Cara Pendaftaran Online POLIKANT 2018/2019

Polikant.ac.id - Profil dan Cara Mendaftar (POLIKANT) Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku Tahun 2018/2019 Memilih perguruan tinggi menjadi tugas bagi para siswa yang sesaat lagi akan menempuh ujian nasional dan kelulusan Sekolah Menengah Atas. Banyaknya jumlah perguruan tinggi baik negeri mau pun swasta terkadang membuat siswa merasa bingung. 

Langkah paling umum yang biasa diambil adalah memilih perguruan tinggi terdekat. Seperti Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku. Cara mendaftar Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku sendiri merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi Jalan Langgur Sathen KM.6, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Berikut profil seputar kampus Polikant Maluku beserta informasi pendaftaran mahasiswa baru.



Profil Singkat Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku

Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) yang berlokasi di Maluku Tenggara diresmikan pada tahun 2004 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Perguruan tinggi ini memiliki dua jenis program studi yaitu D3 dan Sarjana Terapan yang fokus dengan Pendidikan Perikanan. Sementara jurusan studi yang ada pada Polikant terdiri dari:
  • Teknologi Hasil Perikanan (THP)
  • Agribisnis Perikanan (AGP)
  • Bioteknologi
  • Teknologi Budidaya Perikanan (TBP)
  • Teknologi Penangkapan Ikan (TPI)
  • Sarjana Sains Terapan Teknologi Kelautan (TKL)

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku

Bagi Anda yang berminat menempuh pendidikan jenjang perguruan tinggi di Polikant, ada empat macam jalur penerimaan atau pendaftaran mahasiswa baru yang masing-masing memiliki jadwal berbeda, disertai tata cara, syarat, serta ketentuan yang berbeda pula. Keempat jalur penerimaan dan pendaftaran tersebut ialah:


1. PMDK-PN

Jalur penerimaan ini dapat Anda lihat informasinya lebih lanjut di http://pmdk.politeknik.or.id/ sebagai situs resmi pendaftaran mahasiswa baru Polikant melalui jalur PMDK-PN. Cara mendaftar Politeknik Negeri Tual pada jalur ini langkah pertama adalah pihak sekolah terlebih dahulu log in akun sekolah di situs resmi pendaftaran. Baru lah pihak siswa dapat ikut log ini akun di situs yang sama.


2. Bidik Misi

Bidik Misi adalah jalur khusus untuk siswa berprestasi yang tidak memiliki biaya kuliah (beasiswa).


3. UMPN

UMPN dalam seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru hampir sama dengan SBMPTN. UMPN adalah jalur seleksi berupa ujian tertulis atau singkatan dari Ujian Masuk Politeknik Negeri.


4. Mandiri

Jalur keempat yaitu Mandiri adalah jalur penerimaan dan pendaftaran yang dilakukan dan dikelola sendiri oleh pihak kampus (Polikant).


Informasi Pendaftaran Melalui PMDK-PN

Kapankah jalur-jalur penerimaan tersebut dibukan atau kapan jadwalnya? Setiap tahun seleksi penerimaan mahasiswa bagi perguruan tinggi berupa Politeknik Negeri diadakan berbeda atau dapat dikatakan mengikuti kurikulum yang ada. Contohnya untuk Tahun 2018 ini, seleksi pendaftaran jalur PMDK-PN mulai dibuka dari tanggal 15 Januari hingga 14 April 2018 untuk pengisian data sekolah dan siswa. Sedangkan hasil resminya akan diumumkan pada tanggal 9 Mei 2018.

Setiap siswa berhak memilih 3 macam program studi atau jurusan dan 2 Politeknik Negeri pilihan. Siswa yang mendaftarkan diri melalui seleksi jalur PMDK-PN tidak dipungut biaya sepeser pun. Karena jalur PMDK-PN fokus dengan menyeleksi siswa beprestasi akademik, maka data prestasi siswa harus diisi sesuai. Template rekap prestasi peserta dapat diunduh melalui situs resmi PMB jalur PMDK-PN.

Siswa sebagai peserta yang boleh mengikuti seleksi jalur ini hanyalah siswa yang sekolahnya telah mendapat undangan. Begitu juga dengan sang siswa yang harus menjadi siswa berprestasi direkomendasi oleh pihak sekolah tersebut. Tahap seleksi dilakukan secara adil dan objektif dengan menilai kinerja sekolah dan prestasi siswa yang bersangkutan.


Cara Mendaftar Politeknik Negeri Tual PMDK-PN
  1. Mengikuti tata cara wajib peserta PMDK-PN: Para siswa yang duduk di kelas terakhir dan mengikuti Ujian Nasional berhak mengikuti PMDK-PN dengan terlebih dahulu dipastikan merupakan siswa pilihan dan direkomendasikan oleh sekolah. Begitu juga dengan sekolah, harus terlebih dahulu mendapat undangan resmi.
  2. Memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku: Peserta merupakan siswa yang mengikuti Ujian Nasional tahun ini, memiliki NISN (Nomer Induk Siswa Nasional), memperoleh rekomendasi dari pihak sekolah, dan memiliki prestasi baik dari segi nilai rapor, mau pun dari segi prestasi non-akademis. Peserta juga diharuskan sehat jasmani dan rohani.
  3. Setelah sekolah melakukan log in (akun resmi), peserta atau siswa juga dapat melakukan log in dengan akun resmi yang telah didapatkan dari pihak sekolah untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pendaftaran online.
  4. Melampirkan rekap prestasi ketika mendaftar.
  5. Menyerahkan berkas dalam waktu maksimal 1 minggu dari waktu pendaftaran.
  6. Informasi kelengkapan tata cara pendaftaran dapat dilihat di http://pmdk.politeknik.or.id/assets/data/prosedur.pdf.

Informasi Pendaftaran Bidik Misi

Dalam pendaftaran dengan jalur ini, pihak siswa dapat mengajukan ke pada pihak sekolah terlebih dahulu dan memenuhi syarat serta ketentuan yang wajib dipenuhi. Jalur ini memiliki tujan utama berupa mewujudkan kesempatan bagi para anak bangsa untuk dapat menempuh pendidikan lebih tinggi.

Informasi Pendaftaran Melalui UMPN

Jadwal dari Ujian Masuk Politeknik Negeri akan disesuaikan dengan jadwal UMPN dari setiap perguruan tinggi. Biasanya ujian ini diakan dan dimulai pada Bulan April, Mei, atau Juni. Ujian akan disesuaikan dengan jurusan mata pelajaran SMA seperti IPA, IPS, dan Bahasa. Biayanya tergantung pada masing-masing perguruan tinggi.

Informasi Pendaftaran Jalur Mandiri

Sesuai dengan mekanisme utama dari jalur penerimaan dan pendaftaran Mandiri, pihak kampus memegang jadwal, syarat, dan ketentuan secara penuh. Anda dapat mencari informasi lebih lengkap mengenai PMB Polikant jalur Mandiri di situs resmi kampus yaitu http://www.polikant.ac.id. Itu dia informasi seputar cara mendaftar Politeknik Perikanan Negeri Tual terbaru.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online POLIKANT 2018/2019"

Posting Komentar