Cara Pendaftaran Online ISI DENPASAR 2018/2019

Isi-dps.ac.id - Cara Pendaftaran Online ISI Denpasar Tahun 2018/2019 Tahun yang baru tentunya membawa banyak hal baru, seperti dalam dunia pendidikan. Setiap tahun para siswa khususnya yang duduk dibangku Kelas 3 SMA memiliki beragam pilihan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Pilihan perguruan tinggi pun jumlahnya tidak sedikit. 

Salah satunya ISI (Institut Seni Indonesia) Denpasar, Pulau Bali. Pendaftaran ISI Denpasar bagi mahasiswa baru dibuka rutin setiap tahun dengan jadwal berbeda-beda. Di Tahun 2018 ini, ISI Denpasar membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai dari 21 Februari hingga 6 Maret 2018. 



Sementara jadwal pengisian serta verifikasi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) mulai dari 13 Januari hingga 10 Februari 2018. Anda termasuk salah satu siswa yang memilih ISI Denpasar sebagai perguruan tinggi pilihan? Berikut informasi pendaftaran calon mahasiswa baru, juga profil singkat ISI Denpasar, Pulau Bali.

Profil Singkat Institut Seni Indonesia

Institut Seni Indonesia Denpasar merupakan perguruan tinggi populer di Pulau Dewata. Perguruan tinggi ini resmi dibangun menjadi ISI Denpasar pada tanggal 28 Juli 2003. Sebelumnya ISI merupakan akademi yang fokus dengan mata pelajaran seni tari di tahun 1967. Seiring waktu, akademi yang dulu disebut ASTI (Akademi Seni Tari Indonesia) berkembang menjadi perguruan tinggi yang juga memasukan mata pelajaran seni rupa sehingga melengkapi konsep kebudayaan. 

ISI Denpasar sendiri ialah wujud penyelenggaraan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan naungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Maka tidak geran bila setiap tahun peminat peserta pendaftaran ISI Denpasar bertambah.

Akademik dan Program Studi

Seperti yang sudah disebutkan bahwa ISI merupakan institut fokus dengan seni dan budaya, perguruan tinggi satu ini menawarkan beragam program studi beserta jurusan yang masing-masing memiliki nilai akreditasi berbeda. Beberapa di antaranya hanya dibuka kelas D4 saja. Akademik, jurusan, dan program studi tersebut terdiri dari:
  • Seni Tari (S1)
  • Seni Murni (S1)
  • Kriya Seni (S1)
  • Sendratasik (S1)
  • Desain, Komunikasi, Visual (S1)
  • Seni Musik (S1)
  • Fotografi (S1)
  • Desain Mode (D4)
  • Film dan Televisi (D4)
  • Studi Seni (S2)
  • Studi Seni (S3)

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2018

Para calon mahasiswa yang ingin berkuliah di ISI dapat mengikuti penerimaan mahasiswa baru melalui dua cara yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Jadwal SNMPTN tahun 2018 diselenggarakan pada awal tahun dengan jadwal terdiri dari Pengisian PDSS dan verifikasi, pendaftaran peserta SNMPTN, dan pengumuman hasil. Bagi Anda yang ingin mendaftar melalui jalur SNMPTN, berikut syarat dan ketentuan, serta cara mendaftarnya:

1. Melengkapi PDSS dan melakukan verikasi pada jadwal yang sudah tertera.

Para peserta harus melengkapi PDSS dengan menyerahkan data rapor mulai Semester 1 hingga Semester 5 (untuk sekolah dengan kurikulum pembelajaran 3 tahun) dan data rapor mulai Semester 1 hingga Semester 7 (untuk sekolah dengan kurikulum pembelajaran 4 tahun). Anda bersama pihak sekolah juga wajib mengisi PDSS yang berupa rekam jejak akademik.

2. Pastikan sekolah Anda berhak mengikuti SNMPTN dan Anda merupakan siswa terdata.

Siswa yang boleh mengikuti SNMPTN merupakan siswa bersekolah di sekolah dengan NPSN (Nomer Pokok Sekolah Nasional), serta siswa yang memiliki NISN (Nomor Induk Sekolah Nasional).

3. Memiliki prestasi dan menjadi siswa terbaik di sekolah.

Selain itu, Anda yang ingin mengikuti pendaftaran ISI Denpasar dalam penyeleseksian SNMPTN adalah siswa berprestasi, baik prestasi akademik, mau pun non-akademik, dan menjadi siswa terbaik di sekolah.

4. Pastikan memahami persyaratan, juga ketentuan dari PTN yang dipilih.
Anda sebagai calon mahasiswa atau peserta juga wajib memahami persyaratan dan ketentuan yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN pilihan, contohnya syarat dan ketentuan peserta SNMPTN Institut Seni Indonesia, Denpasar.

Cara Mendaftar SNMPTN Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Denpasar

Setelah mengikuti syarat dan ketentuan mengikuti SNMPTN untuk menjadi mahasiswa ISI, Anda bisa mempelahari cara mendaftar SNMPTN berikut ini:

A. Cari informasi dari sekolah.

Biasanya setiap sekolah memiliki peluang dan kuota berbeda, tergantung pada nilai akreditasi sekolahnya. Anda bisa bertanya pada guru atau pihak yang memang diminta mengurusi pendaftaran SNMPTN di sekolah Anda. Lebih lengkap lagi, Anda bisa kunjungi situs resmi seputar SNMPTN di http://www.snmptn.ac.id.

B. Lengkapi data rapor dan prestasi akademik pada PDSS.

Anda wajib melengkapi data pada PDSS dan mengisinya dengan tepat serta benar. Biasanya akan dibimbing oleh pihak sekolah masing-masing. Kemudian, lakukan verifikasi di http://pdss.snmptn.ac.id (juga biasa dilakukan oleh pihak sekolah). Verifikasi ini dilakukan agar mendapat akun resmi pendaftaran.

C. Mendaftar dengan log in di situs SNMPTN.

Setelah itu lakukan pendaftaran dengan log in pada http://web.snmptn.ac.id (biasa dilakukan oleh pihak sekolah). Lalu lengkapi keperluan pendaftaran seperti kelengkapan data, mengunggah pasfoto resmi terbaru, dan data lainnya (bukti prestasi, bila ada).

D. Mencetak kartu peserta SNMPTN.
E. Menunggu hasil pengumuman SNMPTN.

Informasi Lebih Lengkap Mengenai Pendaftaran ISI Denpasar Melalui SNMPTN

Setiap peserta dan calon mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN bisa melanjutkan mengikuti penyeleksian melalui SBMPTN. Jadwal SBMPTN tahun 2018 sendiri digelar pada 8 Mei 2018 untuk ujian tulis, 9-11 Mei 2018 untuk ujian keterampilan, serta 3 Juli 2018 untuk pengumuman hasil akhir. Peserta berhak memilih 1 hingga 2 PTN. Bagi Anda yang memilih 2 PTN, wajib memasukan satu PTN daerah asal sebagai pilihan. Jumlah program dan mata studi (jurusan) yang bisa dipilih 2-3 program. Itu dia ulasan seputar pendaftaran ISI Denpasar khususnya melalui jalur SNMPTN.

0 Response to "Cara Pendaftaran Online ISI DENPASAR 2018/2019"

Posting Komentar