Cara Pendaftaran Online POLITANI SAMARINDA 2018/2019

Politanisamarinda.ac.id - Cara Pendaftaran Online POLITANI SAMARINDA 2018/2019 Informasi Cara Mendaftar Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Tahun 2018 Menuju pertengahan tahun, para  siswa yang duduk di bangku kelas 3 Sekolah Menengah Atas pasti sedang disibukan dengan berbagai macam jadwal menjelang kelulusan. Mulai dari persiapan Ujian Akhir, Ujian Praktik, Ujian Nasional, hingga Ujian Seleksi Perguruan Tinggi. P

ilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah biasanya memang tergantung siswa masing-masing, begitu juga dengan jenis dan bidang perguruan tinggi yang dipilih. Perguruan tinggi di Indonesia sendiri jumlahnya sangat banyak, tersebar di beragam belahan daerah. Seperti daerah Samarinda. Salah satu PTN (Perguran Tinggi Negeri) populer ialah Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Bagi Anda yang memilih perguruan tinggi ini, berikut informasi seputar cara mendaftar Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (POLTANESA) dan ulasan singkat profil kampus.



Profil Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Sesuai dengan namanya, perguruan tinggi ini fokus dengan mata kuliah Bidang Pertanian. Berdiri sejak tahun 1989, perguruan tinggi yang pada mulanya bernama Politeknik Pertanian Universitas Mulawarman Bidang Studi Kehutanan menawarkan 8 program studi beserta 2 macam jurusan. Kedua jurusan tersebut berupa:

A. Teknologi Pertanian

B. Manajemen Pertanian

Sementara kedelapan program studi terdiri dari:
  • Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan
  • Program Studi Manajemen Hutan
  • Program Studi Manajemen Lingkungan
  • Program Studi Geoinformatikan
  • Program Studi Teknologi Hasil Hutan
  • Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan
  • Program Studi Manajemen Perkebunan
  • Program Studi Manajemen Informatika

Dengan visi yaitu menjadi institusi bidang pendidikan tinggi yang unggul baik kompetitif, mau pun komparatif bertaraf nasional serta internasional, POLTANESA  memiliki jenjang pendidikan Diploma III (D3) dan Sarjana Terapan Diploma IV (D4).


Pilihan Jalur Cara Mendaftar Politeknik Pertanian Negeri Samarinda

Ada empat macam jalur pendaftaran bagi mahasiswa baru POLTANESA. Setiap jalur dibuka pada jadwal yang berbeda, sesuai kurikulum yang berlaku. Empat jalur tersebut terdiri dari Jalur PMDK-PN, Jalur PMDK Undangan, Jalur UMPN, dan Jalur Mandiri.


1. Jalur PMDK-PN

Jalur pendaftaran pertama ini dibuka setiap awal tahun, untuk Tahun 2018, pendaftaran mahasiswa baru perguruan tinggi dengan jenis Politeknik Negeri dijadwalkan mulai dari 15 Januari sampai 14 April 2018 (jadwal pengisian data sekolah dan siswa). Untuk pengumuman hasil akhir dijadwalkan pada 9 Mei 2018. Informasi mengenai pendaftaran dan formulir Rekap Prestasi, dapat Anda temukan di situs resmi PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri) yaitu http://pmdk.politeknik.or.id/.


2. Jalur PMDK Undangan

Hampir sama dengan Jalur PMDK-PN, Jalur PMDK Undangan ini diperuntukan bagi sekolah yang khusus mendapat undangan dari pihak POLTANESA.


3. Jalur UMPN

Jalur pendaftaran kedua ialah UMPN atau Ujian Masuk Politekni Negeri. Ujian ini dapat menjadi solusi berikutnya kalau pendaftaran melalui Jalur PMDK tidak diterima. Atau pun bagi Anda yang memang ingin mendaftar melalui seleksi ujian bisa. Jadwal UMPN biasanya disesuaikan dengan jadwal kampus bersangkutan serta kampus dengan bidang yang sama. Seperti POLTANESA yang biasanya baru membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui UMPN sekitar Bulan Mei hingga Juni 2018 bersama dengan kampus Politeknik Pertanian lainnya. Jadwal pasti dan tata cara pelaksanaan akan diumumkan setelah hasil keputusan dari Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia telah keluar.


Jalur Mandiri

Terakhir, jalur seleksi pendaftaran mahasiswa baru POLTANESA ini merupakan tahap seleksi teraakhir berupa ujian masuk khusus yang dibuat oleh pihak kampus. Begitu juga dengan jadwal dan  materi ujian, semua tergantung pada pihak kampus. POLTANESA biasanya mengadakan pendaftaraan Jalur Mandiri sekitar Bulan Juni hingga Bulan Juli. Informasi lebih lanjut mengenai cara mendaftar Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dapat Anda temukan di http://politanisamarinda.ac.id.

Bagi Anda yang merupakan siswa tidak mampu, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda juga menawarkan jalur khusus yaitu Jalur Bidikmisi yang berupa penawaran beasiswa khusus. Syarat dan Ketentuan Mendaftar Mahasiswa Baru POLTANESA

Ada pun syarat dan ketentuan secara umum bagi masing-masing jalur penyeleksian berupa, untuk Jalur PMDK-PN dan PMDK Undangan yaitu sekolah dan siswa memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Pihak sekolah bersama siswa selaku peserta wajib melakukan pendaftaran dengan memiliki akun resmi terlebih dahulu.

Kedua pihak juga wajib menyetor rekap prestasi secara jujur yang terdiri dari nilai rapor dari Semester 1 hingga Semester 5 (SMA) atau Semester 7 (SMK) disertai bukti prestasi non-akademis. Sedangkan untuk jalur seleksi UMPN dan Mandiri, syarat dan ketentuan secara umum ialah siswa selaku peserta memiliki Nilai Ujian Nasional dan Ijazah. Peserta lulusan dari SMA, SMK, MA dengan usia maksimal 24 tahun pada akhir tahun. Menyerahkan pasfoto dan tanda kelulusan dari sekolah. Siap mengikuti ujian dengan materi pelajaran Matematika, IPA Terpadu, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

 Perbedaannya dari tahap ujian jalur-jalur tersebut terdapat pada batas pilihan perguruan tinggi dan jurusa/program studi. Khusus cara mendaftar Politeknik Pertanian Negeri Samarinda dengan program Bidikmisi, Anda dapat mendaftar melalui https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ dan mengikuti tata cara yang berlaku di halaman tersebut.

Biaya kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda mulai dari Rp 500.000,- sampai Rp 1.500.000,- per-semester pada Jenjang D3. Kemudian mulai dari Rp 500.000,- sampai Rp 2.000.000,- per-semester pada Jenjang D4. Dalam Jalur Bidikmisi, POLTANESA menerima kuota maksimal 100 siswa per-tahunnya. Masih ada beberapa bentuk beasiswa lainnya yang kampus tawarkan.

Informasi lebih lengkap, kunjungi kampus POLTANESA di Jalan Samratulangi, Samarinda, Kalimatan Timur, serta situs resminya di http://politanisamarinda.ac.id. Itu dia informasi dan ulasan cara mendaftar Politeknik Pertanian Negeri Samarinda Tahun 2018.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online POLITANI SAMARINDA 2018/2019"

Posting Komentar