diliat seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya.


1. Jalur Umum

Jalur umum dapat diikuti oleh semua siswa melalui sistem pendaftaran online, semua peserta memverifikasi pendaftaran melalui online kemudian selanjutnya siswa atau yang diwakili memverifikasi dan jika semua proses maka tinggal memantau hasil PPDB, proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs https://kaltim.siap-ppdb.com.


2. Jalur Bina Lingkungan

Proses pendaftaran jalur ini tidak jauh berbeda dengan proses PPDB sebelumnya hanya saja siswa yang bisa mengikuti pendaftaran hanya yang terjaring dari sistem Bina Lingkungan yang diatur sepenuhnya oleh Provinsi KALTIM, bagi yang ingin melihat informasi pendaftaran PPDB dapat diakses melalui situs https://kaltim.siap-ppdb.com.


3. Jalur Prestasi



Hanya siswa yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik yang bisa mendaftar jalur ini dibuktikan dengan sertifikat atau bukti fisik lainnya, beruntunglah kalian yang memiliki prestasi selama sekolah karena bisa menjadi tiket masuk sekolah favorite, untuk lebih jelas mengenai jalur ini dapat diakses melalui situs https://kaltim.siap-ppdb.com.

Proses PPDB Provinsi Kaltim dibuka untuk pendaftaran SMA/SMK dan diikuti oleh kota/kabupaten, jadi bagi yang ingin mendaftar silahkan mengakses situs resmi yang telah disebutkan selanjutnya mengikuti semua ketentuan terkait PPDB dapat membaca alur pendaftaran PPDB untuk lebih jelas seperti dibawah ini.


Alur  Pelaksanaan


Proses pelaksanaan dimulai dari pendaftaran sesuai dengan jenjang masing-masing, akemudian calon siswa mencetak dari bukti pendaftaran dan menyerahkan beserta persyaratan kepada operator untuk diverifikasi, setelah melakukan verifikasi siswa akan menerima bukti, setelah semua dilakukan tinggal menunggu hasil.

Karena proses seleksi yang akan dilakukan melalui online, jadi kita tinggal menunggu hasilnya saja, apabila semua proses yang dilakukan sudah berjalan lancar maka proses berikutnya adalah mengecek pengumuman seperti yag telah disebutkan melalui situs yang sama, atau bisa melalui situs sekolah masing-masing.

Sampai pada proses ini semua pendaftaran sudah berakhir, kami doakan semua agar bisa lulus sesuai dengan sekolah impian, bagi yang belum lulus dapat mengikuti pendaftaran PPDB melalui jalur lainnya, sebaiknya semua peserta dihimbau untuk berhati-hati karena ada banyak sekali penipuan yang mengatas namkaan panitia PSB dan PPDB sekolah tertentu, perlu di ketahui bahwa proses PPDB tidak pernah mengharuskan membayar jutaan atau puluhan juta untuk bisa lulus, karena seleksi yang dilakukan murni.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online PPDB KALTIM 2018/2019"

Posting Komentar