Cara Pendaftaran Online ISI Padang Panjang 2018/2019

Smpt.isi-padangpanjang.ac.id - Info Pendaftaran ISI Padang Panjang 2018/2019 Berdirinya ISI atau Institut Seni Indonesia di Padang Panjang memang tidak bisa lepas dari UUD 1945, terutama untuk pasal 32 beserta penjelasannya. Berdasarkan pasal tesebut dan juga potensi yang ada di Sumetera Barat inilah yang akhirnya memunculkan gagasan dari tokoh masyarakat setempat dan para seniman di Sumatera Barat untuk mengembangkan serta menghidupkan kembali kebudayaan dan kesenian Indonesia. 

Pada awalnya, mereka mendirikan KOKAR A dan KOKAR B. Tak lama kemudian, KOKAR A pun berubah menjadi Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padang Panjang pada tanggal 22 Desember 1965. Selang beberapa tahun kemudian, ASKI pun berubah menjadi Institut Seni Indonesia Padang Panjang.



Informasi Umum dan Profil Kampus

Institut Seni Indonesia Padang Panjang adalah salah satu tempat yang sangat cocok bagi para siswa yang tertarik dengan kesenian. Perguruan Tinggi Seni Negeri yang mempunyai akreditasi B ini terletak di Sumatera Barat. ISI Padang Panjang mempunyai program pendidikan tinggi seni S1 dan S2. Tentu saja program tersebut untuk membantu mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya dari Melayu nusantara yang berwawasan global. 

Hingga sekarang, ISI Padang Panjang mempunyai lebih dari 200 dosen dengan kualifikasi S2, S3, hingga Guru Besar. Para dosen ini sudah meluluskan Sarjana Seni lebih dari 1500 orang dan Magister Seni lebih dari 200 orang. Sampai tahun kemarin, mahasiswa yang terdaftar di ISI Padang Panjang kurang lebih 1500 orang.

Bagi siswa yang tertarik untuk mendalami ilmu seni namun terkendala biaya, tidak perlu khawatir. Karena sejak tahun 2010 hingga sekarang pun ISI Padang Panjang adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang menyediakan program pemerintah bernama Beasiswa Bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa Bidikmis ini akan diberikan kepada penerima dalam bentuk biaya penyelenggarann pendidikan dan juga biaya hidup bagi mahasiswa selama 8 (delapan) semester.

Peluang ISI Padang Panjang
Lulusan dari ISI Padang Panjang mempunyai peluang yang baik. Para alumni dapat bekerja di instans atau dinas pemerintah, sebagai tenaga pendidik, maupun berwiraswasta dengan membuka sanggar kesenian dan manager seni. Apalagi dengan semakin pesatnya kemajuan pembangunan dari segi pariwisata dan berkembangnya industry kreatif, maka tentu saja semakin memberikan peluang yang besar bagi lulusan ISI Padang Panjang untuk dapat berkiprah sesuai dengan bidang seni yang ia miliki.

Fasilitas ISI Padang Panjang

Karena ISI Padang Panjang sanagt komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya, maka terdapat beberapa fasilitas pendukung yang dapat membantu menunjang proses belaajr mengajar di ISI Padang Panjang. Fasilitas tersebut adalah:
  1. Terdapat 2 gedung pertunjukan yaitu Gedung Hoeridjah Adam dan Gedung Bostanul Arifin Adam. Kedua gedung tersebut dapat digunakan untuk tempat pertunjukan dan pameran karya seni bagi para mahasiswa dan juga dosennya.
  2. Gedung perpustakaan dengan faislitas terbaik seperti koleksi buku-buku yang terbaru dan memadai serta adanya fasilitas Wi-Fi yang kencang.
  3. Televisi kampus
  4. Studio rekaman
  5. Peralatan kesenian untuk penunjang pendidikan
  6. Kafetaria
  7. Wi-Fi kencang di segala penjuru kampus
  8. Galeri seni
  9. Masjid
  10. Gedung UKM
  11. Serta ruang perkuliahan yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk penunjang pembelajaran seperti peralatan audio visual, LCD, AC, dan lain-lain.

Fakultas dan Program Studi ISI Padang Panjang

ISI Padang Panjang mempunyai dua fakultas dengan sembilan program studi dan satu program pascasarjana. Rinciannya adalah sebagai berikut:
  1. Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari program studi Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Teater. Semua program studi tersebut memiliki akreditasi B
  2. Fakultas Seni Rupa dan Desain yang terdiri dari program studi Seni Kriya, Seni Murni, Fotografi, DKV, serta Televisi dan Film. Semua program studi tersebut memiliki akreditasi B.
  3. Untuk program Pascasarjana terdapat program studi Penciptaan dan Pengkajian Seni yang terakreditasi B.  

 Jalur Penerimaan

Bagaimana cara mendaftar di ISI Padang Panjang? Adapun Institut Seni Indonesia Padang Panjang membuka pendaftaran lewat jalur:

1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SMPT) Institut Seni Indonesia Padangpanjang
Untuk penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SMPT) di ISI Padangpanjang, jalur ini merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan prestasi dan nilai kesenian dari siswa SMA/SMK/MA sederajat. Tes ini bukanlah tes tertulis. Tes ini sama seperti SNMPTN pada perguruan tinggi lainnya. Beberapa persyaratan pendaftaran adalah sebagai berikut:
  • Siswa SMA/SMK/MA sederajat yang lulus pada tahun 2018
  • Siswa SMA/SMK/MA sederajat yang luluspada tahun 2017 dan 2016
  • Fotokopi Ijazah yang  telah dilegalisir untuk lulusan SMA/MK/MA sederajat tahun 2017 dan 2016.
  • Fotokopi Rapor semester 4 dan 5 untuk lulusan 2018
  • Pasfoto berwarna 4x6
  • Sertifikat Penghargaan di bidang seni (jika ada)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat rekomendasi yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPT ISI Padang Panjang.
  • Slip gaji bagi orang tua yang mempunyai pekerjaan sebagai PNS atau pegawai BUMN atau  Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dari Kelurahan.
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah)

Pendaftaran SNMPT ISI Padang Panjang bisa dilakukan lewat online dengan cara mengupload semua syarat pendaftaran di lama resmi ISI Padang Panjang yaitu https://www.spmb.isi-padangpanjang.ac.id/. Peserta pun juga bisa datang langsung ke ISI Padang Panjang yang beralamat di Jalan Bahder Johan Kelurahan Guguk Malintang.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online ISI Padang Panjang 2018/2019"

Posting Komentar