Cara Pendaftaran Online ISI SURAKARTA 2018/2019

Spmb.isi-ska.ac.id - Informasi Pendaftaran ISI Surakarta 2018/2019 Bagi adik-adik yang merupakan lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang sangat menyukai dunai seni dan mungkin ingin mengembangkan potensinya lebih dalam lagi, maka bisa melanjutkan ke pendidikan seni. Di sini kami akan memberikan informasi kepada adik-adik mengenai salah satu perguruan tinggi yang fokus pada bidang seni, ISI Surakarta merupakan salah satu dari tujuh perguruan tinggi negeri yang fokus pada bidang seni yang ada di Indonesia.

Pada awalnya ISI Surakarta bernama ASKI atau Akademi Seni Karawitan Indonesia Surakarta. Berdirinya AKSI tentu saja tidak lepas dari masyarakat setempat yang mencintai seni karawitan. Karena itulah AKSI juga merupakan wadah bagi para lulusan Konservatori Karawitan atau KOKAR yang sudah ada di Surakarta sejak tahun 1953. 



Pada tahun 1988, ASKI berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia. Lalu pada tanggal 11 September 2006 Sekolah Seni Tinggi Indonesia Surakarta berubah naman menjadi Institut Seni Indonesia Surakarta seperti yang kita kenal sekarang. Institut Seni Indonesia Surakarta terletak di Jalan Ki Hadjar Dewantara Jebres, Surakarta. Sejarah ISI pun juga bukan hanya dari karawitan saja. Pecinta seni yang ada di Surakarta pun juga turut andil pada sejarah ISI Surakarta. 

Sekolah Tinggi Seni Indonesia lahir karena gabungan dari tiga pendidikan seni yang sebelumnya juga sudah ada di ASKI yaitu Sekolah Seni Tari Indonesia, Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia, dan Akademi Musik Indonesia. Ketiga sekolah tinggi tersebut bersama dengan Seni Karawitan yang membuat ASKI berubah naman menjadi Sekolah Seni Tinggi Indonesia. 

Banyaknya pecinta seni dan budaya yang menaruh minat pada Sekolah Seni Tinggi Indonesia dan berkembangnya keseniaan dan kebudayaan pun akhir membuat Sekolah Seni Tinggi Indonesia berubah naman menjadi Institut Seni Indonesia Surakarta. Beberapa pejabat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pun juga turut andil dalam namaInstitut Seni Indonesia Surakarta. Mereka sepakat untuk membuat lembaga pendidkan seni yang lebih luas lagi jangkaunnya. Bukan hanya fokus pada karawitan, musik, seni rupa, dan tari saja, namun yang cakupannya lebih luas dan lebih besar lagi. Karena itulah mereka membangun Institut Seni Indonesia Surakarta.

Program Studi

Institut Seni Indonesia Surakarta mempunyai pendidikan program yang beragam mulai dari S1. S2, dan S3. Di sini pula terdapat tiga faklutas yang mungkin salah satunya menjadi minat adik-adik. Institut Seni Indonesia Surakarta terus berusaha untuk mengembangkan potensi para mahasiswa untuk menjadi seniman yang baik dan professional. Berikut ini adalah nama program studi yang ada di Institut Seni Indonesia Surakarta

1. Fakultas Seni Rupa yang mempunyai program: 
  • D4 Batik, Keris, dan Senjata Tradisional
  • S1 Kriya Seni
  • S1 Desain Interior
  • S1 Desain Komunikasi Visual
  • S1 Seni Rupa Murni
2. Fakultas Seni Pertunjukan yang mempunyai program
  • S1 Seni Pedalangan
  • S1 Seni Tari
  • S1 Teater
  • S1 Seni Karawitan
  • S1 Seni Musik
  • S1 Etnomusikologi
3. Fakultas Seni Media yang mempunyai program
  • S1 Fotografi
  • S1 Televisi dan Film
Untuk program pascasarjana terdapat S2 Penciptaan dan Pengkajian lalu ada pula S3 Penciptan dan Pengkajian Seni.


Pendaftaran Institut Seni Indonesia Surakarta

Nah, bagi para adik-adik yang tertarik untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru Institut Seni Indonesia Surakarta, perlu adik-adik ketahui beberapa jalur masuk yang bisa adik-adik pilih. Jalur tersebut antara lain:

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Sesuai namanya, SNMPTN merupakan seleksi yang diadakan secara nasional serentak di seluruh Indonesia untuk Perguruan Tinggi Negeri. Ada pula kualifikasi peserta yang dapat mengikuti jalur masuk lewat SNMPTN adalah mempuyai prestasi akademik dan nilai rapot yang baik dari semester 3, 4, dan 5. Rata-rata yang harus dimiliki pun juga minimal 7.5. Bagi calin mahasiswa baru yang memilih Institut Seni Indonesia Surakarta sebagai tujuannya, maka akan mengikuti placement test (penempatan tes) yang sesuia dengan program studi yang dipilih. Kemudian peserta pun akan melakukan tes wawancara.

2. PBUD (Penelusuran Bibit Unggul Daerah). Jalur ini merupakan jalur dimana peserta lulusan  SMK/SMA/MA sederajat adalah utusan yang mewakilkan suatu daerah, instansi, ataupun organisasi untuk kepentingan pengembangan bakat dan potensi di bidang seni dan budaya. Peserta wajib menyerahkan surat rekomendasik dari kepala sekolah dan pemerintah daerah asal. Setelah itu, peserta akan melakukan placement test sesuai dengan program studi yang dipiih lalu melakukan tes wawancara.

3. Jalur Mandiri. Jalur mandiri merupakan jalur masuk yang diselenggarakan secara pribadi oleh Institut Seni Indonesia Surakarta. Ada pun prosedur dan waktu pelaksanaan Jalur Mandiri akan ditentukan dan akan diberitahukan lewat lama resmi Institut Seni Indonesia Surakarta. Untuk Jalur Mandiri, peserta wajib mencetak bukti pendaftaran online dan mengirim berkas pendaftaran yang dikirim melalui kantor pos bagi yang tinggal di luar Jawa Tengah atau Pulau Jawa sekalipun. Untuk yang tinggal di daerah Surakarta dan sekitarnya bisa mendatangi langsung Institut Seni Indonesia Surakarta.

4. Bidikmisi. Jalur ini merupakan jalur yang disediakan khusus bagi para calon mahasiwa yang berprestasi namun terkendala oleh biaya. Pemerintah mempunyai program Beasiswa Bidikmisi dimana seluruh biaya kuliah selama 8 semester ditanggung oleh pemerintah. Selain itu penerima beasiswa Bidikmisi juga akan mendapatkan uang saku selama 8 semester.

Demikian 4 jalur masuk Institut Seni Indonesia Surakarta. Semoga informasi ini bermanfaat untuk adik-adik semua. Jika ada pertayaan seputar pendaftaran SNMPTN dapat di konsultasikan melalui situs email kami semoga apa yang telah kami berikan bisa bermanfaat terimakasih dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online ISI SURAKARTA 2018/2019"

Posting Komentar