Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Padang 2024/2025


Pendaftaran Jalur Mandiri ISI Padang 2024/2025 - Berdirinya ISI atau Institut Seni Indonesia di Padang Panjang memang tidak bisa lepas dari UUD 1945, terutama untuk pasal 32 beserta penjelasannya. Berdasarkan pasal tesebut dan juga potensi yang ada di Sumetera Barat inilah yang akhirnya memunculkan gagasan dari tokoh masyarakat setempat dan para seniman di Sumatera Barat untuk mengembangkan serta menghidupkan kembali kebudayaan dan kesenian Indonesia. 

Pada awalnya, mereka mendirikan KOKAR A dan KOKAR B. Tak lama kemudian, KOKAR A pun berubah menjadi Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Padang Panjang pada tanggal 22 Desember 1965. Selang beberapa tahun kemudian, ASKI pun berubah menjadi Institut Seni Indonesia Padang Panjang.



Informasi Umum dan Profil Kampus

Institut Seni Indonesia Padang Panjang adalah salah satu tempat yang sangat cocok bagi para siswa yang tertarik dengan kesenian. Perguruan Tinggi Seni Negeri yang mempunyai akreditasi B ini terletak di Sumatera Barat. ISI Padang Panjang mempunyai program pendidikan tinggi seni S1 dan S2. Tentu saja program tersebut untuk membantu mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya dari Melayu nusantara yang berwawasan global. 

Hingga sekarang, ISI Padang Panjang mempunyai lebih dari 200 dosen dengan kualifikasi S2, S3, hingga Guru Besar. Para dosen ini sudah meluluskan Sarjana Seni lebih dari 1500 orang dan Magister Seni lebih dari 200 orang. Sampai tahun kemarin, mahasiswa yang terdaftar di ISI Padang Panjang kurang lebih 1500 orang.

Bagi siswa yang tertarik untuk mendalami ilmu seni namun terkendala biaya, tidak perlu khawatir. Karena sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang pun ISI Padang Panjang adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang menyediakan program pemerintah bernama Beasiswa Bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa Bidikmis ini akan diberikan kepada penerima dalam bentuk biaya penyelenggarann pendidikan dan juga biaya hidup bagi mahasiswa selama 8 (delapan) semester.


Peluang ISI Padang Panjang

Lulusan dari ISI Padang Panjang mempunyai peluang yang baik. Para alumni dapat bekerja di instans atau dinas pemerintah, sebagai tenaga pendidik, maupun berwiraswasta dengan membuka sanggar kesenian dan manager seni. Apalagi dengan semakin pesatnya kemajuan pembangunan dari segi pariwisata dan berkembangnya industry kreatif, maka tentu saja semakin memberikan peluang yang besar bagi lulusan ISI Padang Panjang untuk dapat berkiprah sesuai dengan bidang seni yang ia miliki.

Fasilitas ISI Padang Panjang

Karena ISI Padang Panjang sangat komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswanya, maka terdapat beberapa fasilitas pendukung yang dapat membantu menunjang proses belaajr mengajar di ISI Padang Panjang. Fasilitas tersebut adalah:
  1. Terdapat 2 gedung pertunjukan yaitu Gedung Hoeridjah Adam dan Gedung Bostanul Arifin Adam. Kedua gedung tersebut dapat digunakan untuk tempat pertunjukan dan pameran karya seni bagi para mahasiswa dan juga dosennya.
  2. Gedung perpustakaan dengan faislitas terbaik seperti koleksi buku-buku yang terbaru dan memadai serta adanya fasilitas Wi-Fi yang kencang.
  3. Televisi kampus
  4. Studio rekaman
  5. Peralatan kesenian untuk penunjang pendidikan
  6. Kafetaria
  7. Wi-Fi kencang di segala penjuru kampus
  8. Galeri seni
  9. Masjid
  10. Gedung UKM
  11. Serta ruang perkuliahan yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk penunjang pembelajaran seperti peralatan audio visual, LCD, AC, dan lain-lain.

Fakultas dan Program Studi ISI Padang Panjang

ISI Padang Panjang mempunyai dua fakultas dengan sembilan program studi dan satu program pascasarjana. Rinciannya adalah sebagai berikut:
  1. Fakultas Seni Pertunjukan yang terdiri dari program studi Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Teater. Semua program studi tersebut memiliki akreditasi B
  2. Fakultas Seni Rupa dan Desain yang terdiri dari program studi Seni Kriya, Seni Murni, Fotografi, DKV, serta Televisi dan Film. Semua program studi tersebut memiliki akreditasi B.
  3. Untuk program Pascasarjana terdapat program studi Penciptaan dan Pengkajian Seni yang terakreditasi B.  

 Jalur Mandiri ISI Padang

Untuk penerimaan mahasiswa baru lewat jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SMPT) di ISI Padangpanjang, jalur ini merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang menggunakan prestasi dan nilai kesenian dari siswa SMA/SMK/MA sederajat. Tes ini bukanlah tes tertulis. Tes ini sama seperti SNMPTN pada perguruan tinggi lainnya. Beberapa persyaratan pendaftaran adalah sebagai berikut:
  • Siswa SMA/SMK/MA sederajat yang lulus pada tahun ini
  • Siswa SMA/SMK/MA sederajat yang luluspada tahun lalu
  • Fotokopi Ijazah yang  telah dilegalisir untuk lulusan SMA/MK/MA sederajat tahun lalu
  • Fotokopi Rapor semester 4 dan 5 untuk lulusan tahun ini
  • Pasfoto berwarna 4x6
  • Sertifikat Penghargaan di bidang seni (jika ada)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat rekomendasi yang sudah disahkan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa baru lewat jalur SNMPT ISI Padang Panjang.
  • Slip gaji bagi orang tua yang mempunyai pekerjaan sebagai PNS atau pegawai BUMN atau  Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dari Kelurahan.
  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah)
Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang membuka kembali penerimaan jalur mandiri bagi para calon mahasiswa di Indonesia secara bersamaan dengan 15 perguruan tinggi negeri lainnya yang ada di kawasan Indonesia bagian barat melalui jalur mandiri SMMPTN-Barat (Seleksi Mandiri PTN Indonesia Wilayah Barat).

Jika anda berminat untuk melanjutkan pendidikan di Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang maka anda bisa mengikutinya melalui jalur SMMPTN-Barat (Seleksi Mandiri PTN Indonesia Wilayah Barat). Berikut adalah tata cara lengkapnya.

 1. Mengunjungi situs resmi SMMPTN-Barat
  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi laman resmi SMMPTN-Barat yang bisa anda akses langsung di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/daftar/login. 
  • Kemudian langkah selanjutnya, peserta diminta untuk memasukkan ID Bayar dan juga PIN supaya bisa melanjutkan ke proses pendaftaran. 
  • Namun jika belum memiliki ID Bayar dan juga PIN peserta harus mendaftar terlebih dahulu sehingga bisa melakukan pembayaran dan mendapatkan ID Bayar sehingga bisa melanjutkan ke proses pendaftaran selanjutnya.

2. Melakukan pendaftaran untuk mendapatkan ID Bayar
  • Jika anda tidak bisa login karena anda belum memiliki ID Bayar, maka anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu supaya bisa melakukan proses pembayaran. 
  • Untuk mendapatkan ID Bayar dan PIN anda bisa langsung menuju ke link resmi SMMPTN-Barat di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/beranda
  • Cukup mengisi data diri anda pada borang atau form yang kosong. Setelah itu klik tombol daftar untuk  mendapatkan ID Bayar yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran biaya yang dibutuhkan untuk seleksi mandiri.

3. Melakukan pembayaran
  • Langkah ketiga yang anda lakukan setelah melakukan pendaftaran adalah membayar besaran biaya untuk seleksi SMMPTN-Barat. 
  • Untuk melakukan pembayaran anda bisa membayar melalui beberapa bank yaitu Bank Mandiri, Bank BTN, dan Bank BNI. 
  • Anda hanya perlu memilih 1 bank di atas. Anda bisa pergi ke teller bank kemudian menyerahkan ID Bayar dan besaran nominal uang. 
  • Kemudian nantinya pihak bank akan melakukan flagging, atau menandai bahwa ID Bayar milik anda bisa melanjutkan ke proses pendaftaran yang selanjutnya.

4. Menerima bukti pembayaran
  • Setelah selesai menyelesaikan proses pembayaran, selanjutnya anda akan menerima bukti pembayaran berupa slip pembayaran. 
  • Di dalamnya tertera ID Bayar dan juga PIN yang bisa anda gunakan untuk proses pendaftaran selanjutnya. Pastikan bahwa anda menyimpan slip pembayaran SMMPTN-Barat Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang tersebut untuk melanjutkan proses pendaftaran selanjutnya.

5. Login di laman SMMPTN-Barat
  • Karena sudah menerima ID Bayar serta PIN, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan masuk pada laman resmi SMMPTN-Barat di https://pendaftaran.smmptnbarat.id/index.php/daftar/login
  • Inputkan informasi berupa ID Bayar dan juga PIN yang tadi sudah didapatkan setelah melakukan pembayaran, kemudian klik tombol masuk di bagian bawah supaya bisa langsung masuk ke dalam sistem dan melanjutkan proses pendaftaran.

6. Mengisi form pendaftaran
  • Yang selanjutnya anda bisa mengisi form atau borang kosong yang ada untuk melanjutkan proses pendaftaran dengan mengisi data diri dan mengunggah beberapa berkas seperti pas foto dan berkas atau dokumen lainnnya yang dibutuhkan. 
  • Proses pendaftaran SMMPTN-Barat Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang sesuai jadwal yang sudah ditentukan. 
  • Untuk informasi lebih lanjut mengenai SMMPTN-Barat maka anda bisa mengaksesnya di https://smmptnbarat.id  atau di https://www.isi-padangpanjang.ac.id.

Pendaftaran SNMPT ISI Padang Panjang bisa dilakukan lewat online dengan cara mengupload semua syarat pendaftaran di lama resmi ISI Padang Panjang yaitu https://isi-padangpanjang.ac.id/. Peserta pun juga bisa datang langsung ke ISI Padang Panjang yang beralamat di Jalan Bahder Johan Kelurahan Guguk Malintang.